Cara Ampuh Atasi Wajah Gatal Dan Bentol

Daftar Isi [Tutup]

    Cara Ampuh Atasi Wajah Gatal Dan Bentol - Saat memakai produk kosmetik ataupun perawatan wajah yang biasanya akan muncul berbagai macam efek samping. Tergantung dari jenis kulit Anda, apakah efek yang muncul adalah tanda bahwa produk itu sedang bekerja di wajah Anda atau malah menyebabkan iritasi pada kulit.

    Produk yang bisa menimbulkan iritasi dapat berupa produk bermerk ataupun masker alami. Meskipun termasuk produk ternama atau bahan-bahan alami, namun jika menimbulkan efek berupa tanda-tanda iritasi maka sebaiknya Anda menghentikan pemakaian produk tersebut dan menggantinya dengan produk lain sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

    Wajah Gatal Dan Merah

    Cara Ampuh Atasi Wajah Gatal Dan Bentol

    Wajah gatal dan bentol, rasa perih, gatal, muncul kemerah-merahan pada wajah atau bahkan bisa menimbulkan jerawat adalah keluhan yang umum terjadi. Hal ini pertanda bahwa Anda memiliki alergi terhadap salah satu bahan yang ada para produk kecantikan tersebut.

    Anda bisa mengganti produk yang Anda gunakan dengan bahan-bahan yang lembut, memiliki label non perfumed atau non komedogenik, mengandung SPF minimal 30, dan terdapat kandungan yang bisa melembabkan kulit wajah.

    Cara Menghilangkan Rasa Gatal Di Wajah

    Cara Menghilangkan Rasa Gatal Di Wajah

    Menggaruk wajah yang gatal tidak baik untuk wajah, meskipun rasa gatal itu membuat Anda tidak dapat menahannya. Selain hanya akan membuat wajah gatal dan bentol, menggaruk wajah hanya akan meninggalkan bekas luka.

    Penyebab wajah yang gatal ini bermacam-macam, biasanya muncul karena kondisi kulit wajah Anda yang sangat kering, digigit serangga, adanya reaksi alergi, kerusakan saraf, merupakan gejala dari penyakit tertentu, efek samping penggunaan obat-obat, kanker kulit dan lain sebagainya. Berikut tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi dan menghilangkan rasa gatal pada wajah.

    1. Menggunakan Air Dingin

    Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa gatal dan bentol pada wajah ialah dengan mengompresnya menggunakan es batu atau menggunakan air dingin agar menenangkan serta mengurasi rasa gatal pada wajah.

    Bungkus beberapa buah es batu ke dalam kain atau handuk bersih kemudian tempelkan diamkan es batu tersebut pada area wajah yang gatal selama 10 menit. Selain mengompres wajah menggunakan air dingin, Anda juga bisa menyeka wajah dengan kain basah atau mencuci muka dengan air dingin tanpa menggunakan sabun.

    2. Menggunakan Pelembab Wajah

    Rasa gatal pada wajah bisa diatasi dengan mengaplikasikan pelembab pada wajah Anda. Karena tidak hanya berfungsi untuk melembabkan, tetapi pelembab juga mampu mengurangi rasa gatal pada wajah. Setiap selesai mencuci muka, Anda bisa langsung mengoleskan pelembab saat kulit wajah Anda masih lembab untuk menjaga kelembaban kulit.

    3. Mengoleskan Krim Atau Salep Pada Wajah

    Mengoleskan krim hidrokortison seperti calamine atau salep antihistamin bisa mengurangi rasa gatal pada wajah. Anda mendapatkan krim ini dengan resep dokter ataupun membelinya di apotek setempat.

    Cara Menghilangkan Bintik Merah Dan Gatal Di Wajah

    Cara Menghilangkan Bintik Merah Dan Gatal Di Wajah

    Penyebab munculnya bintik merah pada wajah yang menyebabkan wajah gatal dan bentol dapat berupa iritasi kulit, biang keringat, gejala kanker atau tumor kulit, alergi terhadap obat, jerawat, ataupun karena penyakit kulit lainnya. Untuk menghilangkannya Anda dapat menerapkan tips-tips berikut.

    1. Menggunakan Krim Anti Gatal

    Krim calamine merupakan krim anti gatal yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan menghilangkan bintik merah pada wajah. Menggunakan krim dengan fungsi menenangkan kulit wajah yang gatal untuk mencegah Anda untuk menggaruk kulit wajah Anda.

    2. Menggunakan Obat Steroid

    Obat steroid dapat meringankan timbulnya rasa gatal dan mengurangi munculnya peradangan disebabkan oleh bintik merah yang muncul pada wajah. Namun sebelum Anda menggunakan obat ini, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa diberi resep yang sesuai sebab obat ini tidak dijual secara bebas di apotek.

    3. Berkonsultasi Dengan Dokter

    Selain menggunakan krim calamine dan obat steroid, langkah tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan konsultasi kepada dokter. Apalagi jika Anda menggunakan obat tanpa memakai resep dokter ataupun memakai pengobatan tradisional namun kondisi kulit serta bintik-bintik merah pada wajah Anda tak kunjung membaik.

    Khususnya saat gejala selain bintik merah pada wajah Anda muncul bersamaan dengan demam tinggi, nyeri sendi, warna kulit berubah, menggigil, kulit melepuh dan gejala lain yang tidak biasa. Segeralah berkonsultasi kepada dokter jika gejala pada kulit wajah Anda tak kunjung membaik.

    Cara Menghilangkan Gatal Di Wajah Akibat Kosmetik

    Cara Menghilangkan Gatal Di Wajah Akibat Kosmetik

    Alergi karena pengaruh kosmetik seringkali dialami dan dikeluhkan oleh wanita hal ini karena alergi kosmetik bisa menyebabkan wajah gatal dan bentol. Beberapa gejala yang muncul dapat berupa ruam, rasa gatal atau terbakar, bintik-bintik merah kecil, bibir bengkak dan lain sebagainya. Adapun mengatasi masalah pada kulit dapat dilakukan dengan tindakan berikut.

    1. Berhenti Memakai Produk Kosmetik Tersebut

    Cara cepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghentikan pemakaian kosmetik. Terus memakai kosmetik yang tidak cocok untuk kulit wajah Anda hanya akan memperparah kondisi kulit. Sehingga dianjurkan agar segera menghentikan pemakaian kosmetik tersebut.

    2. Meminum Obat Kortikosteroid Atau Antihistamin

    Obat kortikosteroid dan antihistamin dikenal ampuh untuk menghilangkan masalah pada wajah. Kortikosteroid mampu meringankan gejala peradangan dan rasa gatal pada kulit. Sedangkan antihistamin bisa meringankan gejala alergi seperti hidung dan mata berair dan kesulitan bernapas.

    Itulah tadi beberapa informasi mengenai cara mengatasi wajah gatal dan bentol pada wajah. Semoga artikel ini bisa menjawab masalah kulit Anda.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Cara Ampuh Atasi Wajah Gatal Dan Bentol"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel