Fakta Menarik Tentang Baju Balap MotoGP yang Luar Biasa

Daftar Isi [Tutup]

    Fakta Menarik Tentang Baju Balap MotoGP yang Luar Biasa - MotoGP merupakan salah satu ajang balap motor yang digandrungi banyak orang. Para pembalap yang beraksi di ajang ini dapat memacu motornya sampai menembus 300 km per jam. Tentu risikonya sangat besar bila terjadi hal-hal tak terduga dan tidak diinginkan.

    Karena itu disediakan baju balap MotoGP yang dirancang secara khusus atau disebut dengan racing suit. Tentunya pakaian seperti ini dirancang dan dibuat dengan menggunakan metode khusus yang merupakan hasil dari penelitian secara mendalam.

    Fakta Menarik Tentang Baju Balap MotoGP yang Luar Biasa

    Dalam sebuah balapan tentunya sering terjadi aksi salip menyalip, tak jarang hal ini membuat pengendara motor tergelincir. Sebagai ajang balapan yang paling bergengsi roda dua, para ahli tentu saja mempertimbangkan tentang keselamatan `sang joki.` Salah satunya dengan cara mewajibkan mereka untuk memakai racing suit untuk perlengkapan keselamatan.

    Perlengkapan pada baju balap MotoGP ini tentunya dirancang dengan istimewa agar bisa mencegah cedera.  Hampir semua racing suit pembalap dibuat dengan menggunakan bahan yang baik dan dengan teknologi terkini disertai tingkat perlindungan yang tinggi.

    Total berat baju ini kira-kira 4,5 kg
    Bahan yang biasa digunakan ialah kulit kanguru atau sapi, pengukurannya berbeda pada pra musim untuk tiap pembalap. Tebalnya sekitar 1,2-1,4 mm.

    Pada bagian punuknya dibuat dengan menggunakan serat kevlar. Efektif dapat menyangga helm saat terjatuh. Bagian ini pun sebagai mirkoprosesor bermanfaat untuk mengatur sirkulasi racing suit agar tetap dinginl dan tempat cadangan untuk air minum.

    Tiap panel pada baju balap MotoGP ini disambung dengan menggunakan jahitan khusus dengan benang kevlar kuat. Semua panel tersebut dijahit secara ganda, dan terdapat banyak jahitan pada bagian yang biasanya rawan terbentur.

    Lutut, bahu dan siku merupakan bagian lainnya yang juga cukup penting. Semua bagian baju dilapisi dengan thermo plastic yang special, tebal dan keras di bagian tengah, tapi tetap lembut di bagian luarnya. Bagian ini bermanfaat untuk dapat meredam benturan.

    Bagian selanjutnya yang cukup spesial adalah airbag yang dapat melindungi bagian tubuh atas. Airbag ini akan lebih mengembang sekitar 4 hingga 5 cm jika pembalap mengalami kecelakaan misalnya jatuh dan sensor pada punuk pun akan segera berfungsi.

    Jika dilihat dengan lebih dekat baju balap MotoGP terlihat ada bolong-bolong pada bagian belakang dan depan. Ini berguna agar pengendara merasa nyaman ketika balapan.

    Selain beberapa keunikan baju untuk balap di atas, berikut ini fakta menarik baju untuk balap atau racing suit motoGP:

    Jumlah pada Tiap Seri
    Pada tiap serinya, pembalap akan mendapatkan jatah sebanyak 4 baju untuk balap, minimal 3 pasang sarung tangan dan 3 pasang sepatu. Selain itu di balik bajunya diberi 4 pasang base-layer.

    Bisa Bongkar Pasang
    Dengan bahan berkualitas, jika tidak terjadi kecelakaan maka baju untuk pembalap dapat bertahan hingga akhir musim,. Tapi terdapat 2 komponen yang biasanya harus diganti, yaitu slidding-pad di lutut dan siku.

    Dapat Diperbaiki
    Ketika terjadi kecelakaan, biasanya akan ada perbaikan baju. Akan tetapi jika parah, maka baju akan dikirimkan kembali agar diteliti ulang serta disempurnakan.

    Dibuat Secara Khusus
    Akurasi saat pembuatan racing suit tidak perlu diragukan. Perusahaan penyedia pakaian khusus ini melakukan pengukuran dengan lebih rinci agar nantinya produk dapat nyaman digunakan serta sesuai dengan badan atau postur pembalap.

    Itulah beberapa keunikan dan fakta baju balap MotoGP. Keamanan dan kenyamanan menjadi dua hal yang penting dalam pembuatan baju untuk motoGP ini agar pembalap tidak terganggu dengan apa yang ia kenakan dan juga aman saat balapan.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Fakta Menarik Tentang Baju Balap MotoGP yang Luar Biasa"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel