9 Ciri-Ciri Wajah Terkena Merkuri dan Cara Mengatasinya - Tagar Berita

9 Ciri-Ciri Wajah Terkena Merkuri dan Cara Mengatasinya

Bagaimana ciri-ciri wajah terkena merkuri? Simak secara lengkap di sini untuk mengetahui jawaban tersebut. Ketahui juga cara mengatasinya.
9 Ciri-Ciri Wajah Terkena Merkuri dan Cara Mengatasinya - Beberapa waktu lalu, krim wajah mengandung merkuri sempat banyak beredar. Korbannya juga tidak sedikit. Kalau Anda merasa pernah membeli krim tanpa merek atau krim yang bisa bikin kinclong dalam waktu singkat, sebaiknya pahami ciri-ciri wajah terkena merkuri.

Pasalnya, kandungan merkuri di dalam kosmetik sangat membahayakan penggunanya. Efek negatifnya tidak akan langsung dirasakan. Korban biasanya sadar setelah merasakan efek samping yang cukup parah. Sebelum itu terjadi, sebaiknya Anda simak informasi yang ada di bawah ini.

Ciri-Ciri Cream Merkuri

Ciri-Ciri Cream Merkuri

Sebelum mengetahui ciri-ciri wajah terkena merkuri, sebaiknya Anda memahami bagaimana ciri-ciri dari cream yang mengandung bahan berbahaya tersebut. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang sering dijumpai pada produk kosmetik yang mengandung merkuri, khususnya cream wajah.

1. Menawarkan Hasil Instan

Kalau ada cream wajah yang menawarkan hasil instan, bisa kinclong dalam seminggu, jangan pernah percaya. Skincare yang mengandung bahan aman baru akan terlihat efeknya minimal 1 bulan dengan pemakaian rutin.

Cream yang memberikan klaim seperti ini sebaiknya dicurigai. Bisa jadi cream tersebut mengandung merkuri. Seperti yang sudah diketahui, merkuri memang memberikan hasil yang instan. Namun, ada bahaya yang mengancam.

2. Tekstur dan Warna Keabuan

Secara fisik, cream yang mengandung merkuri akan memiliki warna yang cenderung abu-abu. Selain itu, cream wajah merkuri juga sering dijumpai berwarna krem. Namun, tidak semua skincare dengan warna tersebut mengandung merkuri. Anda juga harus melihat ciri-ciri lainnya.

3. Produk Diklaim Sebagai Pencerah

Umumnya, merkuri ditambahkan para produk-produk yang mengklaim bisa mencerahkan kulit. Contohnya adalah krim siang dan krim malam.

4. Terdapat Label Merkuri

Perhatikan label komposisi atau bahan yang dipakai untuk membuat cream. Kalau Anda menemukan salah satu dari zat berikut, bisa dipastikan cream tersebut mengandung merkuri.
  • Mercury
  • Mercurio
  • Mercuric
  • Calomel
  • Mercurous chloride

5. Kulit Menjadi Sensitif Setelah Pemakaian

Ciri selanjutnya akan terasa setelah Anda memakai creamnya. Kulit wajah yang awalnya biasa saja kemungkinan besar akan menjadi sensitif setelah memakai cream bermerkuri.

Ciri-Ciri Wajah Terkena Merkuri

Ciri-Ciri Wajah Terkena Merkuri

Selanjutnya, mari mengenal ciri-ciri wajah yang sudah terkena zat merkuri. Langsung saja, berikut detailnya:

1. Muncul Ruam

Ciri paling pertama yang muncul adalah ruam. Biasanya juga disertai dengan rasa gatal serta perubahan warna kulit wajah menjadi merah. Ini merupakan reaksi langsung dari merkuri yang memang berbahaya bagi tubuh.

2. Gatal dan Perih

Selain ruam, kulit juga lama kelamaan akan terasa gatal dan perih. Ini memang terlihat mirip seperti alergi. Namun, penyebabnya jelas bukan alergen seperti biasa.

Efek seperti gatal dan perih ini mungkin tidak akan langsung terasa di masa awal pemakaian. Khusus untuk pemilik kulit sensitif, mungkin efek seperti gatal dan perih akan langsung terasa sejak awal.

3. Iritasi

Ciri-ciri wajah terkena merkuri yang ketiga adalah mengalami iritasi. Setelah gatal dan perih, biasanya iritasi pada kulit juga akan muncul. Bahkan, tidak sedikit pula yang merasakan iritasi disertai rasa panas di seluruh wajah. Ini tentu sangat menyiksa.

Kalau Anda sudah sampai mengalami iritasi, sebaiknya jangan gunakan produk bermerkuri itu lagi. Segera lakukan langkah pertolongan pertama yaitu mengompres wajah menggunakan air dingin.

4. Kulit Mengelupas

Kulit juga akan mengelupas pada wajah yang sudah terkontaminasi cream bermerkuri. Kalau ini sudah terjadi, lapisan kulit Anda akan terkelupas. Ini juga menyebabkan kulit wajah menjadi lebih tipis.

5. Muncul Jaringan Parut

Jaringan parut muncul ketika luka akan sembuh. Pada kulit yang terkontaminasi merkuri, jaringan parut terus muncul tapi tidak kunjung hilang.

6. Jerawat

Kemudian jerawat juga mulai muncul. Adapun ciri-ciri jerawat akibat merkuri antara lain jumlahnya sangat banyak, ada di seluruh wajah, berukuran besar, dan bernanah.

7. Kulit Berubah Warna

Kulit wajah dapat mengalami hiperpigmentasi akibat merkuri. Ini akan membuat wajah menjadi lebih gelap dari anggota badan lainnya.

8. Perubahan Warna pada Tangan dan Kaki

Pada kasus yang sudah sangat parah, kulit yang berubah warna tidak hanya di wajah. Perubahan warna menjalar sampai ke tangan serta kaki. Tangan dan kaki bisa menjadi berwarna pink.

9. Mati Rasa di Beberapa Titik

Beberapa bagian tubuh juga bisa mengalami mati rasa akibat merkuri. Misalnya kaki dan tangan.

Cara Mengatasi Wajah Terkena Merkuri

Cara Mengatasi Wajah Terkena Merkuri

Bagaimana kalau wajah sudah terlanjur terpapar merkuri? Tenang, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.
  • Coba ganti skincare yang lebih aman dan sudah BPOM.
  • Perbanyak konsumsi air putih supaya lebih sering buang air kecil dan merkuri akan terbuang bersamaan dengan air seni.
  • Ubah pola makan menjadi lebih sehat.
  • Bila perlu, puasa skincare alias jangan gunakan skincare sama sekali. Berlaku juga untuk make up.
  • Melakukan terapi khelasi, yaitu pemberian obat penghilang merkuri di wajah. Tindakan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter.

Berapa Lama Menghilangkan Merkuri di Wajah?

Berapa Lama Menghilangkan Merkuri di Wajah

Merkuri bisa bertahan di wajah selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Untuk menghilangkannya secara tuntas, Anda bisa menjalani pola hidup sehat dan melakukan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Sampai pada akhir penjelasan ini, Anda tentu sudah memahami ciri-ciri wajah terkena merkuri. Jika menemukan gejala serupa di kulit wajah Anda, sebaiknya segera lakukan pengobatan. Datang saja ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk berkonsultasi dan mendapatkan solusi terbaik.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.