Beginilah Cara Detailing Mobil yang Benar, Harus Hati-Hati, Ya!

Daftar Isi [Tutup]

    Beginilah Cara Detailing Mobil yang Benar, Harus Hati-Hati, Ya! Penggunaan mobil di Indonesia sangatlah banyak. Tidak heran jika setiap ada inovasi terbaru, banyak orang yang langsung membelinya. Bukan hanya sebagai alat transportasi saja, beberapa orang justru membeli mobil sebagai pembeda kelas atau justru suka mengoleksinya.

    Ketika memiliki sesuatu, tentu saja harus mengetahui cara melakukan perawatannya. Hal ini juga berlaku untuk mobil dan kendaraan lainnya. Biasanya, seiring penggunaan mobil, tentu saja mesin mengalami perubahan kondisi. Berbagai macam hal, seperti debu, sampai serangga bisa membuat kebersihan mesin menjadi terganggu. Oleh sebab itu, kamu harus rajin melakukan pembersihan dan perawatan dari mobil ini.

    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawatnya, salah satunya adalah dengan cara detailing mobil. Maksudnya pembersihan dan perawatan sampai ke detail-detail mesin mobil. Biasanya, untuk melakukan hal ini orang-orang memilih untuk pergi ke tempat jasa yang memang bisa dengan mudah ditemukan. Hanya saja, ada juga yang memilih untuk melakukannya sendiri.

    Jika kamu mau melakukan detailing mobil, maka ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Berbagai macam peralatan ini nantinya akan sangat membantu dalam proses detailing. Beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan antara lain kuas, sikat, cairan pembersih serba guna atau air sabun, beberapa buah kain lap, sampai degreaser.

    Alasan menggunakan beberapa buah kain lap adalah untuk digunakan pada bagian awal dan yang lainnya digunakan untuk proses pengeringan. Sebenarnya, selain harus memiliki bahan untuk membersihkan mesin mobil, akan lebih mudah juga ketika kamu memiliki alat blower dan steam uap. Jika memang tidak mempunyai, tidak apa-apa, karena dengan beberapa peralatan tadi bisa membuat mobil menjadi lebih bersih.

    Tahap Awal Pembersihan Mobil

    Sebelum melakukan proses detailing, tentu saja kamu harus membersihkan mobil terlebih dahulu atau bisa dikatakan sebagai tahap dasarnya. Di mana, kamu hanya perlu melunturkan kotoran-kotoran ringan di permukaan mesin. Setelah itu, untuk membuat hasilnya menjadi lebih baik, maka gunakanlah cairan pembersih untuk memaksimalkan hasilnya.

    Cara membersihkan mesin mobil matic ini bisa dilakukan dengan permukaan lebar terlebih dahulu. Setelah itu, bisa langsung membersihkan bagian celahnya. Proses selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan membilas dan mengeringkannya. Setelah ini, kamu bisa melakukan proses detailing. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu pada proses ini.

    Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Melakukan Detailing Mobil

    Memastikan mobil dalam keadaan dingin

    Diperhatikan Ketika Akan Melakukan Detailing Mobil - Memastikan mobil dalam keadaan dingin

    Karena di dalam mesin mobil terdapat komponen-komponen kelistrikan, maka kamu tidak bisa langsung melakukan proses detailing. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka akan membuat masalah dan membahayakan diri. Di sini juga kamu harus menghindari untuk tidak menggunakan air mengalir selama proses pengerjaan. Jadi, alangkah lebih baiknya ketika menggunakan air secukupnya saja.

    Untuk melakukan cara detailing mobil maka akan lebih baik dilakukan ketika memang mobil belum digunakan. Sehingga, mesin mobilnya dingin. Jika memang ingin melakukan proses ini ketika sudah bepergian atau mesin mobil masih dalam keadaan panas, maka kamu bisa menunggunya sekitar 30-45 menit terlebih dahulu. Selepas itu, bisa melakukan proses detailing ini.

    Membersihkan debu atau kotoran-kotoran ringan

    Diperhatikan Ketika Akan Melakukan Detailing Mobil - Membersihkan debu atau kotoran-kotoran ringan

    Ketika mesinnya sudah mati atau dingin, kamu bisa memulai proses detailing dengan membersihkan debu dan kotoran-kotoran ringan. Bersihkanlah debu dan kotoran yang ada di permukaan mesin. Proses ini bisa dilakukan menggunakan lap atau lebih mudah ketika menggunakan blower. Di sini, kamu bisa memulai dari permukaan lebar sampai ke sela-sela. Pada proses ini tentu saja tidak perlu menggunakan air.

    Melepaskan aki mobil

    Diperhatikan Ketika Akan Melakukan Detailing Mobil - Melepaskan aki mobil

    Sebelum melakukan proses selanjutnya yang menggunakan cairan pembersih ruang mesin mobil, kamu harus melepaskan aki mobil terlebih dahulu. Aki mobil ini perlu dilepaskan untuk menghindari korsleting saat melakukan pembersihan menggunakan cairan pembersih. Selain itu, ketika aki mobilnya dilepas, maka akan lebih mudah juga membersihkan bagian bawah tempat penyimpanan aki mobil.

    Biasanya, di bagian ini terdapat banyak kotoran. Oleh sebab itu, dengan melepas akinya, maka kotoran tersebut bisa dibersihkan dengan baik dan maksimal. Setelah dilepas, maka simpanlah aki di tempat yang kering dan aman. Jangan lupa juga untuk menyimpan baut-baut dan komponen lainnya di tempat yang mudah ditemukan.

    Melakukan pembersihan pada bagian kap mesin

    Diperhatikan Ketika Akan Melakukan Detailing Mobil - Melakukan pembersihan pada bagian kap mesin

    Proses selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membersihkan bagian kap mesin. Di sini, kamu bisa meninggalkan komponen mesin-mesin terlebih dahulu. Kap mobil dilakukan pembersihan terlebih dahulu karena memang berada di bagian atas. Jika bagian ini dibersihkan pada tahap terakhir, ada kemungkinan bahwa kotorannya akan jatuh ke bagian bawahnya.

    Untuk membersihkan bagian kap mobil ini, bisa dilakukan dengan memanfaatkan cairan pembersih serbaguna. Nantinya, bersihkanlah kotoran yang menempel menggunakan kuas atau sikat. Setelah selesai, maka bisa membilasnya secara perlahan. Dalam cara detailing mobil yang satu ini, perlu dilakukan secara perlahan, agar cipratan air tidak berantakan ke permukaan mesin. Setelah selesai, kamu bisa mengeringkannya menggunakan lap lain.

    Melakukan detailing dengan sabar dan menyeluruh

    Diperhatikan Ketika Akan Melakukan Detailing Mobil - Melakukan detailing dengan sabar dan menyeluruh

    Karena memang terdapat beberapa celah yang susah untuk digapai, maka untuk melakukan proses ini, kamu perlu sabar. Untuk menggapai celah tersebut, kamu bisa menggunakan kuas dan sikat.

    Demikianlah beberapa cara detailing mobil yang perlu dilakukan olehmu. Di sini, tingkat kesabaran perlu ditingkatkan untuk membuat mesin mobil menjadi bersih kembali.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Beginilah Cara Detailing Mobil yang Benar, Harus Hati-Hati, Ya!"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel