Cara Penggunaan Kunci Shock Krisbow Dengan Benar - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Cara Penggunaan Kunci Shock Krisbow Dengan Benar

Jika anda termasuk pemula dalam hal bongkar pasang bagian-bagian dari kendaraan, ada baiknya anda mengetahui bagaimana cara penggunaan kunci shock yang benar.
Cara Penggunaan Kunci Shock Krisbow Dengan Benar

Cara Penggunaan Kunci Shock Krisbow Dengan Benar - Tahukah anda apa itu kunci shock? Ya, bagi anda yang gemar otak atik dan bongkar kendaraan atau anda yang bekerja di bengkel tentu tidak akan asing dengan yang namanya kunci shock. Alat ini digunakan sebagai senjata utama para montir untuk memasang ataupun melepas mur pada kendaraan. Cara pemakaiannya dengan memasangkan handle dengan mata kunci sesuai dengan kebutuhan dan ukuran mur.

Kunci shock krisbow adalah satu dari beberapa merk kunci shock yang sering digunakan di dunia perbengkelan. Akan tetapi jika anda termasuk pemula dalam hal bongkar pasang bagian-bagian dari kendaraan, ada baiknya anda mengetahui bagaimana cara penggunaan kunci shock yang benar.

Perlu diketahui bahwa alat ini memiliki berbagai macam ukuran yang bisa disesuaikan dengan mur yang akan dilepas atau dipasang. Dengan cara-cara penggunaan yang benar sesuai dengan bagian-bagiannya adalah sebagai berikut.

• Bagian kunci shock

Pada bagian ini anda bisa memilih ukuran sesuai dengan ukuran mur yang ingin anda pasang atau lepas. Selain itu, kedalaman letak dari setiap mur juga berbeda-beda dan ini juga bisa anda sesuaikan. Kunci shock krisbow biasanya memiliki dua jenis kedalaman yaitu yang biasa dan yang dalam. Umumnya kunci shock ini bisa untuk melepas setiap mur yang bersegi 6. Bentuk kunci yang pas dengan setiap sisi mur akan membuat mur lebih awet.

• Bagian adapter sambungan

Cara Penggunaan Kunci Shock Krisbow Dengan Benar

Gunakanlah bagian adaptor sambungan ini sebagai pengganti bagian penggerak yang berbentuk segi 4. Penggunaan ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi bagian yang ingin anda lepas atau anda kencangkan. Ini akan mempengaruhi besar atau kecilnya momen yang dihasilkan saat pengencangan baut.

• Penggerak segi 4

Penggerak segi empat ini memungkinkan anda untuk menggunakan kunci shock krisbow pada bagian-bagian kendaraan yang jangkauannya terbatas. Bagian ini memungkinkan anda untuk menggerakkan pada dua arah sekaligus (ke kanan maupun ke kiri). Anda pun juga bebas untuk mengganti tingkat kemiringan sudut handle, sehingga anda bisa memberikan momen yang pas pada mur yang akan anda kencangkan.

• Bagian batang penyambung

Cara Penggunaan Kunci Shock Krisbow Dengan Benar

Penggunaan bagian yang satu ini adalah ketika anda ingin melepas atau memasang mur dengan kedalaman yang sudah tidak bisa dijangkau. Sehingga anda memerlukan batang sambungan ini agar mur dapat dipasang atau dilepas.

• Handle pemintal

Anda akan membutuhkan bagian ini jika anda ingin melepas atau memasang mur yang membutuhkan momen besar. Handle ini bergerak dengan engsel, yang mana tingkat kemiringan sudutnya bisa anda sesuaikan dengan kunci shock yang terpasang. Kelebihan alat ini adalah bisa anda sesuaikan panjang pendeknya untuk mendapatkan momen yang anda butuhkan.

• Handle bergeser (Stang Geser)

Cara Penggunaan Kunci Shock Krisbow Dengan Benar

Seperti namanya, salah satu bagian dari kunci shock krisbow ini bisa di geser membentuk huruf T maupun L. Penggunaannya pun juga berbeda yakni untuk pergeseran berbentuk T biasanya digunakan untuk pelepasan dan pemasangan baut dengan kecepatan tertentu. Sedangkan pergeseran dengan bentuk L digunakan untuk pelepasan dan pemasangan yang membutuhkan momen yang besar. Di sini anda bisa menempatkan kekuatan momen yang lebih dibandingkan dengan bentuk T.

• Bagian ratchet

Cara Penggunaan Kunci Shock Krisbow Dengan Benar

Pada bagian ratchet ini, akan memungkinkan anda untuk dapat memutar ke dua arah dalam penggunaanya. Untuk menggunakan ratchet ini anda bisa mengatur tuas ke kanan untuk mengencangkan mur, dan ke kiri untuk melepaskan mur. Sangat mudah digunakan sebab anda tidak perlu mengangkat kunci shock pada saat pemakaiannya. Ratchet ini juga dapat disetting dengan sudut balik yang kecil untuk pemakaian pada bagian yang terbatas.

Nah, sekarang anda sudah mengetahui cara penggunaan kunci shock krisbow yang benar, pastikan anda bisa menyeting seluruh bagian tadi dengan benar dan disesuaikan dengan penggunaanya. Dan yang perlu anda ketahui adalah, ketika anda akan memasang dan mengencangkan mur, ada baiknya jika anda memberikan momen yang pas dan tidak berlebihan. Sehingga antara mur dan juga pasangan (pasaknya) bisa awet dan tahan lama dan juga mudah untuk kembali dilepas.

Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar