Inilah Urutan Pemakaian Skincare Yang Benar

Daftar Isi [Tutup]

    Inilah Urutan Pemakaian Skincare Yang Benar - Skincare merupakan salah satu bentuk perawatan wajah yang cukup populer. Dengan menggunakan skincare maka wajah akan terlihat menarik, bersih dan juga terawat. Rutinitas perawatan wajah ini juga memberikan efek yang baik bagi kesehatan kulit wajah.

    Meski terlihat sederhana, ternyata urutan pemakaian skincare harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai pemakaian skincare tumpang tindih dan membuat penyerapan manfaat skincare kurang maksimal. Penggunaan skincare di pagi dan malam hari juga berbeda, simak penjelasannya berikut ini.

    Penggunaan Skincare di Pagi Hari

    Penggunaan Skincare di Pagi Hari

    Bersihkan Wajah

    Tahapan pertama di pagi sebelum penggunaan skincare adalah membersihkan wajah. Anda bisa menggunakan facial wash ataupun facial foam, sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. Dengan menggunakan sabun pembersih, Anda bisa menghilangkan kotoran dan minyak yang dihasilkan ketika sedang tidur.

    Ketika wajah sudah bersih, maka produk selanjutnya bisa menyerap dengan baik dan memberikan manfaat sebagaimana klaim produk. Lanjutkan tahapan skincare selanjutnya dengan menggunakan toner.

    Toner

    Urutan pakai skincare selanjutnya adalah menggunakan toner, toner berfungsi untuk mengangkat kotoran yang ada di wajah. Kotoran serta minyak yang tidak dapat dibersihkan oleh sabun cuci muka akan diangkat menggunakan toner.

    Jika jenis kulit yang Anda miliki adalah kulit yang berjerawat, maka Anda bisa menggunakan toner jenis tertentu. Toner ini akan membantu Anda untuk mengempiskan jerawat dan meredakan peradangan. Apabila digunakan secara rutin, Anda bisa mencegah kemunculan jerawat.

    Essence

    Pemakaian berikutnya adalah essence, essence belakangan banyak dicari karena memberikan manfaat yang besar bagi kulit. Bahan dasarnya adalah air, namun memiliki konsentrasi bahan aktif lain yang cukup tinggi. Fungsinya untuk melembabkan kulit dan membantu penyerapan skincare lanjutan.

    Serum Wajah

    Urutan pemakaian skincare pagi berikutnya adalah menggunakan serum, serum memiliki tekstur yang ringan, ia juga memiliki kandungan zat aktif tinggi yang lebih mudah meresap ke kulit. Cara pemakaiannya tidak boleh sembarangan, yakni:
    1. Teteskan serum di kulit telapak tangan, ukurannya sebesar biji kacang polong.
    2. Lanjutkan dengan mengoleskan serum tersebut ke permukaan wajah.
    3. Tepuk area yang sudah diolesi serum, terutama di bagian wajah dan leher agar meresap sempurna.
    Serum akan meresap dengan baik apabila kulit sudah dalam keadaan bersih, langkah selanjutnya adalah menggunakan pelembab dan tabir surya.

    Pelembab dan Tabir Surya

    Terakhir, meski sudah menggunakan serum, jangan lupa tetap menggunakan pelembab dan tabir surya. Pelembab akan membuat kulit tidak mudah kering dan mengunci air. Namun jika serum dan essence yang Anda gunakan sudah lembab, Anda bisa melewati bagian ini.

    Penggunaan tabir surya atau sunscreen juga penting untuk dilakukan. Urutan skincare untuk remaja maupun orang dewasa tidak boleh melewatkan tahapan yang satu ini. Produk ini berfungsi untuk melindungi wajah dari penuaan dini dan paparan sinar matahari langsung.

    Penggunaan Skincare di Malam Hari

    Penggunaan Skincare di Malam Hari

    Penggunaan skincare di malam dan siang hari berbeda, jika Anda hendak melakukan tahapan perawatan wajah di malam hari, berikut adalah panduan yang bisa Anda ikuti.

    Makeup Remover

    Pertama, jangan lupa untuk menggunakan makeup remover, tujuannya agar sisa pemakaian makeup yang digunakan di pagi dan siang hari bisa dibersihkan secara maksimal. Ini juga sebaga cara untuk menjaga kulit agar terhindar dari dampak negatif makeup.

    Gunakan makeup remover dengan bahan dasar minyak, sebab bisa membersihkan makeup yang berbahan dasar sama. Namun untuk Anda yang memiliki wajah berminyak, Anda bisa menggunakan makeup remover dari bahan dasar air.

    Pembersih Wajah

    Urutan pemakaian skincare malam hari berikutnya adalah membersihkan wajah. Meskipun sudah menggunakan makeup remover, Anda tetap harus membersihkan wajah dengan facial wash atau facial foam. Pilih sesuai dengan jenis kulit untuk pembersihan yang lebih maksimal.

    Scrub Wajah

    Pembersihan wajah bisa disempurnakan dengan menggunakan scrub wajah, fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati. Proses scrub atau eksfoliasi disarankan dua minggu sekali saja agar tidak melukai wajah.

    Selanjutnya, Anda bisa menggunakan toner untuk kulit wajah yang lebih bersih. Anda bisa menggunakan toner yang sama seperti yang digunakan pagi sebelumnya. Toner wajah yang baik adalah toner yang mengandung asam laktat, asam hialuronat dan gliserin.

    Serum Wajah

    Tahapan terakhir adalah menggunakan serum wajah, serum ini berfungsi untuk melembabkan dan membuat kulit lebih halus. Anda bisa memilih menggunakan serum atau essence, sesuai dengan preferensi yang dimiliki. Menggunakan serum merupakan urutan skincare pagi dan malam yang dianjurkan.

    Skincare Berdasarkan Jenis Kulit

    Skincare Berdasarkan Jenis Kulit

    Anda juga bisa menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit, dengan cara ini Anda bisa mendapatkan secara maksimal perawatan untuk kulit wajah. Panduan untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

    Gunakan Tekstur yang Ringan Dulu

    Ketika menggunakan skincare, Anda disarankan menggunakan produk yang memiliki bahan dasar yang ringan terlebih dahulu. Kemudian secara perlahan, gunakan produk dengan kandungan bahan aktif yang tinggi. Misalnya, Anda menggunakan produk yang berbahan dasar air, kemudian lanjutkan dengan skincare berbahan dasar minyak.

    Sesuaikan dengan Jenis Kulit

    Anda tidak harus mengikuti rangkaian skincare yang sama persis dengan yang disebutkan diatas. Sesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki, Anda juga bisa menambah atau mengurangi skincare yang digunakan agar memberikan manfaat yang maksimal.

    Demikianlah urutan pemakaian skincare yang benar dan bisa dilakukan oleh semua jenjang umur. Dengan menggunakan panduan tersebut, Anda tidak perlu lagi bingung mencari urutan penggunaan skincare untuk kulit wajah.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Inilah Urutan Pemakaian Skincare Yang Benar"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel