Kiat Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya

Kiat Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya

Jika Anda memiliki mobil, atau baru saja membeli mobil baru, menemukan asuransi mobil terbaik mungkin akan sedikit membutuhkan waktu untuk pikir-pikir. Sebab tidak semua agen asuransi kendaraan bisa memberikan pelayanan dengan kualitas tinggi dan terpercaya. Padahal, asuransi mobil sangat penting untuk dimiliki, mengingat semakin padatnya lalu lintas saat ini, dan Anda tidak tahu kemungkinan buruk apa yang bisa terjadi.

Mengapa Memiliki Asuransi Mobil itu Penting?

Dengan memiliki asuransi mobil terbaik, Anda bisa meminimalkan kerugian finansial akibat kondisi yang tak terduga, seperti kecelakaan, tindakan kriminal pencurian mobil, bencana alam, hingga kerusakan ringan seperti mobil Anda yang dibuat baret. Tentunya, mobil merupakan aset yang membutuhkan banyak biaya, baik dalam pembelian dan perawatannya. Maka sudah sepatutnya Anda merencanakan anggaran untuk menjaga aset tersebut.

Macam-Macam Asuransi Mobil
Ada dua macam asuransi mobil yang patut Anda ketahui, untuk kemudian bisa menjadi bahan pertimbangan, mana yang lebih Anda butuhkan.

1. Asuransi All Risk atau Comprehensive

Jenis asuransi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan ganti rugi dari perusahaan atas semua tipe kerusakan, ringan maupun berat, serta apabila terjadi kehilangan karena pencurian atau perampokan.

Kelebihan jenis asuransi comprehensive ini adalah, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan apapun, mulai dari tergores, mogok di tengah jalan, terserempet, terendam banjir, hingga terbakar. Kerusakan mobil Anda pun akan diperbaiki di bengkel yang bekerja sama dengan pihak asuransi, dan Anda hanya tinggal menunggu sampai kembali seperti semula.

Namun jenis asuransi ini juga memiliki kekurangan, diantaranya, harga premi yang tinggi, bahkan bisa lebih tinggi dari biaya perbaikan, serta klaim asuransi yang belum tentu digunakan dalam setahun.

2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi ini, hanya mengcover biaya ganti rugi apabila kerusakan mobil sudah mencapai 75% saja. Di angka persentase tersebut, mobil sudah pasti tidak bisa digunakan, dan pihak asuransi tidak akan mengganti biaya perbaikan apabila kurang dari angka tersebut. Jenis asuransi ini pada umumnya lebih dipilih oleh masyarakat karena harga premi yang cenderung rendah dan terjangkau.

Namun kekurangannya, Anda tidak bisa mencairkan klaim apabila yang kerusakan yang terjadi hanya berupa goresan. Padahal, meskipun berupa gores, biaya perbaikannya seringkali membutuhkan biaya yang cukup besar.

Memilih Asuransi yang Tepat
Untuk bisa memilih asuransi mobil terbaik dan tepat dengan yang Anda butuhkan, berikut ini adalah kiat-kiat yang bisa Anda lakukan:

1. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Kiat Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya

Asuransi yang terbaik, bagaimanapun juga, adalah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itu, tentukan jenis asuransi yang Anda butuhkan, All Risk atau Total Loss Only. Apakah Anda sering menggunakan mobil dan memiliki risiko kerusakan yang tinggi? Jangan lupa pertimbangkan juga harga premi yang sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Membanding-bandingkan antar perusahaan asuransi

Kiat Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya

Saat ini, Anda bisa dengan mudah mencari website-website perusahaan asuransi di internet. Bandingkan satu sama lain dari segi tampilan situs, dan perhatikan review dari para pengguna jasa. Perusahaan asuransi mobil terbaik pasti memiliki tampilan situs yang profesional, terpercaya, dan memiliki review yang baik dari kliennya.

Dari sana, lakukan penilaian secara objektif dan jangan tergiur promo-promo murah. Selain itu, Anda harus memastikan perusahaan sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

3. Pilih yang menyediakan layanan mudah

Kiat Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya

Di era digital ini, sudah seharusnya perusahaan asuransi menyediakan layanan yang mudah berbasis daring melalui aplikasi. Mulai dari pendaftaran hingga klaim, pastikan pihak penyedia asuransi memudahkan tiap prosesnya. Prosedur yang berbelit-belit bisa menjadi pertanda bahwa proses selanjutnya di masa mendatang juga akan rumit.

4. Memberikan manfaat tambahan

Kiat Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya

Perusahaan asuransi mobil terbaik biasanya juga menawarkan layanan tambahan seperti asuransi jiwa dan kesehatan. Perhatikan juga apakah perusahaan menyediakan third party liability (TPL), yaitu asuransi yang menjamin perlindungan dari gugatan pihak ketiga, misalnya yang terlibat dalam kecelakaan.

Nah, demikian tadi adalah pembahasan tentang asuransi mobil terbaik dan bagaimana cara mendapatkannya. Semoga informasi di atas bermanfaat sebagai referensi Anda untuk menemukan perusahaan asuransi yang sesuai. Sampai jumpa di artikel-artikel yang tak kalah informatif berikutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kiat Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel