Wax dan Polish! Rekomendasi Cara Mencuci Mobil Tanpa Sabun

Wax dan polish! Rekomendasi cara mencuci mobil tanpa sabun - Hal paling menyenangkan saat memiliki mobil adalah melihatnya tetap bersih dan mulus. Saat mobil terlihat kotor, rasanya malas untuk menggunakannya. Apalagi kalau mau keluar sama teman-teken atau gebetan, mobil harus banget wangi dan bersih dong.

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat yang mengakibatkan semua hal bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Mulai dari makanan yang serba instan, pesan antar sekali klik, bahkan sekarang lagi tren mencuci mobil tanpa di sentuh, loh! Ada juga inovasi dari Belanda yang menciptakan temuan wax mobil yang diklaim sebagai cara mencuci mobil tanpa sabun dan air.

Yang sedang trending di kalangan “car user” saat ini adalah wax dan polish. Sebuah cara pembersihan body mobil tanpa menggunakan sabun atau shampo mobil. Apa itu wax dan polish, bagaimana cara kerjanya, dan apakah hal itu aman dilakukan untuk menjaga kebersihan mobil kita. Yuk, bersama kita ulas satu per satu.

Wax

Wax dan Polish! Rekomendasi Cara Mencuci Mobil Tanpa Sabun

Waxing merupakan hal yang dilakukan untuk melindungi cat dari body mobil agar warnanya terlihat lebih tajam dan tidak kusam. Cat pada bawaan mobil nantinya akan dilapisi dengan cairan wax berbahan sintetis yang berfungsi untuk melindungi warnanya agar terlihat lebih fresh.

Untuk perawatan seperti waxing ini akan lebih maximal dilakukan pada mobil baru. Nantinya mobil akan terlihat lebih kinclong dan cat body mobil akan lebih tahan lama lagi. Ada banyak manfaat jika Anda melakukan waxing pada mobil kesayangan Anda.

Manfaat melakukan wax adalah untuk membuat tampilan mobil Anda selalu kinclong. Bukan hanya itu, manfaat lainnya adalah untuk melindungi warna cat mobil Anda dari paparan sinar ultraviolet yang begitu tajam dan dapat membuat cat warna mobil cepat mengelupas dan pudar.

Dengan kata lain, pengaplikasian wax ini bisa memberikan efek water repellent atau yang biasa dikenal dengan efek daun talas. Tahu kan daun talah? Nah, dengan adanya cara ini bisa membuat cairan apapun yang jatuh di body mobil Anda akan langsung jatuh dan tidak akan meninggalkan bekas noda apalagi kerak (water spot).

Cara mencuci mobil tanpa sabun kali ini mudah. Cukup dengan semprotkan air pada badan mobil kemudian langsung di lap begitu saja. Hal ini akan membantu warna mobilnya senantiasa kinclong tanpa harus mencucinya lagi. Kemudian taburkan cairan wax pada body mobilnya dilanjut dengan penggelapan menggunakan serat kain microfiber atau dengan kanebo untuk tetap menjaga lapisan wax merekat dengan sempurna.

FYI, saat membubuhkan cairan wax, teknik terbaik yang dilakukan adalah dengan menuangkannya diatas kain halus ataupun spons baru diaplikasikan ke body mobil Anda. Tetapi jika ingin disemprot maka bisa langsung saja disemprotkan pelan-pelan.

Untuk wax yang gel bisa diratakan pelan-pelan dengan spons. Caranya adalah dengan memutar searah jarum jam serta diberikan sedikit tekanan. Setelah cairan wax merata barulah di lap perlahan menggunakan kain micro fiber. Pada saat Anda ingin melakukan waxing pada mobil, usahakan saat mobil dalam keadaan mati dengan suhu dingin agar cairan dapat melekat sempurna.

Polish

Wax dan Polish! Rekomendasi Cara Mencuci Mobil Tanpa Sabun

Masih berkesinambungan dengan wax, cara mencuci mobil tanpa sabun menggunakan polish dilakukan juga untuk menjaga warna cat mobil agar tetap bagus. Tetapi polish dilakukan terlebih dahulu sebelum Anda melakukan waxing mobil agar usaha meremajakan cat mobil tidak sia-sia.

Polish dilakukan bukan hanya untuk mengembalikan rona cat mobil agar terlihat baru terus, tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas goresan atau baret halus. Cairan yang digunakan pun merupakan cairan khusus yang bersifat abrasif, yakni terfokus untuk mengelupaskan cat lama dan diganti dengan wax.

Tahapan yang biasanya pemilik mobil lakukan adalah dengan washing, setelah dibersihkan maka akan lanjut dengan surface preparation kemudian melakukan polish. Setelah itu, barulah mobil di wax, dan terakhir ditambahkan dengan coating.

Bukan cuma badan yang harus dirawat agar tetap kinclong, mobil pun juga begitu. Jika kita mau menggunakan, maka kita juga harus mau merawatnya. Ternyata, ada cara mencuci mobil tanpa sabun yang bisa jadi referensi tanpa harus kotor-kotor, ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Wax dan Polish! Rekomendasi Cara Mencuci Mobil Tanpa Sabun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel