Mengenal Nama-nama Bagian Motor Beat

Daftar Isi [Tutup]

    Mengenal Nama-nama Bagian Motor Beat. Motor beat memang mempunyai komponen yang sangat berbeda dengan sebuah motor manual. Semua komponen yang biasa terdapat di sebuah motor beat itu sendiri telah dinilai sangat rumit serta juga membutuhkan cukup banyak perhatian supaya tidak mudah rusak. Karena itulah perawatan-nya juga harus bisa dilakukan secara berkala.

    Mesin motor beat itu memang sedikit berbeda dengan sebuah motor manual karena untuk mesin motor beat ini tidak memiliki gigi transmisi. Motor beat ini memakai dua buah pulley yang terdapat di bagian depan serta juga belakang sebagai sebuah gantinya. Fungsinya yaitu untuk bisa menghubungkan 2 buah pulley yang terdapat pada sabuk ataupun yang memang disebut dengan V Belt.

    Berikut ini ada beberapa bagian dari motor beat yang bisa Anda ketahui :

    1. Centrifugal Clutch

    Centrifugal Clutch Mengenal Nama-nama Bagian Motor Beat

    Centrifugal Clutch atau yang familiar disebut kampas kopling yang biasa terdapat di motor beat berbeda karena biasanya memakai jenis kopling yang sentrifugal. Kampas ini mempunyai bentuk seperti halnya sepatu rem tromol.

    Fungsi dari sebuah kampas kopling sentrifugal yaitu untuk bisa meneruskan putaran yang biasa berasal di poros sekunder ke sebuah roda. Jadi sebuah putaran poros sekunder telah terjadi di middle RPM.

    Dinamakan sebuah kampas kopling sentrifugal ini karena untuk kampas tersebut bekerja di saat poros sekunder telah berputar. Maka nanti secara otomatis untuk kampas kopling ini akan mulai berputar serta juga putaran dari kampas kopling ini bisa menghasilkan sebuah gaya sentrifugal.

    2. Fixed Primary Sheave

    Fixed Primary Sheave Mengenal Nama-nama Bagian Motor Beat

    Pada sistem ini sebenarnya terdapat 2 buah bagian utama yang disebut dengan fixed primer serta juga sliding primer. Untuk fixed primary sheave ini merupakan sebuah sisi yang biasa terhubung secara tetap ataupun juga fixed yang terdapat di poros pulley primer. Pada bagian itu sendiri mempunyai sebuah fungsi yang diketahui sangat penting yaitu sebagai sebuah tempat V belt yang melilit pulley.

    3. Roller

    Roller Mengenal Nama-nama Bagian Motor Beat

    Nama-nama bagian motor beat yang lainnya yaitu Roller. Bagian ini juga biasa disebut dengan sebuah pemberat, bagian tersebut mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai sebuah pengatur dari pergerakan sebuah sliding primary sheave. Cara kerja pada bagian ini telah menggunakan sebuah prinsip gaya sentrifugal.

    Gaya sentrifugal ini sendiri merupakan sebuah gaya yang biasa keluar dari suatu getaran rotasi dengan sebuah arah yang telah menjauhi poros putaran. Akan tetapi untuk alur roller tersebut biasanya akan dibuat lebih condong ke arah depan.

    Hal tersebut membuat pergerakan sebuah roller memang tidak sepenuhnya akan menjauhi poros putaran. Akan tetapi untuk membuat gerakannya telah dibelokkan menuju ke arah depan. Pergerakan tersebut yang nantinya akan mendorong sebuah sliding primary sheave.

    4. Sliding Primary Sheave

    Sliding Primary Sheave Mengenal Nama-nama Bagian Motor Beat

    Ini merupakan sebuah bagian dengan mana sisinya saling terhubung tapi secara tidak tetap yang terdapat pada poros sebuah pulley primer. Hal tersebut dikarenakan pada bagian tersebut tidak tetap sehingga bisa digeser menuju ke kiri atau ke kanan.

    Sliding primary sheave tersebut juga mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu untuk bisa memperkecil ataupun pun memperbesar sebuah diameter yang terdapat di pulley primer. Ketika sliding primary tersebut bergerak mendekati sebuah fixed primary sheave maka untuk jaraknya akan terlihat menjadi semakin dekat.

    Untuk Sliding primary sheave tersebut memiliki sebuah bentuk yang sangat tipis sehingga ketika saat kedua dari shave ini mulai bergerak mendekat maka nanti akan membuat sebuah lilitan v belt tersebut menjadi terdorong serta nanti akan menjadi lebih lebar.

    5. Primary Shaft

    Primary Shaft Mengenal Nama-nama Bagian Motor Beat

    Nama-nama bagian motor beat yang lainnya yaitu Primary shaft. Bagian ini mempunyai sebuah nama lain yaitu sebuah poros primer dan mempunyai sebuah fungsi sebagai suatu penghubung untuk putaran crankshaft. Poros tersebut juga terhubung dengan secara langsung menuju ke crankshaft sebuah mesin secara tetap, oleh karena itu untuk bagian ini kemudian diberi nama primary shaft.

    6. Secondary Fixed Sheave

    Secondary Fixed Sheave Mengenal Nama-nama Bagian Motor Beat

    Untuk bagian yang berikutnya yaitu secondary fixed sheave ataupun yang disebut juga pulley sekunder. Bagian ini mempunyai dua sisi yaitu sebuah sliding sheave serta juga fixed sheave. Bagian tersebut merupakan sebuah sisi sheave yang telah terhubung secara tetap bersama poros sekunder.

    7. Secondary Sliding Sheave

    Secondary Sliding sheave Mengenal Nama-nama Bagian Motor Beat

    Untuk bagian ini memiliki fungsi yang cukup sama dengan sebuah secondary fixed sheave. Fungsinya sebagai sebuah pengatur akan besar kecilnya sebuah diameter yang biasa terdapat di pulley sekunder. Bentuk dari secondary sliding sheave tersebut yaitu tirus, bentuk tersebut dimaksudkan supaya pergerakan dari sebuah secondary sliding sheave tersebut bisa sangat mempengaruhi akan lebar lilitan pada sebuah V belt.

    8. Secondary Sheave Spring

    Secondary Sheave Spring Mengenal Nama-nama Bagian Motor Beat

    Untuk bagian ini merupakan sebuah roller yang biasanya bertugas di sebuah pulley primer untuk bisa mengatur akan pergerakan dari primary sliding sheave. Akan tetapi sebuah pulley sekunder tersebut biasanya hanya akan menggunakan salah satu dari pegas spiral untuk bisa mengatur sebuah pergerakan dari secondary sliding sheave.

    Untuk sebuah posisi yang normal dari pegas tersebut akan bisa menjaga dari sliding sheave supaya tetap rapat. Sehingga hal ini akan membuat dari diameternya menjadi terlihat membesar sedangkan ketika saat pulley primer tersebut berputar. Maka untuk roller ini tidak akan hanya bisa mengatur sebuah pergerakan primer dari sebuah sliding sheave.

    Inilah beberapa nama-nama bagian motor beat yang bisa Anda ketahui. Dengan mengetahui berbagai nama bagian tersebut maka Anda juga bisa mengetahui dengan baik semua fungsi yang ada. Dengan itu pula, Anda juga bisa lebih tepat mengetahui berbagai kerusakan yang akan terjadi jika Anda mulai mengetahui bagian-bagian tersebut.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Mengenal Nama-nama Bagian Motor Beat"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel