Supaya Tidak Mudah Mogok, Ini 7 Teknik Perawatan Motor Saat Musim Hujan

Daftar Isi [Tutup]

    Supaya Tidak Mudah Mogok, Ini 7 Teknik Perawatan Motor Saat Musim Hujan - Motor merupakan salah satu jenis transportasi yang paling banyak digunakan saat ini, baik di kota besar maupun pedesaan. Tak terbatas hanya kaum pria saja yang menggunakannya, kini banyak wanita juga remaja. Dengan alasan lebih mudah dan cepat untuk mencapai tujuan, motor menjadi pilihan utama banyak orang.

    Kini motor digunakan bukan hanya untuk aktifitas sehari-hari seperti ke kantor, pasar, sekolah saja, juga untuk jarak jauh. Tak sedikit orang yang melakukan perjalanan cukup jauh seperti momen mudik menggunakan kendaraan beroda dua juga. Dengan berbagai alasan seperti hanya memiliki kendaraan tersebut, lebih cepat, lebih hemat dan masih banyak lagi.

    Akhir tahun di Indonesia merupakan waktu yang sangat identik dengan musim hujan. Jika sudah musim hujan, beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami banjir dan membuat kendaraan, terutama roda dua harus lebih ekstra melewati medan tempuh atau jalanan becek dan berlumpur, bahkan banjir.

    Bagi para pengguna sepeda motor, selain sulitnya melewati jalanan yang berlumpur, musim hujan juga menimbulkan efek tersendiri terhadap kendaraannya. Sebab, sifat asam yang terkandung dalam air hujan dapat membuat mesin motor mengalami sejumlah kendala atau masalah, salah satunya yaitu mesin motor menjadi mogok.

    Nah, agar performa mesin tetap optimal di musim hujan, lakukan 7 teknik berikut ini dalam melakukan perawatan motor Anda.

    Segera Cuci Motor Setelah Kehujanan

    7 Teknik Perawatan Motor Saat Musim Hujan

    Agar mesin motor Anda tidak gampang mogok, segera cuci motor Anda setelah digunakan di tengah hujan. Jika tidak, kandungan asam yang terdapat pada air hujan akan dapat membuat motor Anda berkarat dan kilau cat luar motor juga perlahan menghilang. Jika Anda tidak sempat melakukan teknik perawatan motor ini selepas menggunakannya, maka bilas motor menggunakan air bersih.

    Periksa Tekanan Ban Motor Setelah Menerobos Genangan Air

    7 Teknik Perawatan Motor Saat Musim Hujan

    Untuk memeriksa tekanan pada ban motor, Anda bisa menekan bam dengan jempol. Apabila Anda merasa tekanan ban kurang, maka segera lakukan pengisian angin. Sebab, tekanan udara yang kurang dapat membuat telapak ban langsung bersentuhan dengan aspal. Kondisi tersebut akan membuat tarikan motor lebih berat dan ban menjadi lebih cepat aus atau gundul dan tipis.

    Lindungi Rantai Ban Motor

    7 Teknik Perawatan Motor Saat Musim Hujan

    Tak berbeda dengan cat body, rantai ban yang sering terkena air hujan juga bisa berkarat. Oleh sebab itu, berikan perlindungannya secara maksimal dengan cara mengencangkan rantai setelah dikendarai di tengah hujan.

    Cabut Kop atau Karet Penutup Busi dan Bersihkan dengan Lap

    7 Teknik Perawatan Motor Saat Musim Hujan

    Setelah digunakan di tengah hujan, Anda perlu mengecek busi dan kabelnya. Jika komponen tersebut basah, maka motor Anda akan sulit dinyalakan akibat pengapian yang terhambat. Untuk mencegahnya, teknik perawatan motor yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengelap atau meniup agar airnya hilang dan busi juga menjadi lebih bersih.

    Injak-Injak Pedal Rem

    7 Teknik Perawatan Motor Saat Musim Hujan

    Pedal rem akan terasa lebih keras ketika diinjak akibat sering terkena air yang kotor. Sebab, saat genangan air masuk ke disk cakram, rem akan langsung terbuka. Oleh sebab itu, injak-injak setelah dibersihkan agar rem lebih pakem dan kanvas tidak kering.

    Pastikan Kabel Body Tetap Kering

    7 Teknik Perawatan Motor Saat Musim Hujan

    Apabila kabel pada body motor basah, akan mengakibatkan rusaknya komponen lain dan juga korsleting. Oleh sebab itu, pastikan kabel body motor tertutup agar dapat mencegah kerusakan dini pada motor. Lakukan pengecekan rutin terhadap kabel body agar motor tidak sering mogok.

    Perhatikan Bagian Knalpot

    7 Teknik Perawatan Motor Saat Musim Hujan

    Selain body dan sayap roda atau spakbor, kotoran yang terdapat pada air hujan juga dapat mengotori leher knalpot. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan knalpot agar sistem pembuangan tidak terganggu dan berfungsi dengan baik. Anda dapat mengeluarkan air hujan dan menyemprotkan oli ke dalam knalpot. Olesi bagian leher knalpot dengan grease.

    Demikianlah teknik perawatan motor yang perlu Anda lakukan saat musim hujan. Sangat sederhana tetapi sering dilupakan dan disepelekan oleh para pengguna sepeda motor. Jangan lupa bersihkan kotak saringan udara dan lap motor serta bagian dalam yang terkena air hujan.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Supaya Tidak Mudah Mogok, Ini 7 Teknik Perawatan Motor Saat Musim Hujan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel