Inilah Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Mesin Mobil Tua Anda Tidak Mudah Mogok

Inilah Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Mesin Mobil Tua Anda Tidak Mudah Mogok - Mengoleksi mobil tua ternyata menjadi tren masa kini yang cukup banyak diminati. Perkembangan zaman ternyata tidak membuat mobil tua musnah dimakan waktu. Hingga saat ini, mobil tua menjadi salah satu barang antik yang banyak dikoleksi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Karena usianya yang sudah cukup lama, mesin mobil tua tentu tidak akan bekerja layaknya mobil baru yang saat ini ini banyak dikeluarkan oleh berbagai brand ternama. Tentu, ini mengharuskan Anda yang mengoleksi mobil tua ini untuk melakukan perawatan yang tidak biasa.

Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena berikut ini akan dibahas mengenai beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil tua agar tidak mudah mogok.

Lakukan Pemeriksaan Mesin secara Berkala

Inilah Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Mesin Mobil Tua Anda Tidak Mudah Mogok

Tips ini tentu menjadi hal terpenting dalam perawatan mobil tua. Perlu diketahui, mobil yang sudah digunakan dalam waktu yang lama akan menyebabkan mesin yang terdapat di dalamnya lebih rentan. Ini tentu akan dialami oleh mobil tua yang Anda miliki. Meskipun pada awal penggunaannya mobil tua Anda tampak baik-baik saja, permasalahan mesin mobil tua menjadi hal yang pasti akan Anda alami.

Permasalahan yang umum terjadi pada mobil tua adalah sering mengalami mogok pada saat digunakan. Tentu, ini mengharuskan Anda menyempatkan waktu untuk melakukan pemeriksaan performa mobil dengan mengecek keadaan mesinnya. Jika tidak memungkinkan untuk melakukannya sendiri Anda bisa melakukannya di bengkel profesional.

Periksa Kondisi Bahan Bakar Mesin

Inilah Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Mesin Mobil Tua Anda Tidak Mudah Mogok

Bahan bakar dari mesin tentu sangat penting untuk diperhatikan dalam penggunaannya. Anda harus menggunakan bahan bakar mesin yang sesuai dengan kebutuhan mobil anda. Agar mesin bahan bakar mobil Anda tidak cepat rusak lakukan pengisian bahan bakar dengan rutin. Jangan tunggu sampai bahan bakar habis. Hal tersebut akan membuat tangki bahan bakar mudah keropos.

Pastikan Kondisi Komponen Mesin dalam Keadaan Baik

Inilah Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Mesin Mobil Tua Anda Tidak Mudah Mogok

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada mesin mobil tua adalah mengelupasnya kabel. Jika kerusakan ini tidak Anda sadari, tentu akan sangat membahayakan saat digunakan. Kerusakan lain yang juga sering terjadi pada mobil tua adalah ring yang terdapat pada mesin mobil.

Jika Anda mendapati Ring yang telah berkarat, gantilah dengan Ring yang baru. Hal ini tentu sangatlah penting untuk dilakukan karena seperti yang diketahui ring merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pengaliran bensin pada kendaraan.

Komponen mesin mobil lain yang yang juga harus Anda pastikan keberadaannya dalam keadaan baik adalah radiator. Radiator berfungsi untuk menyejukkan mesin mobil tua yang sedang bekerja. Untuk memperlancar kerja radiator Anda bisa mengganti air radiator secara rutin.

Cara ini dilakukan untuk menghindari overheat pada mobil yang nantinya akan memunculkan asap dan pada akhirnya mobil akan berhenti bekerja, dengan kata lain mobil Anda akan mogok. Tentu, melakukan penggantian air radiator secara berkala menjadi hal yang penting dilakukan agar hal tersebut dapat dihindari.

Periksa Kondisi Oli secara Rutin

Inilah Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Mesin Mobil Tua Anda Tidak Mudah Mogok

Memeriksa kondisi oli pada sebuah kendaraan secara rutin menjadi hal yang tidak bisa dilupakan dalam perawatan mobil tua. Hal ini karena oli berhubungan secara langsung dengan kinerja pada mesin mobil.

Anda harus secara rutin mengganti oli ketika anda sudah menggunakannya dengan jarak tempuh 2500 km. Anda bisa menggunakan oli yang memiliki kekentalan SAE 15-40 W atau  10-40 W. Oli dengan kekentalan tersebut sangat dibutuhkan oleh mesin mobil tua agar rongga pada mesin tidak mudah aus.

Periksa Saringan Karburasi

Inilah Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Mesin Mobil Tua Anda Tidak Mudah Mogok

Perlu diketahui, mesin yang sulit dihidupkan salah satu penyebabnya adalah saringan karburasi yang bergerak atau kotor. Agar mobil tua Anda tidak mengalami mogok yang terlalu sering, lakukan pembersihan saringan karburasi secara teratur.

Pembersihan saringan karburasi bisa Anda lakukan dengan menggunakan sikat gigi bekas. Ingat, penggunaan hair dryer sangatlah tidak dibenarkan dalam pembersihan saringan karburasi. Tentu, satu-satunya alasan adalah karena penggunaan hair dryer hanya akan merusak karburasi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam perawatan mesin mobil tua. Selain akan membuat mobil tua Anda lebih tahan lama, perawatan mesin tentu akan menjaga keselamatan Anda dalam penggunaan mobil tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Inilah Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Mesin Mobil Tua Anda Tidak Mudah Mogok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel