Cek 7 Komponen Mobil Ini agar Mudik Aman dan Nyaman

Cek 7 Komponen Mobil Ini agar Mudik Aman dan Nyaman

Cek 7 Komponen Mobil Ini agar Mudik Aman dan Nyaman - Memasuki minggu keempat Ramadhan tentunya sudah banyak masyarakat yang mempersiapkan segala hal untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Hal ini merupakan salah satu tradisi yang tak lepas dari perayaan hari raya Idul Fitri setiap tahunnya. Selain itu, momen lebaran merupakan momen penting dan juga jadwal liburan yang dimiliki cukup panjang untuk melakukan liburan, termasuk mudik.

Ada beragam cara yang dilakukan masyarakat untuk mudik, mulai dari menggunakan angkutan umum seperti bus, kereta api, hingga pesawat. Namun, ada juga yang mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, baik itu menggunakan mobil rental maupun mobil milik sendiri.

Nah, jika Anda memutuskan untuk mudik menggunakan mobil, maka Anda harus pastikan bahwa mobil yang akan Anda gunakan dalam keadaan prima untuk dikendarai dalam jarak jauh. Dengan begitu, Anda bisa menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan di jalan akibat kerusakan mobil tersebut.

Untuk itu, ada perlu mengecek atau memeriksa tujuh komponen mobil berikut ini agar mobil yang akan Anda gunakan benar-benar dalam kondisi baik, sehingga perjalanan mudik Anda dan keluarga akan terasa aman dan nyaman.

Mesin

Cek 7 Komponen Mobil Ini agar Mudik Aman dan Nyaman

Hal utama dan merupakan komponen terpenting dalam sebuah kendaraan atau mobil adalah mesinnya. Maka, pastikan bahwa mesin mobil yang akan Anda gunakan tidak dalam kondisi yang tidak sehat.

Bawalah mobil Anda ke bengkel resmi untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan atau perbaikan yang dibutuhkan. Lakukan servis dan ganti oli mesin agar performa mesin lebih baik saat Anda bawa mudik.

Air Radiator

Cek 7 Komponen Mobil Ini agar Mudik Aman dan Nyaman

Sebelum melakukan mudik menggunakan mobil, lakukan pengecekan terhadap air radiator. Pastikan bahwa tinggi air radiator mobil Anda berada pada batas maksimum. Jika air radiator berada pada batas minimum, maka Anda harus mengisinya.

Air radiator ini berfungsi untuk mendinginkan mesin saat digunakan selama perjalanan panjang pulang ke kampung halaman. Dengan begitu, mobil tidak akan cepat panas, terlebih saat kondisi macet ketika mudik.

Rem

Cek 7 Komponen Mobil Ini agar Mudik Aman dan Nyaman

Selain tiga komponen di atas, komponen mobil yang juga perlu Anda lakukan pengecekan sebelum mudik menggunakan mobil pribadi adalah rem mobil. Segeralah bawa mobil Anda ke bengkel jika laju mobil terasa lambat atau kecepatan mobil tiba-tiba menurun secara signifikan.

Jika kondisi seperti di atas Anda biarkan saja, maka lama-kelamaan akan membuat rem menjadi tidak berfungsi atau blong. Hal itu akan sangat membahayakan keselamatan Anda dan seluruh penumpang yang ada di dalam mobil.

Ban

Cek 7 Komponen Mobil Ini agar Mudik Aman dan Nyaman

Pada setiap kendaraan, ban juga merupakan komponen yang penting. Oleh karena itu, sebelum melakukan mudik bersama keluarga menggunakan mobil pribadi, pastikan fisik ban mobil Anda dalam kondisi baik. Periksa juga tekanan ban mobil dan siapkan ban mobil cadangan jika sewaktu-waktu terjadi kebocoran ban di jalan.

Sebaiknya, ganti ban mobil yang sudah terlihat menipis sebelum melakukan perjalanan mudik. Hal itu bertujuan agar perjalanan mudik Anda lebih aman dengan ban mobil yang bagus. Selain itu, kondisi ban yang tipis dapat meningkatkan resiko kecelakaan, terutama saat mobil melaju kencang serta ketika berada di jalanan yang licin.

Lampu

Cek 7 Komponen Mobil Ini agar Mudik Aman dan Nyaman

Sebelum melakukan perjalanan jauh untuk pulang kampung atau mudik bersama keluarga, Anda harus mengecek beberapa komponen mobil agar perjalanan Anda dan keluarga berjalan dengan aman dan nyaman. Selain beberapa komponen yang telah dibahas di atas, komponen lain yang Anda pastikan sebelum melakukan perjalanan mudik adalah lampu mobil.

Sebelum melakukan perjalanan pulang kampung atau mudik, periksa terlebih dahulu lampu mobil Anda agar dapat berfungsi dengan baik selama perjalanan.

Berikut beberapa bagian lampu mobil yang perlu Anda periksa sebelum perjalanan mudik, di antaranya lampu utama, lampu sein, lampu kabut, lampu rem, dan lampu jauh. Pemeriksaan terhadap lampu mobil akan membantu penglihatan Anda terhadap jalan yang akan dilewati, terutama ketika berkendara dalam kondisi gelap atau malam hari.

Itulah lima komponen mobil yang perlu Anda periksa dan pastikan kondisinya dalam keadaan baik dan dapat berfungsi secara maksimal. Selain lima komponen tersebut, Anda juga perlu mengecek wiper serta STNK mobil. Pastikan surat kendaraan Anda lengkap dan pajak dalam kondisi hidup.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cek 7 Komponen Mobil Ini agar Mudik Aman dan Nyaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel