Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan - Apabila mobil Anda rutin digunakan sudah tentu mobil Anda membutuhkan perawatan secara berkala pula. Anda pun tak ingin bila mobil tiba-tiba mogok di tengah jalan, letaknya jauh pula dari bengkel. Sebagai pengguna mobil sudah pasti Anda ingin mobil yang dipakai tetap awet hingga jangka panjang. Di bawah ini adalah cara atau tips merawat mobil supaya tetap awet dari berbagai sumber terpercaya:
Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan - Apabila mobil Anda rutin digunakan sudah tentu mobil Anda membutuhkan perawatan secara berkala pula. Anda pun tak ingin bila mobil tiba-tiba mogok di tengah jalan, letaknya jauh pula dari bengkel. Sebagai pengguna mobil sudah pasti Anda ingin mobil yang dipakai tetap awet hingga jangka panjang.

Karena itu pastikan mobil tetap dalam keadaan prima dan nyaman untuk dikendarai. Jadi, Anda harus menjalankan perawatan rutin, baik itu diri Anda pribadi ataupun melalui servis ke bengkel resmi secara berkala. Begitupun dengan jenis mobil yang dimiliki, entah itu manual atau matic, semua memerlukan perawatan terbaik.

Tune up secara teratur mesti dilakukan agar mobil selalu dalam keadaan baik dan kendaraan dapat digunakan tanpa kendala. Di bawah ini adalah cara atau tips merawat mobil supaya tetap awet dari berbagai sumber terpercaya:

Lakukan pemeriksaan pada rem dan kopling

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Jika kendaraan Anda telah masuk pada 10.000 dan 50.000 km, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan. Lihat kampas kopling Anda yang mulai aus, bila itu terjadi hal ini membuat terasa berat ketika berpindah gigi. Tak lupa pula rutin mengecek kondisi rem mobil. Dan sebaiknya Anda ganti minyak rem setiap 20.000 km, penting menjaga rem tetap dalam keadaan baik sebab bagian ini sangat vital dan berbahaya jika Anda masalah.

Rutin cek oli

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Di dalam buku petunjuk manual, biasanya cek oli disarankan tiap enam bulan sekali atau 10.000 km. Tetapi ada baiknya bila Anda sering bepergian dengan mobil dan selalu berhadapan dengan kemacetan lalu lintas. gantilah oli mobil Anda di 5.000 km atau sekitar tiga bulan sekali. Jika oli di mesin terlihat encer dan warnanya sudah menghitam, berarti Anda harus mengganti olinya.

Ganti air radiator

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Saat Anda akan mengganti air radiator tak boleh dilakukan secara sembarangan dan harus tepat. Hal ini menjadi perhatian penting ketika Anda melakukan perawatan mobil. Hal ini demi menjaga performa mobil tetap baik.

Cek ban dan tekanan

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Tip merawat mobil berikutnya yaitu mengecek ban dan tekanannya, hal ini mungkin dianggap sepele, untuk keselamatan dalam perjalanan mengatur tekanan ban sangatlah penting. Paling tidak sebulan sekali atau sebelum Anda mengadakan perjalanan jauh, keluar kota misalnya. Begitu juga keadaan ban mobil, apabila ban tampak rusak atau sudah gundul, bila itu terjadi Anda harus menggantinya segera.

Cek aki

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Pastikan air aki di level yang semestinya, yakni antara garis batas di penanda. Bisa juga Anda mengukur tegangannya memakai voltmeter.

Rutin memeriksa kabel dan lampu

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Agar Anda tidak mendapat masalah ketika di jalan dan kenyamanan Anda terjaga tidak, lakukanlah pemeriksaan secara rutin kondisi lampu dan kabel mobil. Perhatikan dengan baik adakah lampu yang mulai redup, kabel yang kendur, ataupun putus. Kalau Anda mendapatkan kerusakan tersebut gantilah segera, pakailah spare part yang telah direferensikan pabrik mobil Anda.

Bersihkan kaca

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Tips merawat mobil selanjutnya yaitu rajin bersihkan kaca memakai cairan khusus untuk glass cleaner lalu cek kualitas air washer mobil. Perhatikan karet di jendela dibersihkan pula dari debu dan kotoran supaya tidak meninggalkan baret di kaca.

Bersihkan bagian dalam mobil

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Penting Anda membersihkan bagian dalam mobil, jika mobil bersih tentu membuat Anda nyaman bepergian dengan mobil ini. Bersihkan jok mobil sesudah pemakaian, hal ini dilakukan agar menghindari perubahan warna jok dengan cepat. Perubahan warna jok mobil diakibatkan keringat maupun hal lain yang menempel di jok. Setelah itu bersihkan pula karpet dan kabin dan karpet untuk mencegah jamur tumbuh di sana.

Cuci mobil

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Setidaknya Anda mencuci mobil seminggu sekali agar body mobil tetap bersih dari segala noda. Jika jarang dicuci, mobil Anda jadi makin susah dihilangkan kotoran yang melekat, terlebih bila mobil Anda berwarna putih tentu nodanya jadi mudah terlihat. Saat Anda mencuci mobil gunakan lap yang halus agar tidak merusak cat dan pakailah sabun cuci khusus mobil.

Apabila Anda ingin mobil Anda tetap awet dan nyaman ketika Anda kendarai meski untuk perjalanan jauh sekalipun. Sebaiknya rutin melakukan tips merawat mobil ini supaya tetap dalam keadaan baik ketika akan digunakan.

Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar