Perkembangan Teknologi Informasi

Daftar Isi [Tutup]

    Perkembangan Teknologi Informasi. Transformasi teknologi terbukti berkembang pesat sehingga berhasil memunculkan versi teknologi canggih saat ini. Dengan perkembangan teknologi menjadikan manusia yang masih hidup bertindak cepat dan mudah mendapat informasi apapun itu. Maka tidak dapat disangkal lagi bahwa globalisasi datang lebih cepat dibanding dugaan beberapa pihak yang menyatakan perkembangan dunia bertahap. Dampak inilah yang sekarang dirasakan oleh banyak kalangan hingga menembus batas antar negara.

    Internet, virtual office, electronic data interchange, telemedicine, electronic commerce, dan yang lain sebagainya adalah semua contoh dari perkembangan teknologi informasi. Perkembangan tersebut mampu menghasilkan revolusi dalam bidang informasi. Anda tahu bahwa dulu informasi dan data membutuhkan waktu berhari-hari untuk dapat tersampaikan kepada tujuan. Namun dengan perkembangan teknologi dapat menjadikan informasi tersampaikan kepada tujuan dengan hitungan detik saja.

    Kecepatan teknologi di atas menjadi sebuah ide dari para pakar otomotif di dunia. Mereka mempunyai cita-cita jika perkembangan dunia teknologi otomotif dapat berkembang seperti informasi pasti mereka dapat membuat kendaraan canggih dengan kecepatan maksimal. Dapat diyakini bahwa, jika hal tersebut terjadi mungkin di dunia Anda dapat memiliki kendaraan yang mempunyai kecepatan jalan hingga 10.000 km/jam. Maka dampak perkembangan informasi tersebut diharapkan dapat signifikan dengan persaingan dunia. Maksudnya bisa berpengaruh besar dengan perusahaan yang bergerak dalam dunia pekerjaan dan jasa.

    Sejarah mencatat terdapat empat periode perkembangan teknologi informasi. Yaitu terangkum sejak teknologi informasi berkembang dengan muncul teknologi baru yang bernama komputer dan masih ada sampai saat ini. Komputer inilah yang menjadi acuan dari perkembangan tersebut. Untuk memajukan komputer hingga mampu mengoperasikan data secanggih zaman sekarang didukung oleh banyak teori tentang perusahaan modern. Semua pakar teknologi berkumpul untuk merumuskan teori yang dapat merubah informasi secanggih sekarang. Sehingga dari ilmuwan tersebut warna dan variasi teknologi dapat tercipta dengan manajemen canggih era modern saat ini.

    Banyak disangka juga jika masih ada perusahaan tidak dapat mengatur perkembangan tersebut dengan baik. Maka mungkin yang mereka rasakan hanyalah sebatas kegunaan komputer sebagai alat administratif saja. Sebuah keterlambatan jika gaya pikir mereka tidak didasari dengan teori yang pernah dicetuskan para ahli IT. Jadi jika memang terbukti masih banyak keterlambatan tersebut sebaiknya ada pihak yang beradaptasi dengan teori-teori baru tersebut. Mulai teori tentang organisasi, manajemen, maupun teknologi informasi dapat merubah budaya lokal masuk dalam budaya teknologi canggih yang mampu membawa perubahan.

    Padahal menoleh sejarah perkembangan komputer sudah dimulai sejak awal tahun 1960 an ketika IBM memperkenalkan mini computer dan mainframe di dunia industri. IBM menggunakan mini komputer sebagai keperluan pengelolaan data dan memanfaatkannya untuk memajukan perusahaan. Sudah terbukti bahwa IBM saat ini mampu membentuk manajemen terbaiknya dan membuat waktu dan biaya menjadi tertata rapi. IBM yakin dengan perkembangan teknologi informasi tersebut kompetisi yang ketat menjadi mudah dijalankan. Sehingga perusahaan IBM terhindar dari praktek monopoli curang dan perangkat komputer tersebut dijadikan sebagai pembantu administrasi perusahaan setiap harinya.

    Kegunaan Teknologi Informasi

    Era ketiga adalah masa yang membutuhkan teknologi informasi canggih. Alasannya akuntansi tanpa teknologi tersebut tidak dapat beroperasi dengan baik dan cepat. Maka berikut banyak fungsi dari teknologi informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pengumpulan, melaporkan, menganalisis, dan menyebarkan informasi.

    Automated Data Capture

    Perkembangan Teknologi Informasi Automated Data Capture

    Keuntungan terbesar dari teknologi informasi adalah memberi kesempatan merancang usaha yang digeluti menjadi baik dan benar. Diantaranya merancang interface customer yang baik. Selain itu dari teknologi tersebut karyawan dapat dilatih dengan supplier yang memanfaatkan banyak integrasi data secara otomatis dan dicapture.

    Instantaneous Access and Processing

    Perkembangan Teknologi Informasi Instantaneous Access and Processing

    Dengan perkembangan tersebut waktu dapat dianalisis secara cepat dan tepat. Sehingga data pasar mampu dianalisis sesuai dengan real time dan data tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan secara cepat.

    Geographical Freedom

    Perkembangan Teknologi Informasi Geographical Freedom

    Daerah yang kiranya terpencil dapat teratasi dengan perkembangan teknologi informasi. Faktanya informasi berupa data akuntansi dapat ditunjukkan oleh perusahaan kepada manajer secara cepat. Maksudnya data dapat dikirim melalui internet dan menggunakan alat komputer khususnya.

    Fally Versatile Analysis and Reporting

    Perkembangan Teknologi Informasi Fally Versatile Analysis and Reporting

    Perkembangan teknologi dapat memunculkan format-format data terbaru sesuai keinginan perusahaan. Jadi komputer dapat mewujudkan data berupa kolom ataupun hanya berbentuk narasi sesuai keinginan manajer dan konsumen perusahaan yang membutuhkannya. Karena banyak fitur terbaru dari komputer yang dijadikan penunjang data akuntansi perusahaan.

    Capacity for Additional Data Types

    Perkembangan Teknologi Informasi Capacity for Additional Data Types

    Dengan teknologi informasi yang canggih informasi dan data dapat udah ditambahkan oleh karyawan sesuai perintah manajer. Dapat Anda bayangkan jika sewaktu-waktu manager membutuhkan data secara cepat dari data sebelumnya. Jadi fungsi teknologi kali ini mempercepat kinerja karyawan dalam memproses data tanpa merancang dari awal struktur dari data yang dibutuhkan.

    Access to External Databases

    Perkembangan Teknologi Informasi Access to External Databases

    Dapat Anda ketahui dengan komputer dan kecanggihan teknologi yang ada maka data yang dahulunya disimpan namun dilupakan oleh banyak pihak dapat dicari secara cepat. Jadi fungsi komputer saat ini sebagai pembuka data base eksternal. Maksudnya selain data yang diperlukan perusahaan banyak data yang dapat diakses mudah dengan cara browsing dengan internet. Dari situlah data akan mudah dilengkapi dan dicari. Seperti gambar terkait pasar dari pesaing perusahaan dan data base masyarakat yang diperlukan sesuai permintaan manajemen perusahaan.

    Itulah tadi kepentingan dari kecanggihan teknologi informasi yang sangat dibutuhkan dalam membentuk sistem akuntansi perusahaan. Dari perkembangan tersebut Anda dapat berhadap banyak pergeseran praktek usaha dan pergeseran pola pikir untuk memajukan perusahaan. Jadi inovasi dapat Anda bentuk secara optimal bersama team bekerja.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Teknologi Informasi"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel