Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Daftar Isi [Tutup]

    Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah - Hipotensi atau sering kali disebut tekanan darah rendah itu umumnya terjadi ketika tekanan darah lebih rendah dari biasanya. Hal tersebut secara alami berubah sepanjang hari. Disisi lain tubuh kita akan menyesuaikan dan juga menyeimbangkan tekanan darah.

    Nah pada kondisi ini dapat membantu tubuh untuk memastikan setiap bagian dari tubuh manusia, mulai dari otak, jantung dan paru - paru yang akan mendapatkan banyak oksigen dan juga darah. Nah cara mengatasi darah rendah itu bisa dilakukan apabila sudah menimbulkan gejala yang membuat Anda tidak nyaman atau mengganggu.

    Disisi lain tekanan darah rendah pun bisa dianggap normal bahkan tidak menyebabkan gejala apapun. Namun selain itu tekanan darah rendah juga bisa berubah seketika bahkan berdiri secara tiba - tiba.

    Ketika terlalu sedikit darah dan oksigen yang menyuplai berbagai bagian tubuh, maka perlu dilakukan cara untuk mengatasi darah rendah yang akan dijelaskan di bawah ini.

    Ketahuilah Penyebab Darah Rendah

    Ketahuilah Penyebab Darah Rendah

    Sebelum kita membahas cara mengatasi darah rendah, alangkah baiknya kita juga harus mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan tekanan darah Anda menjadi rendah, supaya dengan demikian menduga - duga tekanan darah rendah langsung minum obat pun bisa terhindari. Simak ulasannya.

    1 . Dehidrasi

    Dehidrasi menjadi salah satu faktor penyebab darah rendah. Hal tersebut karena ketika banyaknya cairan yang hilang dari pada cairan yang masuk, pasti tubuhnya menjadi lemas, mudah lelah dan pusing. Selain itu juga disertai muntah, diare akut, demam dan lain sebagainya.

    2 . Anemia

    Kekurangan darah atau juga disebut Anemia ini juga menjadi salah satu penyebab tekanan darah menjadi rendah. Ketika hemoglobin menuju angka dibawah normal, otomatis tubuh kita pun tidak memiliki cukup tekanan darah, pada akhirnya darah pun menjadi turun juga.

    3 . Kekurangan Nutrisi Tertentu

    Ketika tubuh Anda mengalami kekurangan asam folat, B12 maupun zat besi, nah pada kondisi ini bisa saja terjadi. Alasannya dengan kurangnya nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh bisa menyebabkan kekurangan darah.

    4 . Adanya Infeksi Serius

    Kemudian infeksi virus yang serius pun bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya tekanan darah rendah. Ketahuilah dalam aliran darah, mungkin Anda bisa mengalami tekanan darah rendah yang bisa dibilang serius, nah kondisi tersebut disebut syok septik.

    Karena bakteri dalam tubuh bisa memproduksi racun, sehingga ketika memasuki aliran darah, racun itu bisa mempengaruhi pembuluh darah. Apabila hal tersebut terjadi, maka Anda pun bisa mengalami tekanan darah rendah yang bisa membahayakan nyawa.

    Rekomendasi Obat Darah Rendah

    Rekomendasi Obat Darah Rendah

    Setelah kita tahu apa saja penyebab tekanan darah rendah, kita pun harus tahu juga apa saja obat darah rendah yang bisa kita konsumsi secara umum. Nah sebagai rekomendasi simak dibawah ini.

    1 . Catecholamine

    Harus Anda ketahui bahwa obat yang satu ini termasuk obat adrenalin, noradrenalin serta dopamin. Yang dimana obat tersebut dapat bekerja supaya mempengaruhi sistem saraf simpatetik serta pusat. Kemudian obat ini pun fungsinya agar membuat jantung tercepat lebih cepat dan kuat dan menyempitkan pembuluh darah sehingga darah pun mengalami peningkatan.

    2 . Vasopressin

    Obat yang satu ini fungsinya supaya dapat menyempitkan pembuluh darah. Tujuannya agar bisa meningkatkan tekanan darah. Biasanya obat tersebut digunakan untuk orang yang sedang mengalami kondisi tekanan darah rendah kritis. Kemudian obat tersebut juga bisa Anda kombinasikan dengan vasodilator.

    Tujuannya agar menjaga tekanan darah serta dapat meningkatkan kerja otot pada jantung. Selain itu nitroglycerin secara langsung dapat melemaskan pembuluh darah kemudian nitroprusside digunakan untuk mengurangi beban sebelum dan sesudah nya serta meningkatkan kerja jantung.

    Vitamin Yang Baik Untuk Hipotensi

    Vitamin Yang Baik Untuk Hipotensi

    Kemudian sangat penting sekali tahu vitamin untuk darah rendah. Nah menurut Firstcry.com dengan mengonsumsi vitamin B12 dapat menjadi salah satu cara menaikan tekanan darah yang rendah. Selain itu juga banyak jenis makanan dan minuman yang mengandung vitamin tersebut. Contohya ayam, telur, susu, bayam bahkan ikan.

    Makanan Untuk Darah Rendah

    Makanan Untuk Darah Rendah

    Selain harus mengonsumsi vitamin, tentunya harus disertai dengan makanan untuk darah rendah yang dimana tidak boleh sembarangan. Dengan demikian bisa meningkatkan darah dalam tubuh yang awalnya rendah tadi menjadi stabil.

    1 . Makanan Yang Kaya Akan Folat

    Banyak sekali makanan yang bisa dikonsumsi untuk darah rendah, diantaranya adalah sayuran hijau seperti brokoli, sawi dan bayam. Selain itu juga Anda bisa mengkonsumsi biji - bijian, buah - buahan serta makanan laut, telur, ayam dan juga susu.

    2 . Makanan Yang Mengandung Vitamin B12

    Cara mengatasi darah rendah lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung akan vitamin B12. Pasalnya jika tubuh kekurangan vitamin tersebut bisa menyebabkan kurang darah atau anemia. Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin tersebut seperti susu, sereal, daging sapi, telur.

    3 . Makanan Yang Rendah Karbohidrat

    Selain itu bagi Anda penderita hipotensi alangkah baiknya membatasi makanan yang berkarbohidrat. Contohnya seperti roti, nasi dan kentang. Selain itu makanan olahan. Sebagai solusi Anda dapat mengonsumsi buah - buahan. Sayuran, telur, daging sapi merah.

    Itulah beberapa informasi yang dapat disampaikan tentang mengatasi darah rendah,Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang memang mengalami kondisi tersebut supaya tidak boleh panik dan juga berkonsultasi pada dokter pun sangat penting sekali supaya kita tahu dengan pasti apa masalah yang sedang Anda rasakan.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel