Jenis-Jenis Teknologi Medis Paling Menguntungkan di Dunia Kesehatan - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Jenis-Jenis Teknologi Medis Paling Menguntungkan di Dunia Kesehatan

6 Jenis Teknologi Medis Untuk Dunia Kesehatan, Smart Inhalers, Telehealth, Precision Medicine, Plester Anti Diabetes, Aspirin Elektrik, Scanner Kanker
Jenis-jenis teknologi medis paling menguntungkan di dunia kesehatan! Perkembangan teknologi semakin meningkat dari waktu ke waktu, termasuk dalam dunia kesehatan. Ada banyak sekali peralatan medis yang semakin canggih, sehingga memudahkan dalam kegiatan melayani pasien yang ada di rumah sakit. Beberapa jenis teknologi medis itu bisa Anda ketahui seperti di bawah ini.

6 Jenis Teknologi Medis Untuk Dunia Kesehatan

Smart Inhalers

Smart Inhalers Teknologi Medis Paling Menguntungkan di Dunia Kesehatan

Bagi para penderita asma, inhaler merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki dan dibawa kemana pun penderitanya pergi. Ketika asmanya kambuh, inhaler bisa menenangkan dan membuat penderita mengontrol asma yang sedang dirasakannya. Menurut informasi, terapi inhaler yang dilakukan dengan benar bisa mengurangi asma secara efektif kepada lebih dari 905 pasien.

Namun, jika penggunaan inhaler tidak dilakukan dengan rutin atau penggunaan yang benar, maka penderita tidak akan merasakan efeknya sedikit pun. Melihat hal tersebut, akhirnya para ilmuan yang ahli di bidang kesehatan membuat gebrakan baru dengan menghadirkan sebuah teknologi medis bernama smart inhaler.

Smart inhaler merupakan sebuah alat kecil yang bisa ditempelkan kepada inhaler pasien, kemudian secara otomatis akan terhubung melalui bluetooth ponsel. Alat ini bisa memberitahukan pasien asma terkait waktu penggunaan inhaler secara baik dan benar. Sehingga, mereka bisa mengetahui inhaler yang digunakan sudah rutin dengan benar atau tidak.

Telehealth

Telehealth Teknologi Medis Paling Menguntungkan di Dunia Kesehatan

Telehealth merupakan salah satu teknologi medis yang memberikan pelayanan atau konsultasi kepada pasien secara digital atau online. Dalam hal ini, ada sebuah aplikasi yang digunakan untuk berkonsultasi dimana pasien bisa mengirimkan pesan kepada dokter terkait keluhan maupun penyakit yang sedang kurasakan.

Walaupun begitu, bagi seseorang yang menderita penyakit kronis tetap harus berkonsultasi di rumah sakit secara langsung. Hal ini dikarenakan sebagian pasien membutuhkan perawatan khusus dan tidak cukup mendapatkan resep obat dari apotek. Meskipun begitu, telehealth tetap memiliki peranan penting karena memudahkan setiap orang yang ingin berkonsultasi kepada dokter dengan mudah hanya melalui online saja.

Precision Medicine

Precision Medicine Teknologi Medis Paling Menguntungkan di Dunia Kesehatan

Precision medicine merupakan teknologi medis yang memberikan layanan pengobatan individu kepada pasien berdasarkan genetika yang dimiliki. Pengobatan ini menjadi salah satu alternatif paling efektif untuk terapi pada sel-sel target seperti, penyakit kanker. Dengan kata lain, terapi yang dilakukan akan berfokus kepada sel yang sudah terkena kanker dan tidak akan mengganggu sel yang masih sehat.

Selain pada kanker, precision medicine bisa juga digunakan untuk pengobatan Rheumatoid Arthritis atau RA. Metode yang digunakan masih sama yaitu, berfokus kepada sel maupun gen yang sudah terserang penyakit. Dalam hal ini, gen tersebut akan dilemahkan untuk bisa mengurangi gejala, rasa nyeri serta kerusakan sendi yang dirasakan.

Plester Anti Diabetes

Plester Anti Diabetes Teknologi Medis Paling Menguntungkan di Dunia Kesehatan

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang jika tidak mendapatkan penanganan khusus akan membuat penderita dengan kematian. Sudah banyak penderita diabetes yang meninggal dikarenakan tidak mendapatkan pelayanan atau pengobatan secara benar. Untuk mengurangi hal tersebut, muncullah sebuah terobosan baru dengan mengundang teknologi medis bernama plester anti diabetes.

Plester anti diabetes bisa digunakan untuk mengobati luka penderita yang tidak sengaja terluka. Plester ini bisa didapatkan di beberapa rumah sakit yang sudah menyediakan untuk bisa penderita gunakan di rumah. Untuk jaga-jaga, pastikan plester itu selalu dibawa kemanapun Anda pergi agar terhindar dari berbagai hal berbahaya.

Aspirin Elektrik

Aspirin Elektrik Teknologi Medis Paling Menguntungkan di Dunia Kesehatan

Sakit kepala merupakan sebuah penyakit ringan yang hampir seluruh orang di dunia sudah pernah merasakannya. Meskipun bukan termasuk ke dalam penyakit kronis, tetapi sakit kepala berat tidak bisa tertahankan hingga diperlukan pengobatan agar bisa meredakan perasaan sakit tersebut. Saat ini, teknologi medis sudah menemukan sebuah alat yang memiliki fungsi sama seperti obat aspirin atau sakit kepala, yaitu aspirin elektrik.

Aspirin elektrik memiliki ukuran kecil yang memiliki daya listrik di dalamnya untuk bisa meredakan sakit kepala Anda. Proses penyembuhan menggunakan alat ini akan lebih cepat daripada Anda meminum obat sakit kepala. Oleh karena itu, alat ini sangat berguna untuk orang yang sedang mengalami sakit kepala atau migrain agar bisa menyembuhkan perasaan sakit secara cepat.

Scanner Kanker Kulit Menggunakan Gelombang Elektrik

Scanner Kanker Kulit Menggunakan Gelombang Elektrik

Seperti yang sudah diketahui, kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa penderita itu sendiri. Ada banyak jenis kanker yang sudah diketahui oleh pakar kesehatan, salah satunya adalah kanker kulit. Jika tidak ditangani dengan baik, kanker kulit bisa berakibat fatal dan akan membawa penderitanya kepada bahaya. Oleh karena itu, kini muncullah sebuah teknologi medis paling cocok untuk mendeteksi adanya kanker kulit di dalam tubuh manusia, yaitu scanner kulit yang menggunakan gelombang elektrik sangat panjang.

Scanner kulit ini berfungsi untuk mendeteksi apakah penyakit kanker kulit yang ada di kulit Anda berbahaya atau tidak. Alat ini menggunakan gelombang elektrik sehingga memungkinkan untuk mendapatkan data akurat dari hasil scanner yang sudah dilakukan. Setelah mendapatkan hasil data, dokter akan mencocokkan data dari scanner dengan data yang sudah didapatkan sebelumnya agar bisa menemukan hasil akhir dari pemeriksaan tersebut.

Itulah enam jenis teknologi medis yang bisa Anda ketahui dan dipahami untuk menambah ilmu pengetahuan yang Anda miliki. Sebagian besar teknologi di atas sudah ada di berbagai rumah sakit besar Indonesia dan sangat berguna dalam penyembuhan penyakit pasien yang ada di rumah sakit itu sendiri.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar