Perhatikan Dulu Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air

Daftar Isi [Tutup]

    Perhatikan Dulu Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air

    Mau Menjaga Mesin Mobil Tetap Bersih Bersinar dengan Air? Perhatikan Dulu Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air - Pada sebuah kendaraan bermotor, mesin adalah komponen penting yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Perawatan ini diperlukan supaya mesin mobil bisa bekerja dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Selain dirawat, mesin mobil juga harus rajin dibersihkan. Apalagi jika mobil tersebut sering digunakan. Bukan hanya badan mobil saja yang kotor, bagian mesin juga akan ikut kotor terkena debu jalanan.

    Bagian mesin serta ruang tempat penyimpanan mesin yang kotor harus dibersihkan dengan baik supaya tidak semakin menumpuk. Jika pembersihan ditunda-tunda, kotoran akan semakin sulit untuk dibersihkan. Tentu saja, dalam proses pembersihan mesin mobil ini akan melibatkan air. Tapi, perlu Anda ketahui, ada beberapa bagian pada mobil yang tidak boleh terkena air sama sekali. Jika sampai terkena air maka akan menyebabkan kerusakan pada mesin dan mobil bisa mogok dan ngadat. Bagian mana saja yang tidak boleh terkena air tersebut?

    Delco / Distributor

    Perhatikan Dulu Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air

    Bagian mesin mobil yang tidak boleh kena air yang pertama adalah delco atau distributor. Delco merupakan bagian pada mesin mobil yang memiliki peranan dalam mendistribusikan pengapian untuk busi (spark plug). Jika bagian ini sampai terkena air maka mobil akan sulit untuk dinyalakan. Tidak setiap mobil menggunakan delco lagi namun jika mobil Anda masih menggunakan part ini maka jangan sampai terkena air.

    Koil / Ignition Coil

    Perhatikan Dulu Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air

    Bagian mobil lainnya yang tidak boleh terkena air adalah bagian koil. Fungsi dari koil ini adalah untuk menghasilkan pengapian listrik pada busi. Jika koil sampai terkena air, efek yang akan timbul adalah terjadinya arus pendek listrik dan itu sangat berbahaya. Air yang masuk ke dalam soket koil juga akan menyebabkan pengapian pada busi hilang dan mobil bisa mogok.

    Komponen Sensor

    Perhatikan Dulu Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air

    Mesin mobil memiliki beberapa macam sensor yang bisa mempengaruhi hidup matinya mesin mobil. Sensor itu adalah sensor CKP (crankshaft position sensor) dan CMP (camshaft position sensor) yang setiap soketnya dilindungi oleh sekat kedap air. Akan tetapi sekat kedap air ini lama kelamaan akan mengalami getas sehingga kemampuan perlindungannya tidak seratus persen lagi. Padahal bagian ini merupakan bagian mesin mobil yang tidak boleh kena air karena dampaknya akan menimbulkan arus pendek. Oleh sebab itu sebisa mungkin harus dihindarkan dari air bertekanan.

    Injektor

    Perhatikan Dulu Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air

    Pada mesin mobil terdapat bagian injektor yang berfungsi sebagai alat injeksi bahan bakar ke setiap silinder mesin. Jika sampai soket injektor ini tergenang oleh air, dampaknya akan merambat ke bagian ECU mobil. Supaya menghindari hal tersebut, untuk membersihkan bagian ini sebaiknya menggunakan kuas saja.

    ECU

    Perhatikan Dulu Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air

    ECU (engine control unit) terletak di atas mesin. Bagian ini tidak boleh sampai terkena air karena bisa menyebabkan konsleting pada jaringan listrik mobil sehingga mobil bisa jadi mogok.

    Boks Sekring/Fuse Box

    Perhatikan Dulu Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air

    Bagian mobil yang sangat tidak diperbolehkan terkena air adalah bagian fuse box atau boks sekering. Bagian ini menjadi salah satu bagian mesin mobil yang tidak boleh kena air karena merupakan sistem utama atau pusat dari pengamanan listrik. Jika sampai terkena air maka sistem kelistrikan akan kacau karena mempengaruhi semua komponen kelistrikan lainnya.

    Alternator/Dinamo Ampere
    Meskipun bagian alternator bisa dibilang cukup tahan air, namun tetap saja tidak disarankan untuk menyiramkan air ke bagian ini. Kerusakan yang terjadi pada bagian mesin ini tidak langsung terlihat dan dampaknya tidak terlalu signifikan namun cukup mengganggu. Alternator rusak bisa terlihat ketika lampu pada gambar aki di dashboard mobil menyala.

    Throttle Body

    Perhatikan Dulu Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air

    Bagian terakhir dari mesin mobil yang tidak boleh terkena air adalah throttle body yang letaknya dekat dengan intake manifold dan saringan udara. Bada bagian ini ada sensor TPS (throttle position sensor) dan ISC (idle speed control). Jika kedua sensor pada throttle body ini bermasalah maka akan timbul ketidakstabilan mesin dan kerusakan piston. Jika hal itu terjadi maka spare part-nya harus segera diganti.

    Untuk mencegah semua itu maka bagian mesin mobil yang tidak boleh kena air harus ditutupi. Sebagai penutup bisa menggunakan kain lap, plastik atau juga alumunium foil, selama penutup tersebut bisa mencegah air masuk ke bagian mesin. Lakukan pembersihan dengan hati-hati supaya tidak menimbulkan kerusakan.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Perhatikan Dulu Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel