Cara Agar Tidak Ngantuk Di Berbagai Situasi

Daftar Isi [Tutup]

    Cara Agar Tidak Ngantuk Di Berbagai Situasi - Mengantuk merupakan sebuah kondisi seseorang yang selalu merasa ingin tidur. Hal ini sudah pasti terjadi pada manusia atau hewan sekalipun, baik pada malam hari maupun siang hari.

    Tidak ada yang salah dari rasa kantuk yang Anda alami. Pasalnya, saat Anda mengantuk, maka secara tidak langsung tubuh Anda sudah mengisyaratkan bahwa Anda memerlukan waktu untuk istirahat.

    Namun jika rasa kantuk tersebut hadir terlalu sering, maka bisa saja akan mengganggu aktivitas Anda. Misalnya rasa kantuk tersebut ada ketika Anda sedang sekolah atau kerja. Tentu hal ini akan sangat mengganggu, bukan? Karena bisa saja apa yang Anda lakukan bisa teralihkan dan membuat Anda tidak fokus.

    Maka tak heran jika banyak sekali orang-orang yang sering mencari cara agar tidak ngantuk dalam berbagai situasi. Untuk itu, di bawah ini akan disebutkan beberapa cara agar Anda tidak mengalami rasa kantuk di berbagai situasi serta beberapa penyebabnya. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

    Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Di Siang Hari

    Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Di Siang Hari

    Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa lepas dari rasa kantuk yang datang tiba-tiba, baik pada saat Anda sedang bekerja atau bahkan pada saat siang hari. Adapun beberapa caranya adalah sebagai berikut.

    1. Minum segelas kopi, dikarenakan dalam kopi mengandung kafein yang dipercaya mampu meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf. Sehingga, meminum segelas kopi ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk berat yang sedang melanda.

    2. Power nap, memejamkan mata 15-30 menit memang menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk sedikit mengurangi rasa kantuk yang Anda alami.

    3. Pastikan mendapat cukup cahaya, karena cahaya matahari akan mampu meningkatkan kewaspadaan dan energi Anda.

    4. Minum air yang cukup, karena biasanya mengantuk juga bisa terjadi karena dehidrasi.

    5. Pastikan kualitas tidur malam, sebab jika tidur malam Anda tidak berkualitas maka bisa dipastikan bahwa keesokan harinya dapat mengantuk.

    6. Gerakkan badan, hal ini dilakukan dilakukan sebagai salah satu cara menghilangkan ngantuk di siang hari agar darah mengalir ke seluruh bagian tubuh Anda.

    7. Pastikan makan yang ringan saat siang hari, karena makanan yang terlalu berat akan membuat Anda mengantuk.

    8. Mengistirahatkan mata, karena biasanya mengantuk juga disebabkan oleh mata yang terlalu lelah memandang gadget.

    9. Mendengarkan musik, agar mampu menaikkan mood Anda supaya tidak mengerti.

    10. Cuci muka, karena dengan mencuci muka maka Anda akan merasa lebih segar dan rasa kantuk pun hilang.

    Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Bangun Tidur

    Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Bangun Tidur

    Pada saat bangun tidur di pagi hari terkadang kita masih saja merasa ngantuk, meskipun sudah menghabiskan waktu semalaman untuk tidur. Maka dari itu, dibawah ini akan disebutkan beberapa cara agar tidak ngantuk saat bangun pagi.

    1. Biasakan untuk meminum air saat bangun tidur agar Anda merasa lebih segar dan tidak mengantuk. Selain itu, pada saat pagi hari tubuh sedang mengeluarkan racun yang ada. Jadi, pastikan bahwa aktivitas ini selalu Anda lakukan.

    2. Menggerakkan badan juga mampu membuat Anda tidak akan merasa ngantuk pada saat bangun pagi karena seluruh darah akan mengalir ke semua bagian tubuh.

    3. Cara agar tidak ngantuk saat bangun pagi selanjutnya cobalah bergegas untuk mandi merupakan pilihan yang sangat tepat, karena saat Anda mandi maka rasa kantuk pun akan hilang.

    4. Cobalah untuk berolahraga agar tubuh Anda lebih segar dan semua racun yang ada ditubuh bisa keluar dengan maksimal.

    5. Sarapan merupakan pilihan yang sangat tepat. Karena saat Anda bangun tidur, pastinya akan terasa lapar. Sehingga agar Anda tidak merasa ngantuk, Anda bisa langsung mencoba untuk sarapan untuk mengisi energi Anda.

    Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Ujian

    Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Ujian

    Menghadapi ujian memang sangat melelahkan, karena membutuhkan waktu yang sangat banyak untuk belajar dan terkadang tidak sempat untuk beristirahat sama sekali agar bisa belajar setiap saat.

    Mungkin Anda juga pernah tertidur pada saat ujian berlangsung. Tentu hal ini sangat tidak sopan untuk dilakukan. Maka dari itu, di bawah ini akan disebutkan cara agar tidak ngantuk saat ujian yang bisa Anda lakukan agar Anda tidak tertidur lagi.

    1. Tidur lebih awal harus Anda lakukan agar Anda tidak tertidur atau merasa ngantuk pada saat ujian berlangsung keesokan harinya.

    2. Jika memang rasa kantuk sudah terlanjur datang pada saat ujian, maka Anda bisa mencoba untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut dengan cara mengambil nafas dalam dalam. Hal ini dikarenakan saat Anda mengambil nafas yang dalam dengan melalui hidung dan kemudian melepaskannya secara pelan-pelan melalui mulut, maka oksigen pun bisa masuk ke otak.

    Apabila oksigen tersebut sudah masuk kotak dengan jumlah yang banyak, maka bisa dipastikan bahwa akan mampu memicu aktivitas otak menjadi lebih baik dan Anda tidak akan merasa ngantuk.

    3. Cara agar tidak ngantuk saat ujian selanjutnya yaitu Anda bisa mencoba untuk mencuci muka terlebih dahulu sebelum ujian berlangsung atau bahkan ketika ujian sedang berlangsung. Hal ini dikarenakan dengan menyiramkan air ke wajah akan membuat Anda menjadi lebih segar dan tidak mengantuk.

    4. Anda bisa mencoba untuk melakukan aktivitas yang ringan karena bisa membuat darah mengalir ke semua bagian tubuh Anda, termasuk otak yang akan menyebabkan rasa kantuk Anda semakin berkurang.

    Demikianlah beberapa cara agar tidak ngantuk di berbagai situasi yang bisa Anda lakukan. Beberapa cara yang sudah disebutkan diatas bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Yang jelas, jika Anda tidak ingin mengantuk di saat yang tidak diinginkan, maka pastikan bahwa Anda selalu menjaga kualitas tidur dengan baik.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Tidak Ngantuk Di Berbagai Situasi"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel