7+ Daftar Serum Wajah Berbahaya Menurut BPOM - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

7+ Daftar Serum Wajah Berbahaya Menurut BPOM

Ada serum wajah berbahaya menurut BPOM yang harus Anda hindari. Selain berbahaya untuk kulit, kandungannya juga memberi dampak buruk untuk kesehatan.
7+ Daftar Serum Wajah Berbahaya Menurut BPOM - Banyak orang tergiur untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan cerah seketika, sehingga mengabaikan kandungan dan formula skincare yang digunakan. Terutama dalam pemakaian serum, ada daftar serum wajah berbahaya yang sebaiknya Anda hindari.

Serum ini berbahaya karena mengandung bahan kimia yang bisa merusak kulit, apalagi jika digunakan secara terus menerus. Bisa-bisa wajah jadi rusak dan mengalami breakout parah setelah pemakaian. Agar tak menyesal karena salah pakai serum, sebaiknya simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Skincare yang Berbahaya

Kandungan Skincare yang Berbahaya

1. BHT

Butylated hydroxytoluene atau lebih terkenal dengan sebutan BHT seringkali ditemukan pada pelembab dan kosmetik wajah. Fungsi dari BHT adalah menjaga produk agar tetap kedap udara, sayangnya kandungan ini berbahaya untuk organ hati jika ditemukan dalam skincare.

Serum yang menggunakan BHT bisa membuat fungsi hati rusak, belum lagi jika Anda memakainya setiap hari dan terus menerus. Secara tak langsung kulit wajah akan menyerap BHT dan mengedarkannya ke dalam darah, sehingga hati akan terkena dampaknya.

2. Alumunium

Anda tentu tidak asing dengan aluminium, bahan ini ternyata juga masih sering ditemukan di skincare dan makeup. Padahal alumunium bisa mempengaruhi fungsi sistem endokrin, sehingga fungsinya tak berjalan secara optimal. Padahal sistem ini berperan untuk memproduksi hormon pada tubuh.

Jika produksi hormon tak berjalan secara seimbang, maka Anda akan merasakan perubahan yang tak nyaman, baik di kulit atau organ lainnya. Skincare yang sering menggunakan alumunium adalah produk yang mencegah dan mengurangi minyak, misalnya deodorant antiperspirant.

3. Merkuri

Bahaya merkuri tidak main-main, hampir semua daftar serum wajah berbahaya yang mengandung merkuri akan ditarik dari peredaran. Merkuri tak hanya ditemukan dalam serum, tapi juga eyeshadow, bedak, dan berbagai produk pemutih kulit yang instan.

Merkuri yang masuk lewat serum atau skincare akan terserap ke dalam tubuh, kemudian tersebar ke saraf, ginjal, hingga bagian tubuh yang lain. Setelah pemakaian skincare berbahan merkuri, Anda juga akan langsung mengalami breakout dan purging yang membuat wajah rusak.

4. Oxybenzone

Coba perhatikan sunscreen yang Anda gunakan, apakah di bagian komposisi mengandung oxybenzone? Tabir surya memang biasanya terbagi dalam dua jenis, yakni yang mengandung filter kimiawi dan mineral. Tapi kalau mengandung oxybenzone, sebaiknya hindari untuk memakainya.

Bukan tanpa alasan, oxybenzone merupakan kandungan berbahaya yang akan aktif ketika terkena sinar matahari. Nantinya kulit akan memberikan reaksi kimia ketika memakainya, terutama jika pemakainya adalah pemilik kulit sensitif. Agar aman digunakan, pilihlah sunscreen dari bahan yang aman.

Daftar Serum Wajah Berbahaya Menurut BPOM

Daftar Serum Wajah Berbahaya Menurut BPOM

Ada serum berbahaya menurut BPOM yang tidak aman untuk digunakan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Rata-rata serum yang ditemukan adalah serum yang mengandung merkuri, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan efek berbahaya pada wajah.

Ada 7 produk skincare dan serum yang menurut BPOM sebaiknya tak digunakan, bahkan BPOM kini sudah menarik peredarannya di pasar, beberapa diantaranya adalah:
  1. Ling Zhi Vitamin E, serum ini diklaim mampu mencerahkan wajah dan merawat kulit. Ternyata mengandung bahan berbahaya yang bisa merusak skin barrier.
  2. SP Special UV Whitening Cream, sebagaimana skincare pada umumnya, krim pemutih wajah ini memberikan klaim wajah yang lebih cerah dalam waktu singkat.
  3. Diamond Cream, berdasarkan pemeriksaan BPOM, produk ini dinyatakan mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan tubuh.
  4. Tabitha Daily Cream & Night Cream, kedua produk dari brand Tabitha dianggap tak layak edar oleh BPOM.
  5. Natural 99 Vitamin E, meski dikatakan mengandung vitamin E, namun produk ini juga mengandung bahan yang tak aman untuk wajah.
  6. Night Cream SJ Sin Jung, produk ini termasuk dalam daftar serum wajah berbahaya dengan komposisi yang tidak jelas.
  7. Temulawak New Day & Night Cream Beauty Whitening Cream Night, krim wajah pemutih ini terbukti mengandung merkuri yang berbahaya untuk tubuh.

Apa yang Terjadi Jika Menggunakan Serum Berbahaya?

Apa yang Terjadi Jika Menggunakan Serum Berbahaya

Tiap orang akan mendapatkan efek yang berbeda ketika menggunakan serum atau skincare berbahaya. Namun rata-rata akan merasakan kulit wajah yang terasa gatal, panas dan wajah memerah. Kondisi ini akan makin buruk ketika beraktifitas di luar ruangan, sebab skin barrier kulit mulai rusak.

Beberapa orang mengaku bahwa wajah akan mengalami breakout, kusam dan berjerawat setelah pemakaian jangka panjang. Berbagai masalah kulit juga dirasakan, misalnya kulit wajah yang kering, mengelupas, atau memiliki tekstur yang tidak rata.

Tidak hanya di kulit wajah, merkuri dan bahan berbahaya lain bisa berakibat buruk untuk kesehatan tubuh. Terbukti bahwa pemakaian serum dan skincare berbahaya bisa mengakibatkan pigmentasi kulit, gagal ginjal, hingga kerusakan pada sistem saraf.Dengan informasi mengenai kandungan bahan berbahaya dalam skincare, daftar serum wajah berbahaya dan bagaimana dampaknya untuk tubuh, sebaiknya Anda mulai berhati-hati memilih skincare. Jangan sampai mengorbankan kulit wajah Anda hanya untuk tampil putih.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar