Ketahui Efek Samping Daun Jambu Biji Untuk Wajah

Daftar Isi [Tutup]

    Ketahui Efek Samping Daun Jambu Biji Untuk Wajah - Banyak orang yang belum tahu apa saja manfaat dan efek samping daun jambu biji untuk wajah. Salah satunya yaitu dapat mengatasi jerawat atau untuk perawatan kulit wajah alami. Tak hanya bagian buahnya saja yang bisa dimakan, bagian daunnya juga bisa digunakan untuk perawatan.

    Tidak ada efek samping atau dampak negatif daun jambu biji yang berbahaya untuk wajah karena memang sifatnya alami. Namun, banyak sekali manfaat lainnya yang bisa membuat wajah menjadi bersih, cerah, dan sehat.

    Efek Samping Daun Jambu Biji untuk Wajah dan Manfaatnya

    Sejumlah perusahaan yang memproduksi produk perawatan kecantikan wajah juga menggunakan daun jambu biji sebagai salah satu campuran bahan dalam produknya. Berikut ini sejumlah manfaat rebusan daun jambu biji untuk wajah yang efektif memutihkan kulit:

    1. Mengatasi Jerawat

    Efek Samping Daun Jambu Biji Untuk Wajah - Mengatasi Jerawat

    Manfaat dan efek samping utama dari daun jambu biji adalah mengatasi jerawat yang muncul di wajah. Terbukti bahwa ekstrak daun jambu biji ini efektif sekali untuk membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

    Dalam daun jambu biji ini memang terdapat kandungan antimikroba, anti radang, dan juga antiseptik yang mampu membersihkan pori-pori kulit dan membuat kulit menjadi tenang. Salah satu penyebab jerawat adalah faktor hormon atau minyak yang berlebihan di wajah.

    Kandungan antibakteri pada daun jambu biji inilah yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat yaitu propionibacterium acnes.

    2. Menghilangkan Flek Hitam

    Efek Samping Daun Jambu Biji Untuk Wajah - Menghilangkan Flek Hitam

    Manfaat lainnya dari daun jambu biji ini adalah menghilangkan flek hitam di wajah. Flek hitam yang disebabkan oleh apa saja, baik yang disebabkan oleh bekas jerawat atau karena penuaan dini.

    Kandungan antiseptik yang ada di dalam daun ini dapat membersihkan sisa-sisa bakteri yang mati, tetapi masih menempel pada kulit. Oleskan daun jambu biji yang telah ditumbuk hingga halus ke wajah, kemudian bilas wajah sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara berkala kira-kira dalam waktu 1 minggu.

    3. Mencegah Penuaan Dini

    Efek Samping Daun Jambu Biji Untuk Wajah - Mencegah Penuaan Dini

    Efek samping positif lainnya dari daun jambu biji adalah mencegah penuaan dini atau garis halus yang muncul di wajah. Anda bisa menggunakan masker wajah yang sudah dicampur dengan ekstrak daun jambu biji.

    Manfaat lainnya yaitu mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mengencangkan kulit. Kandungan zat antioksidan dalam daun jambu biji yang alami, juga mengandung flavonoid yang bisa mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah.

    Kandungan likopen dalam daun tersebut juga mampu melindungi sel dalam kulit yang masih dalam kondisi sehat dan membuang racun yang menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan racun tersebut juga bisa menjadi penyebab dari terjadinya penuaan dini.

    4. Menghilangkan Komedo

    Efek Samping Daun Jambu Biji Untuk Wajah - Menghilangkan Komedo

    Sel kulit mati juga akan terangkat sehingga folikel rambut yang tersumbat bisa diatasi dengan baik. Cara membuat masker daun jambu biji untuk wajah dan menghilangkan komedo adalah dengan menumbuk daun sampai halus.

    Setelah itu, gosokkan perlahan pada kulit wajah terutama di bagian yang terdapat komedonya. Diamkan selama beberapa menit saja dan lakukan rutin selama 2 kali dalam seminggu.

    5. Mencerahkan Kulit

    Efek Samping Daun Jambu Biji Untuk Wajah - Mencerahkan Kulit

    Daun jambu biji juga bisa memutihkan dan mencerahkan kulit dengan cara alami. Kandungan zat antioksidannya mampu mengeluarkan sel-sel kulit mati. Kandungan lainnya mampu mencerahkan kulit, membunuh bakteri, menjaga kehalusan kulit, serta memutihkan kulit dengan alami.

    Cara memutihkan wajah dengan daun jambu biji adalah dengan mencampurkan kunyit dengan beberapa lembar daun biji. Lalu tambahkan beberapa tetes air mawar, setelah itu oleskan pada kulit wajah dan diamkan sebentar kira-kira selama 15 menit saja.

    Selanjutnya, pijat kulit wajah perlahan lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

    6. Sebagai Toner Alami

    Efek Samping Daun Jambu Biji Untuk Wajah - Sebagai Toner Alami

    Kandungan vitamin yang terdapat di dalam jambu biji meliputi nutrisi, vitamin, dan juga mineral. Dengan begitu, daun jambu biji bisa menjaga kulit supaya tetap kencang dan terhindar dari kerutan.

    Daun jambu biji juga bisa berfungsi sebagai toner alami yang akan meningkatkan tekstur pada kulit, menghidupkan elastisitas kulit, dan mengencangkan kulit. Cara membuat toner alami dari daun jambu biji adalah dengan merebus daunnya kemudian cuci wajah dengan air rebusan tersebut.

    7. Melindungi Kulit dari Sinar UV

    Efek Samping Daun Jambu Biji Untuk Wajah - Melindungi Kulit dari Sinar UV

    Kandungan likopen yang ada pada daun jambu biji dua kali lebih banyak dari kandungan likopen pada tomat. Likopen ini adalah zat antioksidan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan yang dimana penyebabnya adalah polusi lingkungan dan sinar UV.

    Dalam 1 buah jambu terdapat 2,9 gr kandungan likopen yang mampu melindungi kulit dengan baik. Ternyata ada banyak efek samping positif dan juga manfaat dari daun jambu biji.

    Anda bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk perawatan wajah secara alami. Pemakaian bahan alami tentu lebih aman dibandingkan produk yang mengandung bahan kimia.

    Dengan mengetahui apa saja efek samping daun jambu biji untuk wajah maka Anda bisa memulai perawatan dengan bahan alami tersebut. Pastikan Anda melakukannya dengan rutin dan cara yang tepat. Perawatan alami memang lebih lama, tapi lebih aman.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Ketahui Efek Samping Daun Jambu Biji Untuk Wajah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel