Aplikasi Belajar Praktis dengan Google Classroom

Daftar Isi [Tutup]

    Aplikasi Belajar Praktis dengan Google Classroom. Belajar adalah suatu usaha di mana seseorang memiliki kesadaran diri mengenai kemampuan dan potensi yang dimiliki guna meningkatkan dan menjadikan lebih baik dari sebelumnya. Belajar memang hal penting yang tidak memandang usia dalam menuntut ilmu, sekaligus memberikan wawasan baik sikap ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap spiritual.

    Belajar juga memberikan peranan dalam menentukan masa depan yang cerah dan sesuai dengan harapan, maka dari itu perkembangan yang didukung juga kian memudahkan pelajar dalam belajar dengan luas. Terbukti dengan adanya berbagai macam media belajar yang kian beragam bentuknya dan caranya.

    Salah satunya dengan menggunakan media belajar aplikasi google classroom. Bila Anda seorang pelajar, maka tidak akan asing lagi bila mendengar nama aplikasi tersebut, karena aplikasi tersebut adalah salah satu rekomendasi yang tepat sebagai alternatif penunjang pembelajaran yang dapat membantu cara belajar siswa yang lebih praktis, dan menguntungkan.

    Salah satu aplikasi edukasi yang mendukung adanya pembelajaran ini dapat dikatakan sebagai aplikasi terbaik yang biasanya digunakan dalam proses pembelajaran secara daring ataupun secara online. dengan adanya aplikasi tersebut, maka cara untuk menuntut ilmu dapat dikatakan sangat berpengaruh dalam perkembangan pendidikan.

    Akan tetapi bila Anda sebagai pelajar yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi tersebut maka tidak akan masalah. Namun lain lagi bagi pelajar yang masih pemula dalam menggunakan aplikasi tersebut atau dapat dikatakan belum mengerti cara kerja aplikasi tersebut. Maka dari itu diperlukan cara menggunakan google classroom yang baik dan benar.

    Cara Kerja Aplikasi dari Google Classroom

    Pastikan Sudah Mendaftar Akun Gmail

    Cara Kerja Aplikasi dari Google Classroom - Pastikan Sudah Mendaftar Akun Gmail

    Bagi Anda yang masih berstatus pelajar, maka langkah pertama dalam menggunakan aplikasi tersebut adalah pastikan Anda telah memiliki akun gmail yang sudah terdaftar. Bila Anda belum memilikinya, Anda dapat mendaftar akun gmail terlebih dahulu. Tujuan utama dari adanya akun gmail guna sebagai identitas sekaligus memberikan pemberitahuan lebih lanjut.

    Bila Anda telah terdaftar dalam akun gmail, maka Anda dapat melakukan langkah google classroom login. Yaitu sebuah cara untuk masuk ke dalam aplikasi tersebut dengan cara mencantumkan akun gmail yang telah Anda buat. Ketika Anda mendaftar, hal yang perlu diperhatikan adalah mengisi setiap ketentuan gmail dengan benar, agar data yang diterima juga benar dan tidak terjadi kesalahan.

    Cara Masuk ke dalam Kelas

    Cara Kerja Aplikasi dari Google Classroom - Cara Masuk ke dalam Kelas

    Sebagai pelajar, maka langkah selanjutnya sudah pasti Anda akan diberikan sebuah kode untuk masuk kedalam kelas yang telah ditentukan, pastikan Anda menerima kode dari guru mapel dengan benar. Dari tampilan awal, maka Anda akan diberikan 2 pilihan, yaitu “buat kelas” dan pilihan “gabung kelas”.

    Untuk pilihan “buat kelas” biasanya adalah guru yang memilih, gunanya adalah membuat kelas online dengan memberikan kode kepada setiap muridnya. Kemudian pilihan yang harus Anda pilih adalah “gabung kelas”. Yaitu dengan cara memasukan kode yang diberikan guru untuk login ke dalam aplikasi tersebut baik melalui ponsel ataupun google classroom web.

    Cara mengetahui Fitur Pilihan dari Aplikasi tersebut

    Bila Anda sudah masuk kedalam kelas, setiap tugas ataupun materi yang dikirim pastikan mendapatkan sebuah notifikasi pemberitahuan dari google classroom itu sendiri melalui akun gmail yang sudah Anda pasang. Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan bila terdapat tugas yang dikirim oleh guru dengan melihat tampilan awal kelas.

    Jika Anda sudah bergabung dengan kelas-kelas tersebut, maka Anda dapat mengetahui cara kerja dari aplikasi google classroom dengan memilih salah satu kelas yang terdapat tugas ataupun materi yang diberikan dengan 1x klik saja. Pastikan koneksi dan jaringan yang Anda miliki lancar dan terhubung.

    Bila Anda sudah memilih, selanjutnya Anda akan diberikan 3 pilihan utama dari kelas itu sendiri. Pilihan “forum” yaitu mengenai pertemuan dan pemberitahuan tugas atau materi yang diberikan secara umum. Pilihan kedua “tugas kelas” yaitu mengenai tugas atau materi yang lebih mendetail. Dan pilihan terakhir “anggota” yang bertujuan untuk mengetahui siapa saja yang tergabung ke dalam kelas.

    Cara Penerimaan Tugas, Materi atau Presensi

    Untuk mengetahui adanya pemberitahuan dari aplikasi google classroom, maka Anda dapat memilih pilihan “tugas kelas” untuk mengetahui lebih dalam mengenai tugas yang lebih mendetail seperti penunjuk, waktu penerimaan, dan tenggat tugas yang diberikan. Begitu juga pemberitahuan mengenai materi dan presensi kehadiran yang lebih mudah untuk Anda pahami.

    Bila Anda sudah menerima tugas tersebut, pastikan untuk memperhatikan tenggat waktu yang diberikan, agar proses pengumpulan juga tidak akan terlambat. Begitu juga dengan presensi, setiap kehadiran tentunya akan memiliki 3 pilihan yang wajib untuk Anda pilih dan wajib untuk Anda isi dengan sejujur mungkin.

    Cara Pengiriman Tugas dan Presensi

    Untuk cara pengiriman tugas dari aplikasi google classroom, Anda dapat memilih pilihan “tugas kelas” sesuai dengan tugas yang akan Anda kirim. Bila langkah tersebut sudah Anda lakukan, maka secara otomatis Anda akan dibawa menuju tampilan tugas yang lebih mendetail. Usaplah layar keatas dengan perlahan.

    Maka secara otomatis Anda akan diberikan pilihan “tambahkan lampiran’. Klik pilihan tersebut. Secara otomatis, Anda akan diberikan pilihan pengiriman berupa, drive, link, file dan berbagai macam bentuknya. Anda dapat memilih sesuai dengan tugas apa yang Anda kirim. Lalu kirim tugas tersebut.

    Kemudian akan ada satu pilihan “kirim” ketuklah pilihan tersebut dan secara otomatis tugas yang Anda kirim melalui pilihan “diserahkan’. Begitu juga dengan cara absen kehadiran dari aplikasi google classroom yang akan memiliki 3 pilihan, yaitu hadir, sakit dan izin. Pilihlah sesuai dengan kondisi Anda dan kirimkan, maka tugas dan kehadiran yang Anda kirimkan dapat terselesaikan dengan mudah dan praktis.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Belajar Praktis dengan Google Classroom"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel