Cara Merawat Lampu LED Motor Beat

Cara Merawat Lampu LED Motor Beat - Kini, kebanyakan motor telah menggunakan lampu LED agar tampilannya lebih modern dan stylish, termasuk motor beat keluaran terbaru. Dibandingkan dengan bohlam konvensional, cahaya lampu LED juga lebih terang. Selain itu, jenis lampu ini juga ramah lingkungan dan tahan panas.

Lampu LED juga mempunyai keunggulan lainnya, yaitu hemat energi dengan watt yang lebih rendah. Namun, Anda perlu mempertimbangkan kualitas dan merek lampu LED saat membelinya agar lampu motor LED Anda lebih tahan lama.

Manfaat Lampu LED untuk Motor

Cara Merawat Lampu LED Motor Beat

Apabila Anda ingin cahaya dari lampu Beat Anda lebih baik, maka tak ada salahnya mengganti lampu konvensional dengan lampu LED. Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari penggunaan lampu LED di motor Anda:

  1. Cahayanya lebih terang dan jangkauannya lebih jauh.
  2. Lebih awet karena mempunyai watt lebih kecil. Selain itu, lampu LED motor Beat juga tahan panas, headlamp tidak akan meleleh, dan lebih tahan lama.
  3. Lebih hemat karena Anda tidak perlu bolak-balik mengganti lampu. Aki motor Beat Anda juga tak akan gampang tekor.
  4. Pancaran cahaya dari headlamp motor akan lebih fokus dan tidak menyebar kemana-mana.

Meski banyak kelebihannya, tetapi tak sedikit juga yang mengatakan bahwa silau lampu tersebut mengganggu pengendara lain. Hal tersebut biasanya diakibatkan oleh pemasangan lampu pada headlamp kurang tepat. Atau pun, pengendara menggunakan lampu tak sesuai peraturan. Misalnya, terus membiarkan lampu jarak jauh menyala.

Perhatikan Kelistrikan Motor Beat Sebelum Membeli Lampu LED

Cara Merawat Lampu LED Motor Beat

Sebelum memasang lampu LED di motor beat Anda, sebaiknya periksa arus kelistrikan di motor tersebut. Sebab, lampu jenis LED memerlukan arus listrik yang stabil.

Apabila motor Beat Anda masih memakai kelistrikan dengan arus AC, kemungkinan besar lampu LED ini tidak efektif. Jika tak efektif, maka lampu LED motor Beat Anda akan sering berkedip, lalu mati.

Jika Anda nekat mengganti lampu LED tanpa mengikuti perubahan di bagian lain, maka hal tersebut bisa membuat Anda mengalami kerugian. Maka, sebelum menggantinya, Anda harus mengubah kelistrikan motor Beat dari arus AC ke DC.

Akan tetapi, apabila motor Beat Anda keluaran terbaru dengan mekanisme kelistrikannya memakai arus DC, maka Anda akan lebih gampang memasang lampu tersebut. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memperhatikan merek berkualitas agar lampu LED pada motor Anda lebih tahan lama.

Perhatikan Aturan Penggunaan Cahaya Lampu LED ketika Berkendara

Cara Merawat Lampu LED Motor Beat

Penting bagi Anda untuk mengetahui warna cahaya lampu LED pada motornya. Sebab, hal itu bisa mengakibatkan Anda ditilang polisi jika warna lampu LED motor Beat Anda tidak tepat. Dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 Pasal 23 PP Nomor 55 tahun 2012,  mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, menyebutkan beberapa aturan sistem lampu utama, seperti lampu utama dekat atau jauh, menggunakan lampu warna putih atau kuning muda.

Anda harus mencermati peraturan tersebut ketika ingin memodifikasi cahaya lampu motor untuk tampil keren. Agar lebih aman, pastikan Anda memilih lampu LED sesuai standar berdasarkan aturan yang ditetapkan dalam UU.

Pastikan Anda menggunakan lampu motor dengan tepat ketika berkendara. Sebab, cahaya putih pada lampu LED akan memantul, terlebih ketika Anda gunakan di tengah hujan. Cahaya silau dari lampu tersebut dapat membahayakan pengguna jalan lain.

Pilih yang Bersertifikat SNI

Cara Merawat Lampu LED Motor Beat

Di pasaran, beredar banyak jenis lampu LED yang ditawarkan dengan harga yang lebih murah. Namun, Anda harus teliti ketika membeli lampu LED motor Beat. Sebaiknya Anda tidak mudah tergiur dengan harga rendah yang nantinya akan membuat lampu motor Anda cepat rusak.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih lampu LED untuk motor yang memiliki sertifikat SNI, serta memiliki mutu dan kualitasnya yang terjamin. Dengan begitu, lampu LED motor Anda akan lebih terang, awet, dan nyaman ketika digunakan saat berkendara.

Cara merawat lampu LED motor Anda

Cara Merawat Lampu LED Motor Beat

Setelah Anda membeli lampu LED, maka perhatikan cara perawatannya agar lampu motor Anda lebih tahan lama. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat lampu motor, seperti:

  1. Bersihkan tempat lampu dan pastikan letak titik lampu sudah aman sebelum Anda memasangnya.
  2. Lakukan pengecekan secara berkala pada lampu LED motor Beat Anda beserta komponen-komponen yang ada pada lampu, seperti kabel, breket, dan lainnya.
  3. Rutin membersihkan bagian penampang agar terangnya cahaya lampu keluar dengan maksimal. Anda dapat membersihkan penampang sambil memanaskan motor.
  4. Jangan coba-coba mengutak-atik kelistrikan motor dengan lampu LED, misalnya mengganti saklar atau menambah kabel. Sebab, ketika arus listrik yang masuk berlebihan, bisa membuat lampu putus.

Demikianlah artikel mengenai lampu LED motor Beat, mulai dari manfaat hingga cara merawatnya. Jika Anda ingin memasang atau memodifikasi, lebih baik serahkan kepada mekanik atau seseorang yang sudah ahli, guna menghindari hal-hal yang dapat merugikan Anda sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Lampu LED Motor Beat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel