Inilah Cara Agar Suara Bagus untuk Berbagai Kebutuhan

Daftar Isi [Tutup]

    Inilah Cara Agar Suara Bagus untuk Berbagai Kebutuhan - Memiliki suara yang bagus merupakan salah satu hal yang cukup menyenangkan bagi setiap orang. Beberapa orang yang bersuara bagus bahkan bisa sampai ke dunia internasional. Di Indonesia sendiri banyak para penyanyi bersuara emas dengan ciri khasnya masing-masing.

    Ada pula para qori atau pembaca Alquran yang juga pandai dalam mengumandangkan adzan dengan suara yang sangat merdu. Intinya mereka yang memiliki suara yang merdu akan mampu membawakan berbagai hal dengan suara yang sangat enak didengar. Selain merupakan bakat dari dalam dirinya latihan yang sangat lama bisa membantu mewujudkan hal ini.

    Latihan yang cukup lama merupakan cara agar suara bagus yang paling ampuh. Mereka yang sudah menjadi profesional dan memiliki suara yang sangat bagus pastinya tetap melakukan latihan terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga perlu melakukan banyak hal agar bisa memiliki dan tetap memelihara suara yang bagus.

    Hal yang harus Anda lakukan juga berkaitan dengan kesehatan Anda. Setiap cara tersebut harus dilakukan dengan rutin meskipun sudah memiliki suara yang terlatih. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk membuat suara menjadi lebih bagus.

    Melatih Pernapasan

    Cara Agar Suara Bagus - Melatih Pernapasan

    Suara tentunya berhubungan dengan pernapasan sehingga jika Anda mengaturnya dengan baik suara yang keluar bisa lebih merdu dan bagus. Anda bisa melakukan latihan pernapasan dasar untuk membantu mempelajari nada yang dapat dijangkau oleh suara Anda. Nantinya paru-paru dan pita suara bisa lebih terlatih untuk menahan nada lebih lama.

    Dengan melatih pernafasan Anda juga bisa terhindar dari kerusakan tenggorokan yang bisa mengganggu pada saat menyanyi, mengaji atau adzan. Ketiga hal tersebut tak jarang dijadikan mata lomba sehingga diperlukan kualitas yang terbaik dari suara yang Anda miliki. Hal ini juga berlaku sebagai cara agar suara bagus saat mengaji.

    Teknik pernapasan bisa digunakan pada waktu yang tepat sehingga membuat tenggorokan lebih lega. Pertama, Anda bisa mengendurkan tenggorokan untuk menentukan dan mengembangkan variasi nada. Berikutnya tarik nafas perlahan sehingga dapat menggerakkan udara di bawah pusar.

    Selanjutnya bisa masuk ke diafragma suara sehingga bisa lebih terolah dengan baik. Tarik nafas dan hembuskan kemudian ulangi berkali-kali sesuai kebutuhan. Tarik nafas dalam 4 hitungan kemudian buang dalam empat hitungan sambil mengeluarkan suara yang mendesis. Cara ini bisa membuat suara yang lebih halus dan lembut sehingga terdengar lebih bagus.

    Cukupi Kebutuhan Air

    Cara Agar Suara Bagus - Cukupi Kebutuhan Air

    Kondisi tubuh yang tetap terhidrasi membuat kondisi tubuh menjadi lebih bugar termasuk pada area pernapasan dan pita suara. Setiap orang yang kurang minum air putih biasanya akan mudah bermasalah pada area tenggorokan. Hal ini tentu membuat suara tidak keluar dengan maksimal. Jadi cara agar suara bagus saat adzan atau sejenisnya tentu dengan rutin minum air putih.

    Anda harus memastikan Anda minum air putih secara rutin dan tidak berlebihan. Selain beberapa teknik khusus Anda juga bisa mengimbanginya dengan membuat kondisi tubuh tetap stabil terutama pada bagian tenggorokan dan pernapasan. Hal ini harus selalu menjadi kebiasaan dalam diri Anda jika ingin memiliki suara yang bagus.

    Kontrol dan Skala Vokal

    Cara Agar Suara Bagus - Kontrol dan Skala Vokal

    Serangkaian nada yang dibunyikan secara berurutan naik dalam nada lalu kembalikan lagi ke bawah sering disebut dengan skala yang merupakan hal yang perlu diperhatikan. Hal ini juga bisa dilakukan sebagai cara agar suara bagus saat direkam di hp. Beberapa hal seringkali harus dilakukan dengan cara merekam pada sehingga hasilnya harus sangat bagus.

    Latihlah suara Anda dengan mengikuti pola skala sehingga bisa mengembangkan kontrol vokal yang tepat. Proses pelatihan ini juga sering disebut dengan solfa atau solfege dengan bunyi "do,re,mi". Lakukan latihan vokal seperti ini naik dan turun sesuai susunan nada tersebut untuk melatih vokal menjadi lebih baik.

    Pahami Jangkauan Suara

    Cara Agar Suara Bagus - Pahami Jangkauan Suara

    Cara agar suara merdu dan nafas panjang yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenali dan memahami jangkauan suara. Jangkauan suara bagi perempuan dan laki-laki tentunya akan berbeda. Jenis-jenis suaranya juga tentu berbeda-beda untuk laki-laki maupun perempuan sehingga Anda perlu mengenalnya.

    Agar bisa memahami hal tersebut melakukan latihan dengan menggunakan nada rendah hingga nada tinggi sesuai dengan kemampuan. Batas nada tinggi yang bisa Anda capai harus terdengar cukup merdu dan bagus. Perlu diingat agar Anda tidak memaksakan volume pada nada tertentu karena bisa merusak pita suara.

    Menjaga Asupan Makanan

    Cara Agar Suara Bagus - Menjaga Asupan Makanan

    Setiap makanan yang akan Anda konsumsi harus sangat diperhatikan terutama jika Anda ingin melatih suara menjadi lebih bagus saat adzan, bernyanyi maupun saat mengaji. Hal ini juga merupakan cara agar suara bagus dan tenggorokan tetap terjaga dengan baik. Contohnya Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi goreng-gorengan.

    Kandungan minyak yang ada dalam gorengan lebih mudah membuat tenggorokan menjadi kering sehingga suara tidak akan keluar dengan maksimal. Suaranya pun tidak akan terdengar bagus jika tetap mengkonsumsi gorengan terlebih jika secara berlebihan. bila perlu Anda hanya konsumsi makanan yang banyak mengandung air agar tubuh lebih terhidrasi.

    Latihan Bersama Ahlinya

    Cara Agar Suara Bagus - Latihan Bersama Ahlinya

    Anda bisa melatih diri dalam pernapasan maupun vokal bersama ahli di bidangnya. Latihan yang perlu dilakukan harus dengan rutin menggunakan teknik yang benar dan sesuai kemampuan masing-masing. Pastikan Anda juga mulai mempraktekkannya untuk melihat sejauh mana hasil latihan dan kemampuan yang dimiliki.

    Itulah beberapa cara agar suara bagus dan merdu saat adzan, mengaji maupun bernyanyi. Intinya latihan vokal dan pernapasan yang baik harus dilakukan seriti mungkin dan tidak memaksakan kemampuan dalam diri. Lakukan latihan sebaik mungkin agar hasilnya lebih maksimal.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Inilah Cara Agar Suara Bagus untuk Berbagai Kebutuhan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel