Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya - Triplek merupakan salah satu bahan material bangunan yang dibuat dari bahan kayu. Triplek banyak digunakan dalam pembangunan interior rumah sebagai langit-langit maupun dinding rumah. Harga triplek yang cukup terjangkau, membuat bahan ini banyak diminati sebagai material rumah.

Selain harganya terjangkau, triplek juga memiliki tekstur halus, sehingga lebih mudah saat digunakan. Triplek juga mudah saat dipasang, hal ini karena karakteristik dari triplek yang ringan. Tidak seperti material besi, triplek juga tidak mudah menyusut atau melengkung sehingga sangat pas digunakan sebagai interior rumah. Dalam material bahan bangunan, Terdapat 5 jenis triplek yang harus diketahui, yaitu sebagai berikut.

Triplek Melamin

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Jenis triplek yang pertama yaitu melamin atau decorative plywood yang memiliki ketebalan 2 mm, 3 mm, dan 9 mm. Triplek jenis milaminto memiliki permukaan yang mulus dan lebih licin bila dibandingkan dengan triplek jenis lain. Triplek yang memiliki permukaan mulus dan licin ini biasanya banyak digunakan sebagai bahan tatakan pisau maupun kitchen set yang lain.

Biaya pembuatan rumah triplek milaminto biasanya sangat beragam tergantung ketebalan dan ukuran dari triplek. Biasanya harga yang dibanderol dari triplek melaminto mulai dari Rp 66.000 hingga Rp 250.000. Kelebihan yang dimiliki oleh triplek melaminto antara lain permukaan lebih halus, warna yang awet, triplek tidak mudah rapuh, tersedia berbagai warna, dan mudah digunakan.

Teakblock

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Teakblock merupakan salah satu jenis triplek yang dibuat dari tumpukan lembaran papan kayu jati. Triplek yang memiliki ketebalan hingga 30 mm ini memiliki motif bervariasi dan sangat bagus, sehingga biasanya digunakan sebagai bahan material bangunan desain interior. Triplek dari lembaran kayu jati yang kuat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 270.000 per lembarnya.

Blockboard atau Meranti

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Blockboard atau meranti merupakan salah satu jenis triplek yang dibuat menggunakan 3 lapis kayu. Triplek blockboard dibuat dengan ketebalan beragam sesuai kebutuhan konsumen, biasanya ketebalannya mulai dari 0.5 mm hingga 2 mm. Biasanya triplek ini dibuat dari serat jati dan dilapisi menggunakan melamin.

Selain dibuat dari kayu jati, triplek jenis blockboard juga dibuat dari kayu akasia dan kayu meranti. Triplek ini biasanya digunakan dalam pembuatan lemari maupun sebagai material pembangunan desain interior rumah. Biaya pembuatan rumah triplek jenis blackboard ini cukup beragam sesuai dengan ketebalannya. Harga triplek blockboard dibanderol sekitar Rp 140.000 hingga Rp 190.000 dengan ukuran 122 x 244 cm.

Medium Density Fiberboard

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Medium Density Fiberboard (MDF) merupakan salah satu jenis triplek atau kayu lapis yang dibuat dari campuran serat kayu keras dan serat kayu lunak. Kedua campuran dari serat kayu tersebut akan ditempel menggunakan lem atau lilin agar bisa digunakan. Medium Density Fiberboard (MDF) memiliki pori-pori yang lebih rapat dengan permukaan lebih rata dan berkualitas.

Triplek jenis Medium Density Fiberboard (MDF) memiliki kekuatan yang sangat baik, sehingga sebagian orang memilih menggunakan triplek jenis ini sebagai material huniannya. Selain itu, triplek jenis ini sangat pas digunakan sebagai bahan dasar furnitur perabot rumah karena memiliki kualitas sangat baik.

Biaya pembuatan rumah triplek dari Medium Density Fiberboard (MDF) dibanderol dengan harga Rp 100.000 untuk ukuran 9 mm, Rp 155.000 untuk ukuran 15 mm, dan Rp 180.000 untuk ukuran 18 mm. Harga tersebut merupakan harga triplek Medium Density Fiberboard berukuran 122 x 244 cm.

Multipleks

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Multipleks merupakan salah satu jenis triplek yang dibuat dari kulit kayu yang telah disusun secara berlapis. triplek jenis multipleks memiliki daya tahan yang tinggi dengan tekstur rapat, sehingga lebih tahan terhadap air. Biaya pembuatan rumah triplek menggunakan jenis multipleks cukup beragam sesuai dengan ketebalan triplek.

Saat digunakan sebagai material rumah Anda dapat memilih berbagai ketebalan yang diinginkan mulai dari 2 mm hingga 18 mm. harga multipleks berukuran 2 mm dibanderol dengan harga Rp 32.000 per lembar. Sedangkan multipleks berukuran 9 mm dibanderol dengan harga Rp 98.000 per lembar. Terakhir yaitu multipleks berukuran 18 mm dibanderol dengan harga sekitar Rp 205.000 per lembar.

Terdapat berbagai jenis triplek yang dijual di toko bahan material bangunan. Untuk biaya pembuatan rumah triplek biasanya disesuaikan dengan jenis triplek yang digunakan dan banyaknya jumlah untuk membangun rumah. Sebelum memilih dan membeli triplek, sebaiknya Anda memahami tentang kelebihan dan kekurangan dari jenis triplek tertentu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel