Manfaat Penggunaan Bawang Dayak untuk Kecantikan - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Manfaat Penggunaan Bawang Dayak untuk Kecantikan

Bawang Dayak dalah bawang merah asli Kalimantan. Berikut ini beberapa manfaat dari bawang dayak yang baik bagi kecantikan. simak ulasannya.
Manfaat Penggunaan Bawang Dayak untuk Kecantikan - Bawang Dayak memiliki banyak nama diantaranya ialah bawang liar, bawang kotak, bawang tiwai, bawang sabrang dan memiliki nama latin Eleutherine palmifolia L Merr. Bawang jenis ini merupakan tanaman rempah yang berasal dari keluarga Iridaceae dan merupakan tanaman tahunan. Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia L Merr) adalah spesies bawang merah asli Kalimantan, Indonesia.

Bentuknya sangat mirip jika dilihat dengan bawang merah, dan bentuk bawang dayak ini lebih pipih. Bawang Dayak mirip dengan bawang merah namun bawang dayak ini berwarna merah lebih tua, memiliki bentuk agak lonjong dengan akar kecil berwarna coklat yang timbul dari ujungnya. Bawang dayak ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Mengutip dari salah satu artikel di internet yaitu Alodokter, Bawang dayak memiliki segudang manfaat bagi kesehatan terutama kecantikan yang rugi untuk dilewatkan. Berkat hal tersebut, bawang dayak telah digunakan sebagai obat tradisional untuk pengobatan beberapa penyakit secara turun temurun.

Manfaat bawang dayak bagi kecantikan

Manfaat bawang dayak bagi kecantikan

Manfaat bawang dayak bagi kecantikan sangat erat kaitannya dengan senyawa aktif yang terkandung didalamnya, seperti alkaloid, tannin, triterpenoid, steroid, flavonoid, anthraquinones, saponin, dan naphtoquinones dimana semua zat yang terkandung tersebut baik kandungannya bagi kesehatan kulit terutama kecantikan.

Dibawah ini beberapa manfaat yang dimiliki bawang dayak yang baik bagi kecantikan diantaranya adalah:

Sebagai Obat Jerawat

Bawang dayak Sebagai Obat Jerawat

Di banyak penelitian terdapat beberapa khasiat dari penggunaan bawang dayak bagi kecantikan beberapa penelitian tersebut menunjukkan bahwa bawang dayak dapat dikembangkan menjadi obat anti jerawat.

Hal tersebut disebabkan adanya kandungan etanol pada bawang dayak yang terbukti cukup ampuh agar dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat yakni Propionibacterium acnes pada kulit terutama kulit wajah.

Sebagai Pewarna Alami dalam Lipstik

Bawang Dayak Sebagai Pewarna Alami dalam Lipstik

Bawang dayak menjadi salah satu tanaman yang bermanfaat atau bisa digunakan sebagai pewarna alami dalam pembuatan lipstik . Adapun dalam proses untuk menghasilkan warna tersebut warna hasil dari pengekstrakan bawang dayak biasanya tergantung pada zat yang terkandung di dalamnya pengoksidasi bawang tersebut, suhu saat melakukan pengekstrakan, pH dan kondisi penyimpanan.

Untuk Mencerahkan Kulit

Bawang Dayak Untuk Mencerahkan Kulit

Pemanfaat selanjutnya dari bawang dayak untuk kecantikan lainnya ialah untuk membantu mencerahkan kulit. Pasti banyak orang yang ingin agar kulit mereka terlihat cerah dan bersih. Salah satunya adalah anda bisa menggunakan Bawang Dayak untuk perawatan agar mencerahkan kulit anda.

Bawang Dayak memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai anti-melanogenesis, yang berguna untuk mencegah flek hitam pada wajah dan mencerahkan kulit.

Menjaga Elastisitas Kulit agar Tetap Awet Muda

Bawang Dayak Menjaga Elastisitas Kulit agar Tetap Awet Muda

Bawang dayak memiliki kandungan antioksidan yang banyak di dalamnya sehingga salah satu manfaat penggunaannya bagi kecantikan ialah agar tetap awet muda. Bawang dayak ini memiliki kandungan yang dapat membantu melawan radikal bebas agar kulit tetap sehat dan awet muda.

Mencegah penuaan dini atau anti aging

Bawang Dayak Mencegah penuaan dini atau anti aging

Sedikit berbeda dari penjelasan sebelumnya khasiat atau manfaat dari bawang dayak untuk kecantikan adalah bawang dayak memiliki kandungan efek anti-aging atau penuaan dini. Jika pada penjelasan sebelumnya manfaat bawang dayak untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap muda ialah pada keseluruhan tubuh sedangkan penuaan dini disini lebih mengarah pada kulit wajah yang biasanya sangat terlihat.

Kandungan flavonoid, fenol, dan tanin yang terdapat pada bawang dayak dipercaya ampuh untuk menghilangkan dan mencegah radikal bebas dari dalam dan luar tubuh. Akibat dari paparan radikal bebas itu sendiri dapat merusak sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Manfaat dari anti aging yang terdapat pada bawang dayak dapat digunakan sebagai bahan krim kulit.

Kandungan dari campuran bawang dayak pada krim kulit itu sendiri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

Jika anda berminat untuk mencoba, bawang dayak ini dapat tumbuh dan beradaptasi dengan berbagai iklim dan juga berbagai jenis tanah dan dalam waktu panen yang relatif singkat kurang lebih sekitar 3 sampai 4 bulan. Oleh karena itu, sangat mudah jika anda berminat untuk menanam bawang dayak secara besar-besaran ataupun hanya untuk kebutuhan anda pribadi.

Walaupun manfaat bawang dayak untuk kecantikan diatas masih memerlukan penelitian lebih lanjut namun tidak salah juga jika anda ingin mencoba dan membuktikan sendiri manfaat-manfaat yang ada dengan penggunaan bawang dayak tersebut khususnya bagi kecantikan.

Maka dari itu, jika anda ingin menggunakan bawang dayak untuk mengobati berbagai masalah dalam kecantikan, Ada baiknya jika anda melakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter. Sejauh ini, belum ada temuan penelitian yang secara spesifik menjelaskan adanya efek samping buruk yang ditimbulkan dari konsumsi bawang dayak.

Namun walaupun begitu, anda harus tetap mengkonsumsi bawang dayak dalam kadar yang normal supaya anda tetap mendapatkan manfaatnya.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar