Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan seperti mengobati sunburn, menangkal penuaan dini, mencegah flek hitam, mengurangi mata panda.
Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan - Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa manfaat lidah buaya untuk kecantikan cukup ampuh. Namun tahukah Anda, lidah buaya ternyata memiliki manfaat yang lebih banyak lagi daripada yang kita ketahui.

Meski punya segudang manfaat, ada juga yang bertanya, apakah boleh mengoleskan lidah buaya secara langsung ke wajah? Penasaran dengan jawabannya? Yuk langsung saja simak artikel manfaat lidah buaya ini!

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Mengatasi Masalah Kulit Kering

Lidah buaya atau disebut aloe vera mampu mengatasi kulit kering dengan sangat baik. Pasalnya, gel lidah buaya mengandung 98% air yang mampu melembapkan dan menenangkan kulit.

Tidak hanya itu, gel lidah buaya mempunyai kandungan mineral, antioksidan, enzim, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga mudah diserap kulit. Tidak heran, jika tanaman mediterania ini dianggap sebagai pelembap alami dan penyerap minyak berlebih pada kulit wajah.

Mengobati Sunburn

Aloe vera bersifat menangkan kulit, karena memberikan sensasi dingin ketika diaplikasikan ke kulit wajah. Oleh karena itu, tumbuhan ini mampu menenangkan kulit sunburn yang diakibatkan sengatan sinar matahari.

Gel lidah buaya juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi kulit dari dampak buruk akibat paparan sinar matahari.

Menenangkan Peradangan Kulit

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan yang selanjutnya yaitu mampu meredakan atau menenangkan peradangan pada kulit. Sebab, lidah buaya mengandung Acemannan yang menekan peradangan kulit.

Sebelum mengaplikasikannya pada kulit wajah, lakukan uji tempel terlebih dahulu di kulit yang meradang. Pasalnya, lidah buaya dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi pada sejumlah orang.

Mencegah Munculnya Flek Hitam

Ternyata, juga ada manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam atau bintik hitam, lho. Pasalnya, gel lidah buaya mampu mencegah tirosinase atau enzim yang mengatur perubahan warna kulit.

Kandungan yang ada di dalam mampu menekan hiperpigmentasi yang disebabkan UV dari sinar matahari. Nah, mekanisme inilah yang dapat mencegah munculnya flek hitam pada kulit.

Mengurangi Mata Panda

Selain mengurangi munculnya flek hitam, lidah buaya juga dapat juga efektif dalam mengurangi lingkar hitam pada mata secara alami.

Gel lidah buaya dapat mencegah pigmentasi yang berlebihan pada kulit dan membantu melembapkan kulit di area sekitar mata. Akibatnya, area tersebut akan tampak lebih cerah.

Menangkal Penuaan Dini

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan yang keenam yaitu dapat mencegah kerutan dan penuaan dini. Sebab, aloe vera mempunyai sifat antioksidan yang mampu memperbaiki kerusakan pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Kandungan beta karoten, vitamin C, dan vitamin E yang ada didalamnya mampu menjaga kulit tetap terhidrasi dan kencang. Tidak hanya itu, lidah buaya mampu meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah kerutan dan garis halus.

Bahkan, gel pada lidah buaya mampu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya mempunyai kandungan antioksidan.

Melawan Jerawat dan Komedo

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas, ternyata lidah buaya juga mampu melawan jerawat. Pasalnya, gel lidah buaya mengandung asam salisilat dan mempunyai kemampuan antibakteri.

Sebagai informasi, asam salisilat adalah eksfoliator yang mampu membuka pori-pori, sehingga menunjang mengatasi komedo dan jerawat. Selain mengatasi komedo dan jerawat, asam salisilat juga bertanggung jawab sebagai anti-inflamasi di kelenjar minyak yang menyebabkan jerawat.

Menenangkan Kulit Sehabis Cukur

Aktivitas mencukur kerap menyebabkan kulit iritasi dan terasa kering. Apabila mengalami hal tersebut, Anda bisa mencoba untuk mengoleskan gel lidah buaya setelah bercukur.

Aloe vera dapat membantu proses pemulihan kulit setelah bercukur karena mempunyai sifat menenangkan, yang dianggap mampu menyejukkan, melembapkan, dan meregenerasi kulit.

Bolehkah Mengoleskan Lidah Buaya Langsung ke Wajah?

Bolehkah Mengoleskan Lidah Buaya Langsung ke Wajah

Dari penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa terdapat segudang manfaat lidah buaya untuk kecantikan. Tidak heran, jika tanaman yang satu ini sering digunakan sebagai bahan utama produk kecantikan, dari negara Barat sampai Timur.

Sebenarnya, sudah terdapat banyak merek yang menjual aloe vera dalam bentuk kemasan yang terjamin kehigienisannya. Namun sayangnya, harga yang dibanderol cukup mahal dan terkadang terdapat kandungan aloe vera-nya tidak murni 100%.

Lantas, apakah diperbolehkan mengoleskan gel lidah buaya secara langsung apabila kita mempunyai tumbuhan lidah buaya di rumah?

Jawabannya, tentu saja boleh! Dikutip dari Medical News Today, gel lidah buaya yang Anda tanam di halaman rumah dapat digunakan secara langsung di wajah.

Justru, hal tersebut lebih baik daripada membeli produk kecantikan yang diklaim mengandung lidah buaya. Sebab, terdapat sejumlah produk yang ternyata mengandung bahan kimia, salah satunya adalah alkohol.

Cara mengoleskan lidah buaya ke wajah:
  1. Cuci lidah buaya hingga bersih dan tidak ada kotoran yang tersisa sedikitpun.
  2. Kupas kulit lidah buaya dan hilangkan durinya pada bagian pinggir.
  3. Cincang atau olah daging lidah buaya hingga sampai menjadi jus.
  4. Oleskan pada wajah hingga merata.
Sangat mudah bukan mengaplikasikan lidah buaya ke wajah? Apalagi, manfaat lidah buaya untuk kecantikan juga sangat banyak. Namun, perlu diperhatikan juga, ya, apakah kulit Anda cocok dengan lidah buaya.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar