Tips Merancang Rumah Sederhana tapi Mewah

Daftar Isi [Tutup]

    Tips Merancang Rumah Sederhana tapi Mewah

    Saat ini, tren arsitektur rumah sederhana tapi mewah, atau gaya minimalis, sepertinya masih digemari oleh masyarakat urban milenial. Beberapa menganggap tren ini dipengaruhi oleh gaya hidup dan arsitektur Jepang yang serba sederhana dan lebih fokus pada fungsi dari suatu barang. Konsep minimalis ini tidak hanya berkenaan dengan bentuk rumah, namun juga desain interior, pemilihan perabot, warna, hingga pengaturan cahaya.

    Dengan mengaplikasikan konsep minimalis tersebut, Anda bisa memunculkan kesan rumah sederhana tapi mewah. Di bawah ini adalah beberapa hal yang patut Anda perhatikan jika ingin menerapkan konsep minimalis. Sehingga, selain bisa memenuhi secara fungsional, hunian Anda tetap memiliki sisi artistik dan mewah.

    1. Menerapkan Bentuk Modular

    Tips Merancang Rumah Sederhana tapi Mewah

    Fungsi dari menerapkan bentuk rumah ini adalah untuk memanfaatkan lahan terbatas secara maksimal dan efektif. Prinsipnya adalah dengan membagi dua sisi lahan menjadi dua fungsi, yaitu untuk area komunal dan area personal.

    Area komunal contohnya seperti ruang tamu dan dapur. Sedangkan area personal diantaranya adalah ruang tidur dan kamar mandi. Dengan menerapkan bentuk modular ini, Anda bisa membuat lahan yang terbatas menjadi tidak terbuang sia-sia.

    2. Less is More

    Tips Merancang Rumah Sederhana tapi Mewah

    Kalimat tersebut merupakan aturan utama dalam membuat rumah sederhana tapi mewah, yang berarti bahwa Anda harus berpikir ulang ketika ingin menambahkan perabotan. Pastikan perabotan tersebut sesuai dengan keseluruhan desain rumah dan benar-benar dibutuhkan. Sebaliknya juga, Anda sebaiknya menyingkirkan barang-barang atau perkakas yang tidak terlalu dibutuhkan sehingga menimbulkan kesan rapi dan bersih.

    3. Maksimalkan Tempat Penyimpanan

    Tips Merancang Rumah Sederhana tapi Mewah

    Konsep minimalis bukan berarti harus membuang semua barang-barang dan keperluan yang Anda miliki. Melainkan, Anda harus cerdas dalam memanfaatkan celah-celah sebagai tempat penyimpanan, tanpa harus menggunakan banyak almari. Anda bisa merancang tiap undakan tangga sebagai laci tersembunyi, atau laci lain di balik lukisan. Dengan begini, Anda akan memiliki spasi lebih untuk menunjukkan furnitur lain yang lebih bagus dan mewah.

    4. Gunakanlah Palet Dasar Netral

    Tips Merancang Rumah Sederhana tapi Mewah

    Rumah sederhana tapi mewah, selalu dimulai dari palet dasar yang netral. Warna cat natural seperti abu-abu, sawo matang, beige, atau warna-warna soft lainnya akan menciptakan kesan yang menenangkan, lapang, dan elegan. Hindari warna-warna mencolok dan kontras antar satu ruang dengan ruang yang lain agar tidak tampak berlebihan.

    Namun untuk menghindari tampilan membosankan dan datar, Anda bisa menambahkan furnitur-furnitur yang memiliki tekstur atau corak tertentu yang bisa saling berselaras. Carilah desain interior minimalis yang banyak sekali tersedia di Pinterest yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi.

    5. Berinvestasi pada Kualitas

    Tips Merancang Rumah Sederhana tapi Mewah

    Tips berikutnya, untuk membuat rumah sederhana tapi mewah, adalah dengan memperhatikan kualitas dibandingkan kuantitas. Dekorasi maupun furnitur, seperti sofa, meja, kursi, karpet, atau lukisan yang memiliki kualitas tinggi, biasanya sederhana namun bisa memunculkan kesan mewah. Untuk hal ini, Anda harus melakukan riset untuk membanding-bandingkan dan menemukan furnitur yang tepat.

    Selain itu, furnitur yang berkualitas baik akan lebih bisa bertahan lama, sehingga Anda tidak harus berurusan dengan barang yang mudah rusak dan lapuk, yang akan mengurangi kesan mewah dan bersih di dalam hunian Anda. Pilih sedikit saja furnitur terbaik yang Anda miliki untuk ditampilkan.

    6. Bersihkan secara Berkala

    Tips Merancang Rumah Sederhana tapi Mewah

    Menjaga kebersihan adalah salah satu tips yang tidak boleh diremehkan untuk membuat tempat tinggal Anda tetap terkesan sederhana dan mewah. Singkirkan tumpukan majalah, surat kabar, atau benda-benda koleksi Anda yang tercecer. Usahakan juga agar tidak menggantungkan pakaian terlalu banyak atau menumpuknya di atas sofa.

    Nah, demikian tadi adalah tips membuat rumah Anda sederhana namun tetap terkesan mewah. Bagaimanapun juga, rumah yang nyaman adalah rumah yang bisa mencerminkan diri Anda. Mulailah bertanya pada diri Anda sendiri, seperti apa gaya hidup Anda saat ini? Apa saja yang Anda gunakan sehari-hari? Apa yang bisa Anda singkirkan untuk menyederhanakan tempat tinggal?

    Memahami kebutuhan Anda sendiri akan sangat membantu agar konsep rumah sederhana tapi mewah bisa tercapai. Demikian informasi dari kami, semoga bisa menjadi inspirasi yang positif bagi Anda. Sampai jumpa di artikel-artikel bermanfaat berikutnya.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Tips Merancang Rumah Sederhana tapi Mewah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel