Cara Membersihkan Blok Mesin Penuh Oli dengan Bahan Sederhana

Daftar Isi [Tutup]

    Cara Membersihkan Blok Mesin Penuh Oli dengan Bahan Sederhana

    Cara Membersihkan Blok Mesin Penuh Oli dengan Bahan Sederhana - Salah satu komponen penting dalam motor adalah blok silinder. Tidak seperti namanya, blok silinder justru berbahan kotak yang dilengkapi dengan lekukan-lekukan. Blok mesin pada motor terdiri dari beberapa komponen dengan fungsi yang berbeda-beda. Masing-masing komponen dan fungsinya saling berkaitan untuk melancarkan cara kerja mesin motor hingga akhirnya motor tersebut dapat dijalankan.

    Fungsi blok mesin yang utama adalah mainframe engine yang berarti tempat untuk melekatkan beberapa komponen penting dari mesin. Salah satu komponen tersebut adalah filter oil atau penyaring oli. Karena itulah, blok mesin sering dipenuhi dengan oli yang bisa membuat kinerjanya terganggu. Maka dari itu, Anda perlu melakukan proses pembersihan pada bagian blok mesin motor yang penuh oli. Beberapa langkah ini bisa Anda lakukan dengan mengandalkan bahan-bahan sederhana.

    Persiapkan Alat dan Bahan

    Membersihkan blok mesin penuh oli sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan yang tersedia. Bahan-bahan tersebut juga mudah dicari kalau di rumah tidak tersedia. Alat dan bahan yang perlu Anda siapkan adalah alat dan bahan yang biasanya digunakan untuk mencuci, seperti sabun atau deterjen. Sedangkan alatnya meliputi sikat dan wadah bersih. Untuk proses pengeringan, siapkan juga lap microfiber dan kanebo.

    Campurkan Deterjen dengan Air

    Setelah semua bahan dan alat siap, lanjutkan dengan membuat campuran sabun. Pada sebuah wadah bersih, tuangkan deterjen secukupnya. Tambahkan sedikit pasta gigi dalam wadah tersebut. Pasta gigi berfungsi untuk memaksimalkan fungsi deterjen dalam membersihkan. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil deterjen dan pasta gigi diaduk sampai tercampur. Pengadukan harus terus dilakukan sampai campuran itu menghasilkan busa. Pastikan airnya sesuai dengan deterjen dan pasta gigi yang dicampurkan.

    Bersihkan Oli

    Anda harus terlebih dahulu membersihkan oli yang memenuhi blok mesin. Membersihkan blok mesin penuh oli bisa Anda mulai dengan memanfaatkan bahan yang bisa menyerap oli. Jika oli yang ada di dalam blok mesin tidak dibersihkan terlebih dahulu, campuran sabun tidak akan bisa membersihkan secara sempurna. Apabila oli yang terdapat pada blok mesin hanya berupa kerak, Anda bisa melewati langkah ini dan langsung bisa menggunakan campuran sabun.

    Gosok dengan Sikat

    Pada blok mesin, gunakan campuran deterjen dan pasta gigi yang telah dibuat. Gosok bagian blok mesin dengan sikat. Karena blok mesin terdiri dari beberapa bagian yang sempit, gunakan sikat gigi untuk menjangkaunya. Untuk bagian dengan kerak yang lebih tebal, gosok dengan lebih keras sampai kerak terkelupas. Anda bisa menambahkan deterjen dan pasta gigi apabila diperlukan untuk bagian yang susah dibersihkan.

    Gunakan Bensin atau Solar

    Apabila membersihkan blok mesin penuh oli dengan deterjen dan pasta gigi tidak menunjukkan hasil, Anda bisa menggunakan bahan lain. Bahan lain yang dimaksud masih tergolong bahan yang mudah ditemukan, yaitu bensin atau solar. Cairan bahan bakar tersebut bisa digunakan dengan mencampurkannya pada deterjen dan pasta gigi. Kemudian gunakan untuk membersihkan blok mesin seperti cara sebelumnya.

    Bersihkan dengan Air

    Untuk membersihkan sisa busa pada blok mesin, gunakan air bersih untuk membilasnya. Sebisa mungkin, air bersih tersebut harus mengalir. Tujuannya supaya kerak dan kotoran bekas oli bisa luruh bersama air yang mengalir. Hindari menggunakan air bersuhu tinggi karena bisa merusak bagian blok mesin. Pastikan membersihkan dengan benar supaya tidak ada bekas deterjen yang tertinggal.

    Keringkan dengan Lap

    Setelah semua langkah di atas dilakukan, keringkan blok mesin menggunakan kanebo yang bisa menyerap sisa air. Lap semua bagian tanpa terkecuali untuk menghindari sisa air tertinggal dan terselip di bagian blok mesin. Meskipun kanebo memiliki permukaan yang halus, lap blok mesin dengan hati-hati. Bagian tersebut merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah motor, maka memperlakukannya harus dengan ketelitian.

    Tidak hanya sederhana dan mudah didapat, alat dan bahan untuk membersihkan blok mesin penuh oli juga murah. Jadi Anda tidak perlu bingung jika menemukan blok mesin penuh oli serta tidak perlu juga bingung untuk membersihkannya. Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, Anda bisa mendapatkan kembali blok mesin bersih.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membersihkan Blok Mesin Penuh Oli dengan Bahan Sederhana"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel