Ingin Melakukan Perubahan Pada Motor Anda? Perhatikan Dulu Modifikasi Beat Karbu Trail Berikut Ini

Daftar Isi [Tutup]

    Ingin Melakukan Perubahan Pada Motor Anda? Perhatikan Dulu Modifikasi Beat Karbu Trail Berikut Ini - Perkembangan dunia otomotif dengan beragam teknologinya, semakin hari semakin berkembang. Salah satunya adalah adanya motor matic yang memudahkan Anda melakukan transmisi secara otomatis.

    Motor matic merupakan motor yang mudah dimodifikasi. Salah satu merek motor yang sering dimodifikasi adalah Honda Beat Karbu. Motor beat karbu adalah motor yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2008 dan langsung mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia karena bodinya yang ramping.

    Beragam cara modifikasi dapat dilakukan, salah satunya adalah modifikasi beat karbu trail. Modifikasi ini maksudnya adalah motor honda beat karbu yang di modif menjadi motor trail. Adapun motor trail itu sendiri adalah motor allroad atau motor yang dapat digunakan di jalan raya dan juga sebagai motor off road.

    Motor trail sama seperti motor-motor pada umumnya dan bisa dipakai sehari-hari. Motor trail juga masih legal untuk digunakan di jalan umum, namun motor ini juga bisa dipakai untuk acara touring atau untuk melintasi jalanan yang terjal seperti hutan atau lintasan lainnya

    Jadi bisa disimpulkan bahwa modifikasi beat karbu trail adalah modifikasi atau perubahan yang dilakukan pada motor Honda Beat Karbu menjadi motor trail. Apa saja yang biasa dimodifikasi? Berikut penjelasannya.

    Modifikasi Pabrikan

    Modifikasi Beat Karbu Trail

    Modifikasi juga bisa dilakukan oleh Honda sebagai usaha peningkatan penjualan bisnis motor yang mereka lakukan. Seperti modifikasi pada Honda Beat Karbu, pabrikannya melakukan modifikasi dengan menurunkan rasio kompresi dari 10,7 : 1 ke 9,2 : 1, artinya Honda Beat dapat melakukan pengisian BBM tanpa harus menurunkan power motornya.

    Modifikasi Secara Mandiri

    Namun, tidak menutup kemungkinan modifikasi beat karbu trail bisa dilakukan secara mandiri. Dengan cara mengubah beberapa komponen sesuai keinginan dan budget yang Anda miliki.

    Biasanya untuk cara manual ini, jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka bengkel motor modifikasi siap untuk membantu. Tentunya dengan syarat tetap mempertahankan part orisinil yang ada di bagian motor. Hal ini karena merek motor Honda masih punya nilai jual yang tinggi, apabila motor terawat dan kondisi mesin tetap prima.

    Tahapan yang Harus Dilakukan

    Modifikasi Beat Karbu Trail

    Setidaknya ada sekitar 7 tahapan modifikasi beat karbu trail yang harus Anda lakukan. Apa saja 7 tahapan tersebut, berikut urutannya. Pertama, tampilan badan motor atau body. Biasanya perubahan yang dilakukan pada tampilan badan motor adalah mengganti cover cat atau memberi beberapa penambahan sticker.

    Kedua, membuat jok motor menjadi lebih miring dari sebelumnya dengan cara membuatnya lebih condong ke depan. Biasanya hal ini dibuat agar motor terlihat semakin sporty. Ketiga, mengganti ban, jika Anda ingin mengubah motor beat karbu menjadi trail, maka bannya harus mengikuti ciri khas motor trail.

    Ciri khas dari ban motor trail adalah bentuk ban tahu atau ban dengan bentuk kembangan dan kotak-kotak besar. Ban model tersebut dapat mencengkram lebih kuat dibanding ban standar. Untuk ukurannya, ban depan 80/100, sedangkan ban belakang 90/100. Itulah langkah ketiga modifikasi beat karbu trail yang harus Anda ubah.

    Tahapan keempat, mengganti Velg Honda Beat dengan Velg Jari. Dengan menggunakan velg jari, maka kesan trail akan lebih kuat terasa pada motor Anda. Kelima, Shock Breaker, pada Honda Beat Karbu biasanya shock breaker berukuran lebih kecil. Untuk itu, jika Anda ingin mengubahnya menjadi motor trail, maka Anda bisa menggantinya dengan yang lebih besar.

    Hal ini untuk mendapat kesan lebih tegas dan lebih trail serta memiliki manfaat suspensinya menjadi lebih baik. Untuk mereknya, Anda bisa menggunakan Shock Breaker showa tabung. Tahap keenam dalam modifikasi beat karbu trail adalah mengganti knalpot. Knalpot yang dipakai adalah knalpot aftermarket, knalpot ini punya kesan gagah dan kuat.

    Selain itu, knalpot ini juga dapat memperbaiki sistem pernapasan motor Anda. modifikasi tahap terakhir adalah dengan memasang spakbor yang panjang. Spakbor ini akan membuat kesan motor Anda lebih kuat.

    Siapkan Dana

    Semua tahapan modifikasi beat karbu trail tersebut pasti membutuhkan biaya atau dana yang tidak sedikit. Baik jika hal itu Anda lakukan sendiri atau lewat bengkel modifikasi kesayangan Anda.

    Jika dana yang Anda miliki masih sedikit, maka jangan melakukan tahapan modifikasi sekaligus, namun lakukan sesuai kondisi keuangan Anda saja. Atau jika Anda takut hasilnya akan terlihat aneh jika tidak sekaligus diubah, maka Anda harus bersabar dan menabunglah untuk meraih tujuan Anda tersebut.

    Desain Motor dengan Gaya

    Modifikasi Beat Karbu Trail

    Modifikasi beat karbu trail juga merupakan cara untuk mengubah desain motor Anda menjadi lebih berkarakter, berbeda dari yang lain serta lebih trendi. Ada banyak pilihan gaya yang bisa Anda ubah sesuai selera Anda. Di antara modifikasi gaya custom yang tren di masyarakat saat ini adalah gaya japstyle, gaya ceper, gaya racing, dan lain-lain.

    Modifikasi Mesin Motor agar Lebih Cepat

    Ini juga merupakan modifikasi bentuk lain, dengan melakukan modifikasi terhadap mesin motor, motor Anda akan tetap cocok diajak jalan-jalan. Bahkan kali ini mesin menjadi lebih cepat, walau tidak sampai melakukan perubahan total terhadap mesin motor.

    Demikian modifikasi beat karbu trail yang bisa Anda lakukan. Satu hal yang pasti, jika Anda tetap ingin motor beat karbu tetap bisa terjual dengan harga tinggi, walau sudah Anda lakukan modifikasi di beberapa bagian, jangan pernah merombaknya secara total, apalagi sampai menghilangkan kesan maticnya. Selamat Mencoba.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Ingin Melakukan Perubahan Pada Motor Anda? Perhatikan Dulu Modifikasi Beat Karbu Trail Berikut Ini"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel