Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah dan Solusi Mengatasinya

Daftar Isi [Tutup]

    Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah dan Solusi Mengatasinya - Kendaraan bermotor bekerja dengan setiap elemen yang berfungsi dengan baik. Apabila salah satu elemen mengalami masalah, maka fungsi kendaraan bermotor bisa terganggu. Salah satu elemen penting dalam kendaraan bermotor adalah busi, bagian vital dalam mesin yang berfungsi memantik api di ruang bakar.

    Karena fungsinya yang begitu penting, busi harus tetap dipastikan dalam keadaan bagus agar dapat bekerja dengan baik. Namun ada kalanya busi mengalami masalah seperti halnya elemen pada mesin kendaraan lain. Masalah yang umum terjadi pada busi adalah menghitam dan basah. Busi yang berubah menjadi hitam dan basah perlu diwaspadai karena itu merupakan pertanda adanya kerusakan.

    Kondisi dan kelayakan busi diperlihatkan oleh warnanya. Apabila berubah jadi hitam, dipastikan ada masalah di sistem pembakaran. Bukan cuma karena menghitam, busi yang basah juga berarti terjadi masalah pada pasokan bahan bakar. Jika kondisi basah dan menghitam tidak segera ditangani, busi akan cepat mati dan berdampak pada performa mesin yang semakin menurun. Untuk itu, kenali penyebab busi hitam dan basah serta solusinya.

    Bahan Bakar Tidak Sesuai Spesifikasi

    Bahan Bakar Tidak Sesuai Spesifikasi

    Idealnya, setiap mesin kendaraan bermotor memiliki kriteria bahan bakar yang sesuai. Apabila menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai, salah satu masalah yang bisa terjadi adalah busi motor cepat hitam kering. Sebaiknya penggunaan bahan bakar tidak dipaksakan dengan memakai kualitas yang lebih rendah. Pasalnya bahan bakar sangat menentukan kinerja mesin kendaraan dan ketahanan semua elemennya, termasuk busi.

    Untuk mengetahui bahan bakar yang ideal dan sesuai spesifikasi, perhatikan buku panduan untuk melihat tingkat kompresi mesin. Kompresi 9,0:1 mengharuskan penggunaan bensin dengan oktan minimal 88. Kompresi tersebut juga lebih baik menggunakan oktan 90. Sedangkan jika kompresi kendaraan 10-11:1, maka wajib memakai bensin dengan oktan 92. Pengisian bahan bakar yang tidak sesuai kebutuhan inilah yang menjadi penyebab busi hitam dan basah.

    Kualitas Busi Tidak Sesuai Mesin

    Kualitas Busi Tidak Sesuai Mesin

    Tidak hanya bensin yang harus memenuhi spesifikasi, penggunaan busi juga harus sesuai dengan standar mesin. Pada mesin dengan performa tinggi, sistem pembakaran membutuhkan api yang lebih besar. Kebutuhan itu hanya bisa dipenuhi dengan pemakaian busi berkualitas. Busi dengan elektroda berbahan platinum dengan spesifikasi lebih rendah kurang ideal untuk mesin dengan performa tinggi.

    Akibat dari penggunaan busi yang berkualitas rendah akan menyebabkan pembakaran api terlalu kecil sehingga tidak memenuhi kebutuhan mesin. Dari pembakaran yang tidak maksimal itulah, kemudian terjadi deposit pembakaran di elektroda busi dan membuatnya menghitam. Solusi busi motor cepat hitam karena kualitas busi yang rendah hanya bisa diatasi dengan pemakaian busi yang direkomendasikan sesuai spesifikasi mesin kendaraan.

    Kondisi Filter yang Kotor

    Kondisi Filter yang Kotor

    Penyebab busi mobil cepat hitam yang satu ini sering tidak disadari oleh pemilik kendaraan. Filter yang tidak berguna sebagaimana fungsinya akan gagal dalam menyaring kotoran hingga menyebabkan kotoran mengendap. Udara akan terhalang untuk bisa masuk ke intake karena terhalang pendapat tersebut. Karburator akan menjalankan proses vakum yang semakin besar hingga bensin yang terhisap ke venture juga akan lebih besar.

    Untuk penyebab busi motor hitam dan basah yang satu ini, cara mengatasinya dengan membersihkan bagian filter yang kotor. Untuk filter yang sudah hitam pekat dan sangat kotor sehingga terlalu sulit untuk dibersihkan, maka sebaiknya filter yang kotor segera diganti dengan yang baru. Sedangkan untuk mencegahnya, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap kondisi filter.

    Oli Mesin Merembes

    Oli Mesin Merembes

    Oli mesin bisa masuk ke ruang bakar melalui piston karena berbagai penyebab. Bisa jadi kondisi itu terjadi karena piston yang aus atau ring piston yang melemah, boring yang tergores hingga seal klep yang bocor. Akibat dari oli mesin yang masuk ke ruang bakar, pembakaran jadi bercampur sehingga menghasilkan asap putih. Masalah ini biasa terjadi pada motor dua tak namun tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada motor tipe lain bahkan mobil.

    Merembesnya oli menjadikan persediaannya deposit sehingga busi menjadi hitam. Untuk penyebab busi motor hitam dan basah yang satu ini, solusi bisa dilakukan dengan merapikan bagian piston. Termasuk ketika ukuran ring tidak sesuai, maka perlu diganti dengan yang lebih besar. Pekerjaan yang satu ini cukup sulit jika dilakukan sendiri. Jadi kendaraan perlu dibawa ke bengkel untuk ditangani oleh mekanik yang sudah ahli.

    Terlalu Banyak Campuran Bensin

    Terlalu Banyak Campuran Bensin

    Pada motor, kondisi normal air fuel ratio (AFR) adalah 14:1, sedangkan kondisi kelebihan bensin biasa terjadi karena pasokan udara di bawah 4. Pasokan bahan bakar yang berlebihan akan menyebabkan deposit mesin di sekitar ruang bakar termasuk elektroda busi. Campuran bahan bakar yang terlalu banyak pada karburator ini merupakan penyebab busi menghitam. Kondisi ini lebih berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar yang menjadi lebih boros.

    Meski tidak terlalu berpengaruh terhadap kondisi mesin, bukan berarti penyebab busi motor hitam dan basah bisa diabaikan begitu saja. Solusinya bisa dengan mengatur ulang karburator untuk menyesuaikan perbandingan AFR ideal. Jika sudah disesuaikan namun bensin tetap boros, berarti perlu mengatur ulang pilot dan main jet supaya suplai bensin ke mesin menjadi ideal.

    Penyebab busi motor hitam dan basah ternyata tidak hanya satu faktor tertentu, melainkan dari banyak kemungkinan. Kerusakan akibat busi hitam dan basah bisa dicegah dengan pengecekan rutin. Sedangkan jika sudah terlanjur rusak dan menyebabkan masalah pada mesin, maka jangan menunda untuk melakukan perbaikan atau penggantian.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah dan Solusi Mengatasinya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel