10 Perawatan Wajah Berjerawat Paling Ampuh - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

10 Perawatan Wajah Berjerawat Paling Ampuh

Perawatan wajah berjerawat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya gunakan skincare untuk kulit berjerawat. Cek 10 cara lengkapnya disini.
10 Perawatan Wajah Berjerawat Paling Ampuh - Perawatan wajah berjerawat menjadi sangat penting untuk dilakukan ketika jerawat tidak kunjung sembuh dan justru bertambah banyak. Apalagi jika ditambah dengan kondisi kulit yang sangat sensitif. Tentu melakukan cara perawatan wajah yang tepat harus segera dilakukan.

Dimana tidak sembarang cara bisa dilakukan begitu saja pada wajah. Maka dari itu, ulasan kali ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Karena kali ini akan ada rekomendasi berbagai macam cara perawatan wajah yang berjerawat.

Cara Melakukan Perawatan Wajah Berjerawat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi wajah berjerawat. Namun, cara tersebut tidak akan memberikan hasil maksimal dalam perawatan jika tidak dilakukan secara rutin. Berikut ini adalah beberapa cara terbaik dalam perawatan wajah berjerawat.

1. Bersihkan Wajah Minimal 2 Kali

Bersihkan Wajah Minimal 2 Kali

Melakukan pembersihan wajah menjadi salah satu mutlak dalam melakukan perawatan wajah berjerawat sebelum tidur. Dimana saat menjelang tidur inilah wajah perlu diistirahatkan dengan optimal sehingga berbagai macam masalah kulit bisa teratasi dengan baik.

Oleh karena itu, melakukan cuci wajah paling tidak dua kali adalah salah satu cara yang tepat dan akan sangat membantu dalam perawatan. Kulit bisa istirahat dengan baik, dan pemulihan terhadap peradangan di wajah bisa segera pulih kembali.

2. Pilih Jenis Sabun yang Cocok

Pilih Jenis Sabun yang Cocok

Saat Anda akan melakukan pembersihan wajah secara rutin, jangan lupa untuk menggunakan sabun yang cocok untuk wajah. Karena jika Anda salah dalam pemilihan jenis sabun, justru akan memperburuk jerawat yang telah muncul dalam wajah Anda.

Maka dari itu, sebelum Anda menggunakan jenis sabun, kenali dulu jenis wajah Anda. Setelah itu barulah Anda menggunakan sabun yang sesuai dengan wajah, baik untuk kulit kering ataupun berminyak.

3. Gunakan Produk Perawatan Wajah Berjerawat

Gunakan Produk Perawatan Wajah Berjerawat

Cara berikutnya yang tidak boleh tertinggal adalah menggunakan produk perawatan terbaik. Penggunaan produk ini akan membantu dalam mempercepat proses pemulihan. Anda bisa menggunakan jenis perawatan berupa pelembab ataupun toner.

Kulit Anda akan menjadi lebih terjaga kelembabannya saat menggunakan pelembab. Selain itu, masalah kulit yang berjerawat juga akan perlahan menjadi pulih kembali.

4. Gunakan Tabir Surya

Gunakan Tabir Surya

Selain menggunakan toner ataupun pelembab, Anda juga bisa menggunakan skincare untuk kulit berjerawat. Utamanya jenis skincare yang perlu digunakan adalah tabir surya yang akan memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari.

Akan lebih baik lagi jika produk perawatan wajah berjerawat tersebut mengandung SPF 30. Dimana dengan adanya kandungan SPF tersebut akan meningkatkan perlindungan terhadap wajah yang Anda miliki.

5. Gunakan Serum

Gunakan Serum

Untuk memberikan perawatan wajah berjerawat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Anda bisa juga menggunakan serum yang berfungsi sebagai food untuk kulit. Penggunaan serum ini akan sangat bermanfaat karena memiliki kandungan bahan aktif yang akan mematikan bakteri.

Berbagai macam jenis bakteri penyebab jerawat akan hilang secara perlahan dan Anda akan terhindarkan dari jerawat. Selain itu, penggunaan serum ini juga akan membuat wajah yang dimiliki tampak lebih sehat dan segar.

6. Gunakan Acne Spot

Gunakan Acne Spot

Apabila jerawat sudah terlanjur tumbuh hingga meradang, maka langkah yang tepat untuk Anda lakukan adalah gunakan acne spot. Penggunaan acne spot ini akan membantu dalam membunuh bakteri yang telah tumbuh pada kulit yang meradang.

Dimana ada kandungan salicylic acid yang akan berperan dalam membersihkan patogen di area wajah. Adanya kandungan tersebut akan membantu wajah Anda menjadi bersih secara perlahan dan jerawat pun akan mulai mengering secara perlahan.

7. Bersihkan Riasan

Bersihkan Riasan

Saat Anda menggunakan riasan atau make up, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum melanjutkan aktivitas. Pastikan riasan tersebut telah dibersihkan secara sempurna agar tidak meninggalkan sisa make up yang akhirnya mengakibatkan jerawat.

Untuk membersihkan riasan dengan hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan produk yang memiliki label noncomedogenic. Adanya label tersebut akan menjauhkan Anda dari komedo yang bisa muncul kapan saja.

8. Hindari Pecahkan Jerawat

Hindari Pecahkan Jerawat

Adanya jerawat pada wajah, terkadang memang membuat tidak nyaman dan ingin segera memecahkannya. Padahal langkah tersebut sangatlah tidak dianjurkan. Dimana tindakan tersebut justru akan memperparah jerawat yang timbul di wajah.

Maka dari itu, jika Anda memiliki jerawat diwajah, jangan sekali-kali memecahkannya. Karena jerawat yang dipecahkan tersebut akan menyebabkan infeksi dan membuat peradangan menjadi lebih banyak.

9. Perbanyak Makanan Sehat

Perbanyak Makanan Sehat

Memiliki pola hidup sehat tidak hanya bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Melainkan semua anggota badan termasuk wajah akan lebih terlindungi jika pola hidup sehat diterapkan. Salah satu cara pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan wajah adalah dengan perhatikan karbohidrat.

Anda perlu memperhatikan kadar karbohidrat yang masuk dalam tubuh agar tidak menumpuk didalam. Selain karbohidrat, Anda juga perlu mengkonsumsi tambahan suplemen seperti vitamin C dan vitamin E. Kulit akan tampak lebih segar dan terhindarkan dari jerawat jika lakukan cara ini.

10. Hindari Stres

Hindari Stres

Selain menggunakan perawatan dari luar, Anda juga perlu melakukan perawatan dari dalam. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengelola stres berlebih. Karena stres yang berlebih juga akan mempengaruhi hormon dalam tubuh dan berakibat pada timbulnya jerawat.

Pastikan Anda bisa mengelola emosi tersebut agar hormon dalam tubuh bisa tetap stabil. Sehingga berbagai macam permasalah pada tubuh termasuk jerawat bisa teratasi dengan baik.

10 cara perawatan wajah berjerawat di atas bisa Anda lakukan untuk membantu dalam mengatasi masalah jerawat Anda. Pastikan setiap cara yang Anda praktekkan dilakukan secara teratur agar mendapatkan hasil maksimal.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar