6 Kendala dan Keluhan Pengguna Ayla

6 Kendala dan Keluhan Pengguna Ayla

6 Kendala dan Keluhan Pengguna Ayla - Pada tahun 2013, PT Astra Daihatsu Motor resmi merilis Ayla di Indonesia. bermain di segmen LCGC (Low Cost Green Car) membuat mobil Ayla banyak diminati karena harganya yang cukup terjangkau. Walaupun dijual dengan harga terjangkau, namun mobil keluaran Daihatsu ini juga memiliki kualitas mumpuni di kelasnya.

Maka tak heran, bila mobil Ayla secara cepat dapat menarik minat masyarakat untuk membeli mobil ini. Selain dijual dengan harga terjangkau, mobil ini juga memiliki banyak kelebihan mulai dari irit dalam penggunaan bahan bakar hingga ukuran bagasi yang luas. Namun dibalik kelebihannya, mobil Ayla memiliki kekurangan yang biasa dikeluhkan oleh konsumen, yaitu sebagai berikut.

Tidak Memiliki ABS

6 Kendala dan Keluhan Pengguna Ayla

ABS (Anti-lock Braking System) adalah rem yang terdapat pada mobil yang secara otomatis mengunci roda kendaraan saat melakukan rem mendadak. Tidak adanya fitur ABS pada mobil, maka dapat menyebabkan tabrakan beruntun.

Hal ini dapat terjadi karena keempat roda akan secara otomatis mengunci saat pengemudi melakukan pengereman secara mendadak. Dengan tidak adanya sistem ABS, maka keempat roda yang telah mengunci tersebut akan susah dikendalikan. Dalam hal inilah peran sistem ABS, yang dapat membuat mobil lebih mudah dikendalikan.

Tidak Dilengkapi dengan Pembuka Pintu Bagasi

Tidak Dilengkapi dengan Pembuka Pintu Bagasi

Keluhan pengguna Ayla selanjutnya yaitu mobil keluaran Daihatsu ini tidak dilengkapi dengan pembuka pintu bagasi. Sama seperti mobil LCGC (Low Cost Green Car) pada umumnya, tidak adanya pembuka pintu bagasi bertujuan untuk meminimalkan harga jual. Maka dengan harga jual Ayla yang cukup terjangkau, mobil ini tidak dilengkapi dengan pembuka pintu bagasi.

Untuk membukanya, Anda dapat menggunakan tuas yang berada di dalam kabin. Cara ini dirasa kurang efektif karena hampir menyerupai cara membuka mobil sedan yang lama. Selain membutuhkan waktu yang lama untuk membuka pintu bagasi, cara ini juga dianggap kurang efisien oleh sebagian pengguna.

Tidak Semua Tipe Memiliki Airbag

6 Kendala dan Keluhan Pengguna Ayla

Airbag merupakan kantung udara yang menjadi pengaman tambahan bagi penumpang dan pengemudi di dalam mobil. Airbag ini secara otomatis akan mengembang apabila terjadi tabrakan atau benturan, sehingga dapat mengurangi dampak buruk yang terjadi untuk pengemudi maupun penumpang. Dalam hal ini sebagian pengguna mengeluh karena tidak semua varian Ayla dilengkapi dengan airbag untuk menjaga keselamatan.

Tidak Semua Varian Dilengkapi Immobilizer

6 Kendala dan Keluhan Pengguna Ayla

Keluhan pengguna Ayla selanjutnya yaitu tidak semua varian Ayla dilengkapi Immobilizer. Sama seperti airbag, tidak semua varian mobil Ayla dilengkapi dengan immobilizer. Immobilizer adalah salah satu sistem keamanan yang dapat mencegah pencurian pada mobil. Immobilizer ini dapat mencegah tindakan pencurian dengan cara melumpuhkan kendaraan, apabila kunci yang digunakan untuk menjalankan kendaraan bukanlah kunci asli.

Sistem immobilizer ini sangat penting untuk digunakan pada mobil Anda, sehingga mobil lebih aman dari tindakan pencurian. Sistem ini dilengkapi dengan ship transponder, sehingga hanya kunci asli yang dapat menghidupkan dan menjalankan mobil. Namun tidak semua varian Ayla memiliki immobilizer, fitur keamanan ini hanya tersedia di Ayla 1.2 saja.

Terlalu Banyak Tipe

6 Kendala dan Keluhan Pengguna Ayla

Ayla memiliki target pasar yang sangat luas, sehingga perusahaan membuat Ayla dengan tipe dan varian beragam. Mobil ini juga dijual dengan harga bervariasi yang bertujuan agar konsumen dapat memilih tipe dan varian sesuai keinginan. Namun banyaknya varian dan tipe Ayla tidak jarang membuat konsumen kesulitan untuk memilih, karena jarak harga yang ditawarkan sangat tipis.


Pengaturan pada Posisi Kemudi yang Minim

6 Kendala dan Keluhan Pengguna Ayla

Minimnya pengaturan pada posisi kemudi menjadi salah satu keluhan pengguna Ayla. Sebagian pengguna mengeluhkan bahwa mobil ini tidak memiliki pengaturan tinggi kursi, sehingga cukup melelahkan saat digunakan perjalanan ke luar kota. Selain itu, bagi Anda yang memiliki postur tinggi, jok pada Ayla dapat membuat posisi semakin tinggi. Hal ini menyebabkan letak setir lebih menjauh, sehingga membuat posisi kurang nyaman.

Mobil Daihatsu Ayla menjadi salah satu primadona di Indonesia, hal ini karena harganya yang terjangkau dengan kualitas mumpuni. Mobil ini juga hadir dalam berbagai warna, sehingga konsumen dapat memilih warna sesuai keinginan. Namun dibalik kelebihannya terdapat kekurangan yang sering menjadi keluhan pengguna Ayla. Hal ini tentu dapat menjadi pertimbangan produsen untuk memperbaiki performa mobil Ayla menjadi lebih baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Kendala dan Keluhan Pengguna Ayla"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel