Cara Menghilangkan Karat pada Mesin Mobil yang Mudah dan Praktis

Daftar Isi [Tutup]

    Cara Menghilangkan Karat pada Mesin Mobil yang Mudah dan Praktis - Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam merawat mobil adalah fungsi dari mesin mobil itu sendiri. Banyak sekali permasalahan yang bisa terjadi jika tidak dirawat secara teratur, salah satunya adalah timbulnya karat pada bagian mesin mobil. Ketika karat mulai muncul dan tidak ditangani dengan baik dan benar akan memperparah kondisi kendaraan itu sendiri.

    Lambat laun, karat tersebut akan membuat komponen dalam mesin menjadi tidak berfungsi. Akibatnya, kenyamanan Anda dalam berkendara pun bisa terganggu. Untuk itu, sangat penting bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui apa yang menyebabkan timbulnya karat dan bagaimana cara merawatnya.

    Penyebab Munculnya Karat pada Mobil

    Cara Menghilangkan Karat pada Mesin Mobil yang Mudah dan Praktis

    Kendaraan bermesin baik roda empat atau roda dua membutuhkan oli sebagai pelumas mesin. Walaupun bermanfaat, sisa-sisa oli ini juga memiliki efek yang sangat merugikan. Komponen mesin dengan sisa oli yang menempel bisa bercampur dengan debu dan kotoran lainnya.

    Adanya endapan dari sisa-sisa pembakaran pada bagian injektor bensin dan katup pipa juga bisa mengakibatkan karat pada mesin. Akibatnya, tumpukan pembakaran tersebut akan memengaruhi sistem pembakaran. Kedua kondisi inilah yang membuat timbulnya karat pada mesin jika tidak segera dibersihkan. Walaupun usia kendaraan masih tergolong muda, jika tidak ada perawatan yang baik tentu akan membuat performa mobil menjadi terganggu.

    Bahan untuk Menghilangkan Karat

    Prinsipnya, cara menghilangkan karat pada mesin mobil sama halnya dengan membersihkan karat yang menempel pada benda yang terbuat dari logam. Bahkan, Anda bisa menggunakan bahan yang ada di rumah dengan cara yang mudah dan cepat.  Beberapa bahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

    - Pembersih Keramik

    Cara Menghilangkan Karat pada Mesin Mobil yang Mudah dan Praktis

    Bahan pertama yang bisa membantu menghilangkan karat pada mesin mobil adalah cairan pembersih keramik. Bahan yang satu ini mudah ditemukan di pasar tradisional maupun pasar modern dengan berbagai merk yang bisa Anda pilih.

    Sifatnya yang sangat keras bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Untuk itu, gunakan sarung tangan sebelum menggunakan cairan pembersih keramik pada mesin mobil Anda. Selain itu, usahakan jangan sampai cairan tersebut mengenai bagian mobil yang dicat karena bisa merusak lapisan cat mobil. Gunakan cairan pembersih keramik hanya pada bagian blok mesin.

    - Cuka

    Cara Menghilangkan Karat pada Mesin Mobil yang Mudah dan Praktis

    Bahan yang satu ini mungkin yang paling mudah ditemukan karena sering tersedia di dapur. Bahan tersebut adalah cuka. Sifatnya yang asam, terutama dari asam sitrat atau asam asetat sangat ampuh untuk menghilangkan kerak atau karat yang menempel di mesin mobil.

    - Baking Soda

    Cara Menghilangkan Karat pada Mesin Mobil yang Mudah dan Praktis

    Selain pembersih keramik dan cuka, cara menghilangkan karat pada mesin mobil juga bisa dengan menggunakan baking soda. Dengan memanfaatkan bahan yang satu ini, Anda akan mendapati semua karat atau kerak yang menempel pada mesin mobil akan terkikis habis secara sempurna.

    - Lemon

    Cara Menghilangkan Karat pada Mesin Mobil yang Mudah dan Praktis

    Seperti halnya cuka, lemon juga memiliki sifat asam yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan karat pada mesin mobil Anda dengan mudah. Bahkan, semakin lama mesin tersebut direndam dalam cairan lemon, semakin mudah Anda menyingkirkan karat pada mesin mobil.

    Cara Menghilangkan Karat

    Jika Anda menggunakan pembersih keramik, cara untuk menghilangkan karat adalah dengan mengoleskannya pada bagian yang berkarat dan diamkan selama beberapa menit. Dalam proses ini Anda akan melihat busa yang muncul di mesin mobil yang dibersihkan.

    Ini merupakan hal yang wajar akibat proses kimia yang terjadi. Kemudian, bersihkan bagian yang berkarat tersebut dengan menggunakan sikat sampai bersih. Jika sudah selesai, bilaslah dengan air bersih.

    Sedangkan jika menggunakan cuka, baking soda, atau lemon, pada prinsipnya sama. Khusus untuk baking soda, Anda harus melarutkannya dengan air terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Pertama-tama, bersihkan bagian mesin yang berkarat. Kemudian, rendam dengan bahan penghilang karat.

    Jangka waktu perendaman tergantung banyak sedikitnya karat yang menempel di mesin. Setelah itu, gosok dengan menggunakan sikat khusus atau bola aluminium sampai karatnya terkikis. cucilah dengan shampo atau pembersih khusus mesin mobil dan bilas dengan air bersih.

    Ada beberapa cara menghilangkan karat pada mesin mobil yang mudah, cepat, dan praktis yang bisa diterapkan. Anda bisa menggunakan pembersih keramik, cuka, lemon, ataupun baking soda. Gunakan bahan-bahan tersebut secara hati-hati agar tidak merusak lapisan cat mobil Anda.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Karat pada Mesin Mobil yang Mudah dan Praktis"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel