Perlengkapan Safety Riding Motor

Daftar Isi [Tutup]

    Perlengkapan Safety Riding Motor - Sebagai pengendara yang baik, maka perlengkapan Safety riding motor menjadi hal utama yang harus dipersiapkan ketika ingin melakukan perjalanan. Tujuan dari pengguna perlengkapan ini agar pengendara bisa mengurangi risiko kecelakaan yang terjadi di jalan. Tentunya ini membuat safety riding motor menjadi alasan penting untuk Anda terapkan.

    Selain itu, penerapan ini juga bisa membantu Anda agar tetap nyaman ketika melakukan perjalanan. Pasalnya, pengendara akan menggunakan berbagai perlengkapan, seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, serta masker untuk melindungi pernapasan dari serang polusi udara. Berikut ini ulasan mengenai perlengkapan untuk safety riding dalam berkendara menggunakan sepeda motor:

    Tujuan dari Safety Riding

    Berkendara menggunakan sepeda motor merupakan hal yang sering dilakukan oleh banyak orang. Pasalnya, kendaraan roda dua ini lebih praktis untuk digunakan dalam berbagai medan perjalanan. Biaya perjalanan yang dikeluarkan juga lebih hemat jika dibandingkan dengan mobil. Namun, risiko kecelakaan lalu lintas yang dihasilkan dalam berkendara menggunakan sepeda motor tergolong cukup tinggi.

    Masalah umum yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas ketika berkendara, yakni adanya pelanggaran dari pengguna jalan. Mulai dari masalah kondisi sepeda motor yang tidak optimal dikarenakan jarang diservis ataupun kelalaian lainnya yang disebabkan oleh pengendara. Tentunya ini perlu Anda perhatikan agar tidak merugikan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

    Cara yang tepat untuk meminimalkan kecelakaan ini adalah menerapkan berliku safety riding atau keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Tujuan safety riding, yakni menuntut pengendara untuk melengkapi diri dengan tingkat keamanan yang cukup agar dapat mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas ketika melakukan perjalanan.

    Selain itu, penerapan perilaku ini juga sudah diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 yang membahas mengenai undang-undang safety riding. Berdasarkan hal ini, penerapan perilaku Safety Riding menjadi Program Nasional yang harus didukung dan dilaksanakan secara penuh agar tercipta keselamatan serta keamanan untuk diri sendiri maupun orang lain ketika berada di jalan raya.

    Perlengkapan Safety Riding

    Perlengkapan safety riding menjadi alat keselamatan berkendara yang wajib untuk dimiliki ketika melakukan perjalanan. Adanya alat ini dapat membantu Anda untuk meminimalkan tingkat kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Berikut ini perlengkapan-perlengkapan yang harus digunakan ketika berkendara menggunakan sepeda motor atau roda dua:

    1. Helm atau Pelindung Kepala

    Perlengkapan Safety Riding Motor

    Helm menjadi alat yang wajib pertama yang harus Anda gunakan ketika melakukan perjalanan menggunakan kendaraan sepeda motor. Pasalnya, penggunaan ini mampu melindungi kepala Anda dari benturan benda keras ataupun sebagainya. Terdapat berbagai jenis helm yang bisa kamu dapatkan di toko perlengkapan safety riding motor.

    Mulai dari helm Half Face, Full Face, Modular atau Flip Up, dan Open Face. Tentunya Anda bisa memilih helm yang memiliki kriteria nyaman dan aman untuk digunakan dalam berkendara. Jika ingin mencari helm yang nyaman serta aman, maka pilihlah helm yang memiliki tanda “DOT”. Selain itu, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan helm berjenis half face ketika ingin melakukan perjalanan di luar kota.

    Selain itu, penggunaan helm juga sudah diatur oleh pemerintah dalam pasal 106 ayat 7 UU No. 22 Tahun 2009. Makna dari bunyi undang-undang ini meminta setiap pengendara sepeda motor untuk wajib menggunakan helm berkriteria SNI atau Standar Nasional Indonesia.

    2. Jaket

    Perlengkapan Safety Riding Motor

    Perlengkapan safety riding motor selanjutnya yang harus Anda kenakan adalah jaket. Saat ini sudah banyak jaket dengan berbagai macam bahan serta model yang bisa dipilih. Anda bisa menggunakan jaket yang bisa menyerap keringat dan tidak tembus angin agar nyaman untuk digunakan dalam berkendara. Jenis jaket ini berbahan Cordura yang tahan dengan gesekan dan juga sudah dilapisi dengan bahan katun.

    3. Celana Panjang

    Perlengkapan Safety Riding Motor

    Anda dapat memilih celana panjang yang terbuat dari bahan tebal, seperti Cordura, Soft Canvas, Jeans, dan kulit Gore-lex. Bahan-bahan ini memiliki daya tahan yang cukup baik dari berbagai gesekan. Namun, yang menjadi kekurangan adalah tidak nyaman untuk dipakai ketika cuaca panas.

    Selain itu, terdapat juga celana khusus touring yang bisa dipilih. Tentunya celana ini sudah dilengkapi dengan berbagai proteksi.

    4. Sepatu

    Perlengkapan Safety Riding Motor

    Perlengkapan berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah sepatu. Gunakan sepatu yang memiliki bahan lunak pada bagian sendi engsel depan. Hal ini bertujuan agar memudahkan Anda dalam melakukan transmisi kendaraan sepeda motor berjenis manual.

    Selain itu, pastikan juga bahwa sepatu touring yang dipilih sudah memenuhi standar ISO. Di bawah ini klasifikasi sepatu yang memenuhi syarat nyaman dan aman:

    · Sepatu harus tinggi melewati mata agar bisa melindunginya
    · Disarankan tidak bertali dan nyaman untuk digunakan ketika berkendara
    · Material sol sepatu harus dibuat dari karet agar tidak licin
    · Memiliki toe cap atau pelindung pada ujung jari kaki
    · Memiliki sirkulasi udara yang baik serta dilapisi dengan bahan lembut pada bagian dalam sepatu

    Diusahakan juga untuk memiliki sepatu yang lebih besar dari ukuran asli kaki. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kaki yang bisa mengalami pembengkakan ketika melakukan perjalanan jauh. Anda dapat melebihkan ukuran sebesar 1 cm ataupun secukupnya agar tetap nyaman untuk digunakan ketika berkendara.

    5. Sarung Tangan

    Perlengkapan Safety Riding Motor

    Sarung tangan atau disebut Glove ini bisa menjadi pelindung Anda ketika cuaca hujan ataupun panas. Selain itu, fungsi lainnya adalah sebagai peredam risiko kecelakaan saat berkendara. Umumnya, ketika pengendara mengalami kecelakaan, maka secara langsung tangan akan menyentuh aspal untuk menahan benturan badan ataupun sebagainya.

    Hal ini membuat sarung tangan menjadi perlengkapan yang sangat penting digunakan dalam safety riding touring. Terdapat banyak jenis glove atau sarung tangan yang bisa Anda pilih, mulai dari bahan kulit hingga synthetic. Dianjurkan untuk memilih jenis bahan kulit dikarenakan bahan ini tidak bisa meneruskan sifat panas yang ditimbulkan dari gesekan dengan permukaan aspal.

    Jika memilih bahan synthetic, maka hanya bisa Anda gunakan dalam jangka waktu yang singkat. Hal ini mengingat bahan tersebut yang bisa menimbulkan rasa panas pada bagian kulit luar. Selain itu, Anda juga bisa memilih bahan glover dari material serat karbon atau kevlar sebagai pelindung untuk bagian jari-jari tangan.

    6. Masker

    Perlengkapan Safety Riding Motor

    Perlengkapan safety riding motor terakhir yang bisa Anda gunakan adalah masker atau penutup bagian hidung wajah. Sebagai pertimbangan, pilihlah jenis masker yang nyaman untuk digunakan serta bisa melindungi pernapasan dari serangan polusi udara. Hindari penggunaan masker yang memiliki bahan fiberglass dikarenakan bahan ini memiliki patahan pada bagian tepi.

    Tentunya ini bisa menyebabkan cedera tambahan pada pengguna ketika terjadi kecelakaan. Anda bisa memilih masker dengan bahan serat karbon ataupun kevlar sebagai penggantinya. Bahan ini dipilih dikarenakan nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama serta bisa menyerap polusi udara dengan sangat baik.

    Perlengkapan safety riding menjadi alat penting yang perlu Anda gunakan ketika akan berkendara menggunakan sepeda motor. Selain bisa mengurangi risiko kecelakaan, penggunaan ini dapat membantu pengendara agar lebih nyaman melakukan perjalanan jauh. Tentunya juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan badan agar bisa berkonsentrasi dan fokus penuh ketika berkendara.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Perlengkapan Safety Riding Motor"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel