4 Trik Jitu Cara Memilih Oli Mobil yang Baik

Daftar Isi [Tutup]

    4 trik jitu cara memilih oli mobil yang baik - Bagi pengendara bermotor, kesehatan mesin adalah hal utama yang harus diperhatikan. Begitupun dengan komponen sparepartnya. Gak mau kan tahu-tahu ngadat di jalan karena kita sendiri lalai untuk memelihara kesehatan kendaraan yang kita punya?

    Baik digunakan maupun tidak, kendaraan bermotor itu bisa rusak seiring dengan waktu. Jika tidak digunakan, kendaraan bisa mengalami perkaratan, mogok mesin karena tidak pernah dipanasi atau digunakan, dan banyak lainnya. Tetapi, tidak menutup kemungkinan yang biasa digunakan pun lebih rentan mengalami kerusakan. Semua itu bisa diakibatkan karena kecelakaan, turun mesin, atau bahkan salah dalam memilih oli mesin.

    Nah, disini permasalahannya. Banyak pengguna kendaraan bermotor yang salah dalam pemilihan oli mesin yang tepat. Terkadang mereka memilih yang murah asal bisa digunakan, padahal belum tentu cocok dengan mesin kendaraannya. Oleh sebab itu, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara memilih oli mobil yang baik.

    Memilih Oli yang Sesuai dengan Mesin

    4 Trik Jitu Cara Memilih Oli Mobil yang Baik

    Dalam hal ini, pemilihan oli yang tepat akan sangat membantu untuk merawat mobil kita dari dalam. Karena dari pemilihan oli yang tidak pas saja, maka akan berakibat fatal bagi penggunanya. Tidak hanya pemilihannya, waktu untuk menggantinya pun jika tidak sesuai juga bisa merusak mesin mobil itu sendiri.

    Pemilik mobil pasti sudah tidak asing dengan yang namanya parameter SAE (Society of Automotive Engineers). Parameter SAE ini merupakan alat yang dapat membantu kita dalam memperhatikan cara memilih oli mobil yang baik.

    Pada parameter SAE biasanya terdapat simbol angka diikuti dengan satu huruf untuk menunjukkan kekentalan oli yang digunakan. Misalkan, 5W-50 yang artinya adalah oli tersebut memiliki kekentalan sebesar SAE 5 pada kondisi yang bersuhu dingin, sedangkan SAE 50 artinya kekentalan yang bertahan pada suhu terpanasnya. FYI, huruf W yang berada dibelakang angka 5 merupakan akronim dari kata winter atau bisa dimaksudkan sebagai suhu.

    Pilih Oli yang Sudah Memiliki Sertifikat atau Terkenal

    4 Trik Jitu Cara Memilih Oli Mobil yang Baik

    Hal ini pun patut untuk diperhatikan dan dipertimbangkan. Sertifikat. Saat ini semua barang dituntut untuk memiliki sertifikat dalam proses pembuatan hingga pengedarannya. Karena dengan adanya sertifikat ini membuktikan bahwa barang tersebut sudah teruji standar dan juga kualitasnya serta aman untuk dibeli tanpa harus khawatir akan dampak yang ditimbulkan dikemudian hari.

    Jangan Lupakan Buku Panduan Mobil Anda!

    4 Trik Jitu Cara Memilih Oli Mobil yang Baik

    Lagi-lagi budayakan untuk selalu membaca, ya! Dari membaca kita jadi tahu mesin kita seperti apa dan oli apa yang cocok digunakan untuk mesin mobil kita. So, pilih oli jangan terpaku dengan merek atau harga saja, tetapi perhatikan juga apakah itu cocok dengan mesin mobil kita atau tidak. Dengan begitu kita sudah menerapkan tentang bagaimana cara memilih oli mobil yang baik.

    Perhatikan Bahan Oli

    4 Trik Jitu Cara Memilih Oli Mobil yang Baik

    Nah, ini tidak kalah pentingnya. Tidak hanya memperhatikan mesin, dan juga label sertifikat oli, tetapi bahan pembuatan oli itu sendiri pun sangat perlu untuk diperhatikan agar kita juga tidak salah dalam memilih oli yang baik.

    FYI, bahan pembuatan oli mobil ini ada 2 macam, yaitu oli berbahan dari mineral atau oli yang berbahan sintetis. Oli dengan bahan mineral ini merupakan oli yang berbahan dasar dari minyak bumi. Keunggulan dari oli ini adalah memiliki molekul yang tidak rata sehingga bisa mengikis dinding mesin secara baik dan harganya jauh lebih murah dari oli sintetis.  Sedangkan kekurangannya meninggalkan kerak pada mesin kendaraan Anda.

    Berbeda dengan oli sintetis

    4 Trik Jitu Cara Memilih Oli Mobil yang Baik

    Berbeda dengan oli sintetis yang terbuat dari bahan kimia bersifat aditif (membantu peremajaan agar tidak cepat rusak) ini. Keunggulan dari oli sintetis adalah adanya molekul yang lebih stabil sehingga bisa menyesuaikan dengan segala macam suhu yang ada. Lebih awet dan tidak meninggalkan kerak pada mesinnya. Sedangkan untuk kekurangannya adalah harganya yang jauh lebih mahal dari oli mineral.

    Secara garis besar dapat ditarik kesimpulan bahwa memelihara kesehatan mesin sangatlah terperinci. Jika kita tidak mengetahui bagaimana cara memilih oli mobil yang baik untuk mesin kendaraan kita, maka akan fatal akibatnya. Semoga dengan referensi diatas dapat sedikit membantu Anda dalam memilih dan juga memilah tentang apa dan bagaimana merawat mesin mobil yang tepat.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "4 Trik Jitu Cara Memilih Oli Mobil yang Baik"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel