7 Cara Membersihkan Kap Mobil Bagian Dalam

Daftar Isi [Tutup]

    Cara Membersihkan Kap Mobil Bagian Dalam

    7 Cara Membersihkan Kap Mobil Bagian Dalam - Orang memiliki mobil dengan tujuan untuk bisa menggunakannya agar perjalanan lebih nyaman. Selain itu, mobil juga bernilai sebagai aset berharga dan ukuran kekayaan pemiliknya. Jadi mobil bukan hanya dipakai karena fungsinya, melainkan kini keseluruhan tampilannya juga menjadi perhatian utama. Untuk mewujudkannya, tak jarang harus menghabiskan banyak dana.

    Mobil bagus selalu identik dengan penampilannya yang menarik, fiturnya yang lengkap serta kebersihannya terjaga. Namun hal-hal itu tidak cukup untuk membuat sebuah mobil bisa berfungsi dengan baik. Mobil juga harus dijaga kebersihannya secara menyeluruh. Tidak hanya kebersihan bodinya saja, tapi juga kebersihan bagian dalamnya. Terlebih bagian kap mobil yang berisi mesin sebagai pusat penggerak mobil harus diperhatikan. Untuk membersihkan bagian dalam kap mobil, lakukan beberapa cara berikut ini.

    Pastikan Suhu Mesin

    Dalam cara membersihkan kap mobil bagian dalam, suhu mesin harus sangat diperhatikan. Mesin mobil harus dalam keadaan dingin. Suhu mesin yang dalam keadaan dingin tidak akan meninggalkan risiko apapun ketika bagian tersebut dibersihkan. Oleh karena itu, jangan segera membersihkan mobil setelah mobil tersebut dipakai. Diamkan mobil dalam waktu yang cukup lama agar semua bagiannya kembali dingin sebelum dimulai tahap pembersihan.

    Lindungi Bagian Penting

    Bagian dalam kap mobil tentu berisi komponen-komponen penting. Sebelum membersihkannya, perhatikan komponen di dalam kap mobil dan kenali fungsinya. Pasalnya sabun dan air yang nantinya digunakan untuk membersihkan bagian dalam kap mobil bisa saja berbahaya bagi komponen tertentu terutama yang berhubungan dengan kelistrikan. Maka dari itu, setelah mengenali setiap fungsi komponen di dalam kap mobil, Anda bisa menentukan mana yang perlu dilindungi. Gunakan plastik untuk memberikan perlindungan terhadap komponen penting.

    Siram dengan Air

    Jika bagian mesin mobil sudah dipastikan dalam keadaan dingin, cara membersihkan kap mobil bagian dalam selanjutnya bisa dimulai. Terlebih dahulu Anda bisa menyiramkan air ke bagian kap dalam namun hindari air yang bertekanan tinggi. Siramkan air dari selang dan basahi semua bagian dalam kap mobil. Penyiraman air ini berguna untuk melunturkan debu atau kotoran ringan. Selanjutnya proses pembersihan akan semakin mudah jika langkah ini dilakukan dengan benar.

    Gunakan Sabun dan Sikat

    Jika debu dan kotoran ringan bisa luruh dengan air mengalir, maka kotoran yang lebih berat harus menggunakan sabun. Gunakan sabun pada seluruh bagian kap dalam mobil kecuali bagian yang telah dilindungi. Untuk menghilangkan kotoran berat dan menempel, pakailah sabun dengan sikat kasar sekaligus. Pastikan tidak menyikat komponen mesin terlalu keras agar tidak timbul goresan. Kuas juga mungkin diperlukan untuk membersihkan bagian lain yang tidak bisa dijangkau dengan sikat.

    Bilas dengan Air Mengalir

    Cara membersihkan kap mobil bagian dalam setelah disikat dengan sabun adalah membilas dengan air mengalir. Anda bisa mengalirkan air melalui selang agar semua bagian kap mobil tersiram merata. Sambil membilas, Anda bisa menggunakan lap khusus seperti lap chamois. Lap ini membantu membersihkan seluruh bagian kap yang sebelumnya terkena sabun. Dengan begitu, semua komponen di dalam kap mobil akan bersih sempurna baik dari kotoran ringan dan berat maupun bekas sabun.

    Keringkan dengan Lap

    Pada tahap terakhir, Anda perlu melakukan pengeringan. Anda sebaiknya tidak membiarkan semua komponen kap mobil kering dengan sendirinya. Sebab bagian dalam kap mobil akan lebih baik jika segera dikeringkan agar tidak cepat berkarat. Lap yang digunakan juga tidak bisa sembarangan. Anda bisa menggunakan lap microfiber yang memiliki kemampuan menyerap air dengan lebih cepat. Jadi langkah pengeringan ini akan semakin mudah dengan menggunakan lap tersebut dibanding lap lain seperti kain.

    Lakukan dengan Teratur

    Membersihkan bagian dalam kap mobil harus dilakukan secara teratur, setidaknya sekali dalam sebulan. Karena dalam waktu sebulan, bagian dalam kap mobil pasti sudah terkena kotoran yang cukup banyak terlebih bagi mobil yang setiap hari dipakai. Untuk mobil yang tidak terlalu sering dipakai, pembersihan ini juga perlu dilakukan rutin supaya tidak berkarat.

    Kap mobil bagian dalam merupakan bagian yang sangat penting karena di dalamnya terdapat mesin sebagai sumber pergerakan mobil. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan cara membersihkan kap mobil bagian dalam dengan teliti.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "7 Cara Membersihkan Kap Mobil Bagian Dalam"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel