Inilah Fakta di Balik Motor MotoGP yang Tak Banyak Diketahui Orang

Daftar Isi [Tutup]

    Inilah Fakta di Balik Motor MotoGP yang Tak Banyak Diketahui Orang - Bagi pecinta dunia otomotif, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah MotoGP.

    Istilah tersebut merupakan kasta tertinggi pada dunia balapan motor. Motor akan dilajukan oleh pembalapnya dengan kecepatan yang sangat tinggi.

    Hal tersebut menjadikan MotoGP ini digemari oleh banyak orang terutama kaum pria.

    Inilah Fakta di Balik Motor MotoGP yang Tak Banyak Diketahui Orang

    Karena bagian dari balapan, tentu setiap motor harus beradu kecepatan. Yang tercepatlah yang menjadi pemenang. Namun, ternyata banyak hal yang tidak semua orang tahu tentang MotoGP.

    Hal tersebut bahkan memiliki peran yang sangat penting dibalik berlangsungnya MotoGP. Berikut beberapa fakta tersebut.

    Karya Tangan Manusia

    Fakta di balik MotoGP yang pertama ialah tangan manusia mengambil peran utama dalam perakitan motor.

    Banyak yang belum mengetahui jika motor yang digunakan dalam MotoGP dirakit oleh tangan manusia bukan mesin. Sudah terbayang bagaimana kepandaian sang perakit hingga motor bisa digunakan untuk balapan.

    Motor yang akan digunakan akan disesuaikan dengan karakter sang pembalap. Setiap pembalap mempunyai spesifikasi kendaraan yang berbeda.

    Sehingga, tidak setiap motor asli dari pabrik akan sesuai dengan keinginan mereka.

    Hal ini sangat diprioritaskan karena saat balapan berlangsung, sang pembalap harus dibuat senyaman mungkin termasuk dalam hal spesifikasi motor.

    Proses Mengganti Gigi

    Fakta di balik MotoGP berikutnya ialah proses pergantian gigi. Untuk melakukan hal tersebut, diperlukan keahlian khusus tingkat tinggi. Sebab, hal tersebut harus bisa dilakukan secara cepat dan tepat.

    Mungkin Anda pernah melihat bagaimana saat penayangan balapan MotoGP ada jeda hanya beberapa saat untuk mengganti transmisi dan juga gigi.

    Jika teknologi yang digunakan semakin canggih, maka proses pergantian tersebut bisa dilakukan hanya dengan waktu 1 detik saja.

    Anda sudah bisa membayangkan bagaimana kepintaran dan cekatannya orang-orang tersebut. Mereka merupakan ahli dibidangnya, terlatih dan terampil dalam bidang tersebut.

    Akselerasi

    Akselerasi motor menjadi fakta dibalik MotoGP berikutnya yang tak banyak orang yang mengenalnya.

    Rasi beban yang dimiliki oleh motor-motor yang digunakan memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap tenaga yang dikeluarkan.

    Hanya dalam waktu 2,5 detik, motor bisa melaju hingga 100 km/jam. Kecepatan tersebut melebihi mobil F1 yang juga terkenal akan kecepatannya.

    Saat berada di tikungan, motor dapat dikendalikan secara stabil dalam kecepatan 160 km/jam. Memang, banyak diantaranya terjadi kecelakaan saat berada di tikungan.

    Namun, kejadian tersebut biasanya disebabkan karena senggolan dengan motor yang lainnya. Kuncinya ada pada kendali dari para pembalap tersebut.

    Istilah Lima Tombol

    Fakta dibalik MotoGP berikutnya ialah adany istilah lima tombol. Lima tombol tersebut terdiri dari beberapa warna yang berbeda.

    Tombol tersebut terletak pada setang motor yang digunakan dalam MotoGP. Kelima tombol tersebut bisa digunakan untuk mengubah karakter motor pada saat berada di atas trek balapan.

    Tombol tersebut merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari mode engine brake control, wheelie control, traction control,  launch control serta torque control.

    Tombol tersebut bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan dan strategi saat balapan berlangsung. Sekilas, fakta tersebut seperti cerita dalam sebuah film robot di televisi atau sejenisnya.

    Itulah beberapa fakta di balik MotoGP yang tak banyak diketahui.

    Hal yang banyak diketahui oleh penggemar MotoGP mungkin hanya seputar pembalap serta balapan itu sendiri. Diluar itu, hanya sebagian kecil saja yang dengan serius memperhatikannya.

    Dengan adanya artikel ini semoga dapat menambah pengetahuan para penggemar MotoGP tentang dunia yang mereka gemari.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Inilah Fakta di Balik Motor MotoGP yang Tak Banyak Diketahui Orang"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel