Cara Membersihkan Mobil Matic di Rumah yang Mudah

Daftar Isi [Tutup]

    Cara Membersihkan Mobil Matic di Rumah yang Mudah - Sebagai pemilik kendaraan beroda empat, Anda tidak boleh hanya memikirkan untuk memakainya saja. Perawatannya juga harus diperhatikan karena itu bisa mempengaruhi performa mobil yang digunakan. Tanpa perawatan yang baik maka performanya akan dengan mudah menurun. Supaya performa dan kinerjanya bisa bertahan lama maka harus dilakukan perawatan secara rutin.

    Cara Membersihkan Mobil Matic di Rumah yang Mudah

    Salah satu bentuk perawatan wajib yang perlu dilakukan terhadap mobil adalah melakukan pembersihan. Bukan hanya bodynya saja yang mesti dicuci bersih, bagian dalamnya juga harus dibersihkan secara teratur. Untuk membersihkan bagian dalam mobil sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi yang dibersihkan adalah bagian mesin dari mobil matic. Tidak perlu membawanya ke bengkel, jika dilakukan secara rutin, pembersihan bisa dilakukan di rumah oleh Anda sendiri. Lalu langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk membersihkan mobil matic kesayangan Anda?

    Panaskan Mesin Mobil

    Cara Membersihkan Mobil Matic di Rumah yang Mudah

    Langkah pertama dari cara membersihkan mobil matic adalah dengan memanaskan mesin mobil terlebih dahulu. Lakukan pemanasan mobil sekitar 10 menit. Setelah itu, dinginkan kembali mesin mobil. Jangan pernah melakukan pembersihan jika mesin masih terasa panas karena itu justru akan membuat mesin mobil rusak. Pastikan posisi tuas transmisi mobil matik berada pada keadaan netral (N) untuk menghindari mobil tiba-tiba bergerak. Pemanasan mesin mobil juga sebaiknya dilakukan ketika mobil akan digunakan bukan hanya saat akan membersihkan.

    Bungkus Bagian Mesin Mobil yang Memiliki Daya Listrik

    Cara Membersihkan Mobil Matic di Rumah yang Mudah

    Setelah mesin mobil dingin, bungkus bagian mesin yang mengandung daya listrik. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika pembersihan mobil dilakukan. Supaya lebih aman, bagian mesin yang mengandung daya listrik tersebut dibungkus menggunakan alumunium foil. Selain mesin, tangan Anda juga sebaiknya menggunakan sarung tangan demi keamanan juga menghindari tangan kotor karena oli atau kotoran pada mesin.

    Siram Mesin Menggunakan Air Bertekanan Rendah

    Cara Membersihkan Mobil Matic di Rumah yang Mudah

    Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan mobil matic adalah menyiram bagian dalam mobil atau mesin. Saat penyiraman ini Anda harus menggunakan air yang bertekanan rendah. Hindari menggunakan steam mobil ketika membersihkan mesin mobil matic karena tekanan yang ditimbulkan oleh steam bisa membuat mesin jadi rusak. Bukannya bersih, Anda justru harus mengganti spare part mobil.

    Bersihkan Menggunakan Spons Lembut

    Cara Membersihkan Mobil Matic di Rumah yang Mudah

    Setelah dilakukan penyiraman ke seluruh bagian mobil, bersihkan bagian mesin yang kotor menggunakan spon. Pilihlah spons yang teksturnya lembut supaya tidak terjadi goresan antara alat penggosok dan mesin. Ini akan menghindarkan terjadinya kerusakan. Selain menghindarkan kerusakan, penggunaan spons yang lembut juga memudahkan Anda dalam melakukan pembersihan setiap bagian dari mesin mobil.

    Gunakan Sabun Colek

    Cara Membersihkan Mobil Matic di Rumah yang Mudah

    Jika ada bagian dari mesin yang memiliki noda membandel, Anda bisa menggunakan sabun colek untuk membantu melunturkan kotoran tersebut. Gunakan sabun colek secukupnya saja, jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak hanya akan membuat waktu pembersihan mesin memakan waktu yang lebih lama. Sabun yang tersisa dan tidak dibersihkan dengan baik akan merusak bagian-bagian mesin.

    Kembali Panaskan Mobil

    Cara Membersihkan Mobil Matic di Rumah yang Mudah

    Setelah semua langkah dari cara membersihkan mobil matic di atas selesai Anda lakukan dan mesin sudah kering, panaskan kembali mesin mobil Anda. Tentu saja ketika memanaskan mesin ini semua alumunium foil yang digunakan sudah disingkirkan dan mesin sudah ditutup kembali. Lakukan pemanasan mesin ini selama 5 menit saja, jangan terlalu lama.

    Selain membersihkan mesin mobil matic dengan cara mencucinya lakukan juga perawatan lainnya yang akan menjaga performa mesin tetap baik. Ganti oli mobil secara teratur sehingga jalannya setiap bagian mesin tidak akan terganggu. Sebaiknya oli mobil diganti jika kendaraan tersebut sudah menempuh jarak antara 80 ribu hingga 100 ribu kilometer. Lakukan juga uji jalan setidaknya setiap beberapa bulan sekali dan juga servis ke bengkel secara berkala.

    Sedangkan untuk pencucian mesin mobil matic di rumah setidaknya bisa dilakukan setiap satu minggu sekali tergantung pada tingkat intensitas pemakaian kendaraan. Jika mobil tersebut tidak sering digunakan maka pencucian bisa dilakukan satu bulan sekali saja. Cara membersihkan mobil matic ini sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membersihkan Mobil Matic di Rumah yang Mudah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel