Ketahui Beberapa Cara Agar Tidak Stres

Daftar Isi [Tutup]

    Ketahui Beberapa Cara Agar Tidak Stres - Tidak dapat dipungkiri, kita kerap kali dihampiri dengan beberapa hal yang dapat menjadi tekanan dan menyebabkan stres. Dan stres dapat menyerang hampir semua orang tanpa mengenal usia. Demikian pula hal ini pun dapat menimpa seseorang dikarenakan lingkungannya atau menimpa para remaja.

    Meski hal tersebut dianggap wajar, tetap saja kita harus mencari cara agar tidak stres untuk meredam stres dan menghindari stres menjadi lebih parah. Karena pada situasi tertentu, stres dapat menjadi suatu hal yang sangat merugikan dan mengganggu baik secara fisik maupun psikologis. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar tidak stres terutama bagi para remaja.

    Jaga Diri dan Pola Hidup

    Jaga Diri dan Pola Hidup

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga diri dan memperhatikan pola hidup. Kita perlu memastikan bahwa kita memiliki istirahat yang cukup dan juga mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. Demikian pula lakukan olahraga untuk menjadikan tubuh lebih sehat.

    Hal ini dikiranya perlu, dikarenakan apabila hal-hal tersebut tidak dijaga, dapat menyebabkan stres bertambah parah atau memunculkan ketidakseimbangan yang memicu munculnya stres.

    Menceritakan Keluh Kesah Kepada yang Dipercaya

    Menceritakan Keluh Kesah Kepada yang Dipercaya

    Cara agar tidak stres selanjutnya adalah menceritakan keluh kesah kepada orang yang dipercaya. Beberapa orang memilih untuk memendam segala masalah dan keluh kesah yang dimiliki. meskipun dapat menjadi pilihan, akan tetapi memendam segala masalah dan keluh kesah tidak menjadi jalan keluar atau dapat menghasilkan solusi. Bercerita kepada orang-orang yang dipercaya, rupanya sangat membantu untuk dapat menurunkan beban atau stres yang dialami.

    Melakukan Aktivitas Favorit

    Melakukan Aktivitas Favorit

    Beberapa orang kerap kali lebih memilih untuk melakukan beberapa aktivitas favorit lebih rutin sebagai cara menghilangkan beban pikiran dan stress. Cara ini memang efektif karena dapat membuat tubuh menjadi tenang dan rileks. Pilihlah beberapa aktivitas yang ringan dan sangat disukai untuk dapat melepaskan segala beban dan sejenak melupakan masalah yang sedang dihadapi.

    Bermain bersama Hewan Peliharaan

    Bermain bersama Hewan Peliharaan

    Salah satu hal lain yang dapat dijadikan sebagai kegiatan favorit adalah bermain bersama hewan peliharaan melakukan interaksi dengan binatang ternyata dapat membantu tubuh untuk melepaskan hormon oksitosin dan dapat menurunkan level kortisol. Sehingga tentu saja hal ini sangat membantu dalam menurunkan tingkat stres.

    Mengurangi Penggunaan Gadget

    Mengurangi Penggunaan Gadget

    Suatu penelitian membuktikan bahwa melakukan cek email setiap saat ternyata mampu menyebabkan stres. Serta penggunaan internet yang sangat aktif ternyata memiliki kemampuan 5 kali lebih rentan terhadap depresi. Apabila anda mengalami stres alangkah baiknya untuk tidak terlalu aktif dan mengurangi kontak dengan gadget. Hal ini pun tentu dapat diterapkan sebagai cara mengatasi stres pada remaja. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa saat ini penggunaan gadget di kalangan remaja sangatlah tinggi.

    Melakukan Me Time

    Melakukan Me Time

    Meluangkan waktu untuk dapat memanjakan diri sangatlah perlu. Hal ini dapat menjadi tips untuk mengatasi stres. Terkadang pikiran yang penuh tekanan, tubuh dengan otot yang kelelahan memerlukan relaksasi tubuh untuk dapat membuatnya lebih ringan. Me time dapat dilakukan sambil mendengarkan musik untuk menstimulasi pikiran lebih tenang dan rileks.

    Mengunjungi atau Berdiskusi dengan Psikiater

    Mengunjungi atau Berdiskusi dengan Psikiater

    Apabila tingkat stres dirasa terlalu berat dan hampir mengarah ke depresi, alangkah lebih baiknya jika melakukan konsultasi dengan psikiater untuk mendapatkan penanganan yang lebih profesional dan tepat.

    Cara Menghilangkan Stress Menurut Islam

    Cara Menghilangkan Stress Menurut Islam

    Melakukan kegiatan ibadah tentu menjadi bagian yang paling menenangkan untuk dapat mengatasi stres. Di dalam ayat tertentu pun telah dijelaskan bahwa hidup memang penuh dengan ujian, serta tidak rasa duka sering menghampiri. Namun demikian, peringatan tersebut diiringi dengan beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk dapat menangani dan menghilangkan stres. Berikut adalah cara untuk menghilangkan stres menurut Islam.
    • Mengenal dan Mendekat pada Allah, perlu diingat bahwa kita tidak hidup sendirian di dunia ini karena Allah sangat dekat dengan hambanya serta akan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan. Kita dapat melepaskan kecemasan serta pasrahkan segalanya kepada Allah karena rencana Allah yang terbaik.
    • Menjalankan Shalat, dalam surat al baqarah ayat 45 diterangkan bahwa untuk meminta pertolongan dengan kesabaran harus disertai dengan mengerjakan shalat. Karena shalat merupakan rutinitas terbaik yang sebetulnya kita butuhkan. Hal ini karena shalat dapat menjadi cara agar tidak stres.
    • Menggunakan Akal Pikiran dalam Mencerna Masalah, di dalam surat az-zumar ayat 9 Allah memerintahkan untuk menggunakan akal dibanding menggunakan hawa nafsu. karena pemecahan masalah memang hanya didapatkan ketika kita dapat berpikir menggunakan akal yang jernih bukan dengan menggunakan perasaan berkecamuk.
    • Bergaul dengan Orang-Orang Baik, dengan bergaul bersama orang-orang baik dan sholeh, maka diri kita akan terkondisikan dan selalu diingatkan dengan hal-hal yang baik. Tentu saja kita akan terus ingatkan untuk selalu mengingat Allah serta bersabar dalam kondisi apapun.
    • Berbagi dengan Orang Lain yang Membutuhkan, rupanya membantu dan memahami penderitaan orang-orang merupakan cara agar tidak stres. Hal tersebut dapat membuat kita menjadi di lebih paham bahwa terdapat orang yang penderitaan dan kesulitan nya melebihi dari apa yang kita alami.

    Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat menangani stres yang melanda. Alangkah lebih baik jika kita mengistirahatkan diri kita terlebih dahulu sebelum mengambil langkah atau berbuat sesuatu. Kita perlu sering untuk menjernihkan pikiran dan berpikir lebih rasional dalam menghadapi segala sesuatu sebagai cara agar tidak stres. Bagaimana menurut Anda?

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Ketahui Beberapa Cara Agar Tidak Stres"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel