6 Perawatan Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam - Tagar Berita

6 Perawatan Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam

Perawatan wajah untuk kulit kering dan kusam dilakukan dengan beberapa cara seperti; 1. Pola hidup sehat, 2. Istirahat cukup, 3. Pakai pelembap...
6 Perawatan Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam - Perawatan wajah untuk kulit kering dan kusam banyak dicari karena masalah kulit ini banyak kita temui. Kulit kering dan kusam terkadang cukup mengganggu penampilan karena membuat banyak orang menjadi tidak percaya diri.

Selain itu, kulit yang kering juga memiliki dampak buruk seperti sering gatal, kulit terkelupas, sampai memunculkan keriput lebih cepat. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Perawatan Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi kulit kering dan kusam agar tampak lebih sehat dan lembap.

1. Lakukan Pola Hidup Sehat

Lakukan Pola Hidup Sehat

Perawatan wajah untuk kulit kering dan kusam sebenarnya tidaklah sulit. Cara mendasar yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Contohnya adalah rajin mengkonsumsi air putih, sering mengkonsumsi buah-buahan dan tidur yang cukup.

Pola hidup sehat juga mempengaruhi kulit Anda. Kulit akan lebih ternutrisi dengan baik apabila dapat konsumsi dari dalam juga baik sehingga sel mudah melakukan regenerasi

2. Pakai Pembersih Wajah yang Lembut

Pakai Pembersih Wajah yang Lembut

Perawatan berikutnya adalah menggunakan pembersih wajah yang lembut di kulit. Bagi pemilik kulit kering dan kusam, penting memilih skincare dengan kandungan terbaik terutama facial wash yang sering membuat wajah kering.

Seringkali face cleanser dan facial foam malah membuat efek kulit terasa ketarik dan kering. Apabila dipakai oleh kulit kering tentu ini tambah membuat kulit lebih kering. Untuk itu, perhatikan kandungan facial wash Anda.

Pilih yang memiliki bahan alami dan lembut tetapi mampu membersihkan kulit wajah secara baik. Dengan demikian, kulit kusam menjadi lebih cerah karena dapat mengangkat kotoran, bakteri, dan debu lebih maksimal lagi.

Apabila Anda memiliki jenis kulit sensitif dan kering, maka pertimbangan facial wash juga perlu diperhatikan supaya tidak tambah mengalami iritasi.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup

Meski terbilang sepele, istirahat yang cukup termasuk dalam perawatan wajah untuk kulit kering dan kusam. Anda perlu memiliki tidur berkualitas sekitar 7-8 jam tiap hari.

Istirahat yang cukup bisa menstabilkan hormon sehingga kelenjar minyak tidak memproduksi minyak secara berlebihan.

Aliran darah juga menjadi lancar sehingga dapat memproduksi kolagen. Kolagen inilah yang membuat kulit tidak kering dan lebih kenyal. Untuk itu, istirahat yang cukup menjadi penting untuk diterapkan.

4. Pakai Sunscreen

Pakai Sunscreen

Pemakaian sunscreen adalah hal yang terbilang wajib terutama untuk kulit kering. Kulit yang terpapar radiasi sinar matahari juga membuatnya bertambah kering dan kusam.

Warna kulit tidak merata sampai munculnya bintik hitam di wajah, penuaan dini juga terjadi karena sinar matahari. Aplikasikan sunscreen yang mengandung SPF terbaik. Pakailah dengan rutin sebelum beraktivitas.

Pemakaian sunscreen juga membuat kulit lebih lembut karena ada kandungan tambahan di dalamnya. Jadi, pemakaian skincare untuk kulit kering dan kusam ini sangat direkomendasikan.

5. Pakai Pelembab Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam

Pakai Pelembab Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam

Pelembap termasuk skincare wajib untuk pemilik kulit kering. Pelembap atau moisturizer berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, melembutkan, sampai mencerahkan wajah. Sebelum menentukan produk yang dipakai, Anda juga harus melihat komposisi di dalamnya.

Pilih yang memiliki bahan aktif untuk memberikan kelembapan ekstra apabila kulit Anda sangat kering. Berikut ini adalah beberapa pelembap yang cocok untuk kulit kering dan kusam:

a. Neutrogena Hydro Boost Gel Cream – memiliki kandungan hyaluronic acid yang bisa membuat kulit terhidrasi dengan baik.

b. La Roche Posay Toleriane Double Repair – memiliki kandungan niacinamide, glycerin, selenium, dan ceramide yang melindungi penghalang kulit dan mengatasi eksim.

c. Cetaphil Facial Hydrating Lotion – bebas pewangi dan memiliki tekstur ringan yang cocok untuk kulit kering.

d. Nivea Soft Moisturizing Crème – mengandung vitamin E dan Jojoba untuk membuat kulit lembap dan cerah.

6. Pakai Sheet Mask

Pakai Sheet Mask

Terakhir adalah sheet mask untuk perawatan wajah yang membuat Anda happy. Hal ini karena penggunaan sheet mask membuat kulit lebih ternutrisi dengan baik dan ini memberikan efek menenangkan.

Gunakan sheet mask setiap dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Dalam sheet mask, kaya akan serum yang berfungsi untuk melembapkan, mencerahkan, membersihkan wajah, dan menyegarkan kulit yang lelah.

Sebelum memakai sheet mask, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah melakukan double cleansing yaitu membersihkan wajah dengan facial wash dengan pembersihan maksimal. Dengan begitu, penyerapan serum yang ada di dalam sheet mask menjadi lebih optimal.

Kulit akan terasa lebih sehat dan glowing. Setelah pemakaian, tidak perlu membersihkannya dengan air karena sudah terserap dengan baik.

Permasalahan kulit kering dan kusam harus diatasi segera karena jika tidak maka bisa lebih parah seperti membuat kulit iritasi, warna wajah semakin gelap, munculnya peradangan, sampai dengan garis-garis halus di area yang kering.

Oleh sebab itu, penggunaan perawatan wajah untuk kulit kering dan kusam perlu dilakukan untuk mengatasinya. Yang perlu Anda lakukan sebenarnya cukup mudah seperti yang sudah disebutkan di atas. Semoga membantu.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.