Manfaat Daun Ungu untuk Kecantikan dan Cara Olahnya - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Manfaat Daun Ungu untuk Kecantikan dan Cara Olahnya

Manfaat daun ungu untuk kecantikan bisa didapatkan jika cara olahnya benar. Ketahui cara merebus daun ungu untuk dapatkan manfaat. Lihat lengkapnya.
Manfaat Daun Ungu untuk Kecantikan dan Cara Olahnya - Daun ungu dikenal di Indonesia dengan berbagai macam manfaatnya. Bahkan tidak sedikit orang yang merasakan manfaat daun ungu untuk kecantikan. Namun meskipun begitu, Anda juga tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Karena disetiap manfaat yang didapatkan, tentu ada beberapa efek samping yang perlu juga untuk diperhatikan. Agar lebih paham dalam menggunakan daun ungu ini, berikut ulasan lengkap mengenai daun ungu tersebut.

Karakteristik Daun Ungu

Karakteristik Daun Ungu

daun ungu ini merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam kategori tanaman perdu. Dimana tinggi dari daun ungu ini antara 1,5 hingga 3 meter. Sedangkan warnanya, sebagaimana namanya yaitu mayoritas berwarna ungu.

Batangnya memiliki bentuk bulat dengan daun yang memanjang dan agak runcing pada bagian ujungnya. Pada bagian tepi tidak memiliki tekstur dan akan cepat menjadi layu saat tanaman ini dipetik.

Untuk habitatnya sendiri bisa tumbuh dengan baik pada berbagai jenis iklim dari panas hingga lembab. Tanaman ini akan memasuki masa pembungaan pada bulan Juli sampai September. Untuk menemukan tanaman ini juga cukup mudah, yaitu di pedesaan dengan tumbuh secara liar.

Cara Budidaya Daun Ungu

Cara Budidaya Daun Ungu

Meskipun di pedesaan tanaman ini sangat mudah untuk ditemukan, Anda tetap bisa melakukan budidaya agar lebih cepat dalam memanfaatkan. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang bisa dilakukan saat akan melakukan budidaya daun ungu.

Bibit daun ungu disiapkan terlebih dahulu dengan membelinya di toko tanaman ataupun mencarinya di pedesaan.

Jangan lupa untuk menyediakan media tanam yang nantinya akan digunakan untuk budidaya daun ungu.

Anda bisa menggunakan media tanam dengan bahan campuran antara tanah, serbuk kayu dan juga pupuk kandang. Gunakan perbandingan 1:1 untuk setiap bahan yang akan digunakan dalam campuran.

Untuk mendapatkan media tanam yang lebih lembab, Anda bisa melakukan penyiraman terlebih dahulu. Pastikan melakukan penyiraman dengan kadar air yang cukup agar kelembaban yang diinginkan didapatkan.

Jika media tanam telah siap, maka bibit tanaman yang telah disiapkan bisa segera dipindahkan ke media tanam.

Lakukan perawatan secara rutin dengan melakukan penyiraman dan jangan lupa pula untuk menyiangi tanaman tersebut.

Itulah beberapa tahapan untuk menanam daun ungu yang memiliki banyak manfaat termasuk manfaat daun ungu untuk kecantikan. Pastikan Anda melakukan beberapa tahapan dalam menanam di atas untuk mendapatkan daun ungu yang sehat dan tumbuh dengan baik.

Kegunaan dari Daun Ungu

Kegunaan dari Daun Ungu

Setelah membahas mengenai karakteristik dan cara penanamannya, sekarang saatnya mengetahui pula manfaat dari penggunaan daun ungu. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun ungu dalam kehidupan.

Tanaman Hias

Layaknya tanaman pada umumnya, daun ungu juga bisa dijadikan hiasan pada pekarangan rumah. Warnanya yang cantik bisa membuat nuansa rumah lebih berwarna dengan adanya tanaman ini. Rumah akan tampak lebih asri dengan adanya tanaman ungu yang tumbuh dengan baik.

Obat Herbal

Dalam kondisi tertentu, tanaman ini bisa digunakan sebagai obat herbal. Bahkan ada juga orang yang memiliki pengalaman minum daun ungu untuk membantu dalam pengobatannya. Berbagai macam penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan dengan menggunakan daun ini cukup beragam.

Ada pencahar, emolien, anti radang dan masih banyak lainnya. Selain beberapa penyakit tersebut, ada pula yang meyakini daun ungu memiliki efek untuk diuretik. Adanya kemampuan diuretik ini akan membantu dalam proses pembuangan kelebihan garam.

Memberikan Efek Nephroprotective

Selain digunakan sebagai obat herbal pada berbagai macam jenis penyakit, daun ungu juga bisa memberikan efek Nephroprotective. Dimana dengan adanya efek tersebut akan melindungi ginjal Anda. Sehingga kesehatan ginjal akan lebih terjaga dengan adanya daun ungu tersebut.

Melembabkan Kulit

Manfaat lain dari penggunaan daun ungu adalah dapat digunakannya daun tersebut sebagai perawatan kecantikan. Dimana adanya kandungan emolien akan membantu dalam melembabkan dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Cara Merebus Daun Ungu

Cara Merebus Daun Ungu

Sebelum dimanfaatkan sebagai obat herbal, ada beberapa cara perebusan yang perlu diperhatikan agar bebas dari bahayanya konsumsi daun ungu. Berikut ini adalah beberapa langkah perebusan daun ungu yang perlu untuk diperhatikan.
  1. Sebelum mengolah daun ungu, pastikan terlebih dahulu bahwa daun tersebut bersih. Cucilah dengan air bersih dan kemudian giling untuk memudahkan dalam pengolahan.
  2. Jika telah digiling, seduh daun tersebut dengan menggunakan air panas ½ cangkir.
  3. Jangan lupa untuk memeras daun agar sari daun ungu bisa didapatkan.
  4. Anda bisa mencampurkannya dengan madu sebanyak satu sendok makan. Penambahan madu ini akan membantu dalam menghilangkan getir.
Gunakan cara tersebut saat akan memanfaatkan daun ungu. Pastikan Anda menggunakan seperlunya dan jangan berlebihan agar manfaat daun ungu bisa didapatkan.

Efek Samping Penggunaan Daun Ungu

Efek Samping Penggunaan Daun Ungu

Ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi tanaman ini. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping tersebut. Sepanjang Anda menggunakannya dengan kadar yang cukup, maka efek samping tersebut akan sangat minim dirasakan.

Berbagai macam efek samping yang akan muncul saat mengkonsumsi daun ini adalah nafsu makan menurun, sulit untuk tidur, sakit kepala, sakit perut dan rasa gatal. Itulah beberapa efek samping yang akan terasa saat konsumsi daun ungu.

Informasi mengenai daun ungu dan manfaat daun ungu untuk kecantikan telah didapatkan. Gunakanlah secara bijak saat Anda ingin menggunakan daun ungu agar manfaat dari tanaman tersebut bisa didapatkan.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar