5 Manfaat Jamu Kunir Asem Untuk Kecantikan: Bisa Menurunkan Berat Badan! - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

5 Manfaat Jamu Kunir Asem Untuk Kecantikan: Bisa Menurunkan Berat Badan!

Manfaat jamu kunir asem untuk kecantikan dan kesehatan meliputi mencegah penuaan dini, mencegah jerawat, mencerahkan kulit, dan lainnya
5 Manfaat Jamu Kunir Asem Untuk Kecantikan: Bisa Menurunkan Berat Badan! - Jamu kunir asem dikenal mempunyai banyak manfaat. Manfaat jamu kunir asem untuk kecantikan dan kesehatan ternyata bukan lagi sebuah rahasia. Pasalnya, minuman ini menjadi salah satu olahan kunyit tradisional khas Indonesia yang banyak dikonsumsi.

Lantas, apakah manfaat-manfaat tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, yuk baca penjelasan seputar manfaat kunir asem di bawah ini!

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, ternyata juga ada manfaat jamu kunir asem untuk kecantikan, lho.

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat jamu kunir asem untuk kecantikan yang pertama yaitu mencegah penuaan dini. Seperti yang kita tahu, proses penuaan terjadi di semua orang, karena adanya radikal bebas.

Dalam mengupayakan proses pencegahan penuaan dini, Anda bisa mengonsumsi jamu kunyit asam. Sebab, jamu ini mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga memperlambat proses penuaan dini dan hiperpigmentasi akibat sinar UV.

2. Mencegah Jerawat

Siapa sih yang tidak menginginkan kulit wajahnya bersih bebas jerawat? Ternyata, kunyit asam memiliki manfaat jamu kunyit asam untuk jerawat, lho. Pasalnya, jamu kunyit asam mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat menghambat pertumbuhan jerawat di wajah.

Tidak hanya itu, jamu kunyit asam juga mampu mengurangi sensasi gatal yang disebabkan permasalahan kulit lainnya.

3. Mencerahkan Kulit

Tidak hanya mencegah jerawat saja, manfaat jamu kunir asem untuk kecantikan yang selanjutnya yaitu dapat mencerahkan kulit. Jamu kunir asam mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan, sehingga mampu mencerahkan kulit secara alami.

Bahkan, bekas jerawat juga bisa teratasi dengan mengonsumsi jamu ini. Mengingat kunyit asam mempunyai manfaat mencerahkan kulit bila mengonsumsi secara rutin.

4. Menurunkan Berat Badan

Baik asam jawa maupun kunyit, keduanya berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Dengan adanya penggabungan dua bahan alami tersebut, maka khasiat yang didapatkan semakin maksimal.

Asam jawa mengandung senyawa fitonutrien dan kurkumin yang bersifat anti radang dan antioksidan, sehingga mampu menekan peradangan tubuh, termasuk sel otot, lemak, dan pankreas.

Reaksi inilah yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, serta mengurangi resistensi insulin.

Dengan begitu, berat badan Anda cenderung stabil dan risiko obesitas juga menurun. Bahkan, Anda menjadi fokus dalam menurunkan berat badan, karena reaksi peradangan pada tubuh setelah mengonsumsi jamu ini cukup minim.

5. Mengurangi Kembung

Terlalu banyak minum minuman soda atau terkena angin akan menyebabkan gas menumpuk di perut dan terjadi kembung. Nah, kunyit asam ternyata dapat mengurangi keluhan tersebut. Pasalnya, jamu ini dipercaya sebagai carminative untuk mengatasi kembung.

Pada hal ini, bahan-bahan yang terkandung dalam jamu ini dapat mencegah pembentukan gas dalam perut. Selain itu, jamu kunyit asam mampu mengeluarkan gas dalam perut yang menumpuk.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam untuk Kecantikan dan Kesehatan

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam untuk Kecantikan dan Kesehatan

Cara membuat jamu kunyit asam sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Namun, terdapat sejumlah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu, berikut perinciannya.

Bahan

  • 100 gr kunyit
  • 500 ml air
  • 30 gr gula merah
  • 20 gr asam jawa
  • Garam secukupnya

Langkah Membuat

  • Cuci kunyit segar sampai bersih, hingga tidak ada tanah yang tersisa.
  • Kupas kulit kunyit menggunakan pisau atau alat lain.
  • Lalu, parut atau blender kunyit dan peras airnya hingga kering.
  • Rebus air perasan kunyit menggunakan air.
  • Tambahkan asam jawa dan gula merah.
  • Masukkan garam secukupnya.
  • Matikan kompor saat jamu mendidih, kemudian tunggu sampai dingin.
  • Sebelum mengonsumsinya, saring jamu terlebih dahulu.

Aturan Minum Jamu Kunyit Asam

Aturan Minum Jamu Kunyit Asam

Setelah mengetahui manfaat jamu kunir asem untuk kecantikan beserta cara membuatnya. Tentu Anda bersemangat untuk mengonsumsinya secara rutin bukan? Lantas, apakah boleh meminum jamu kunyit asam setiap hari? Jawabannya, Anda diperbolehkan untuk mengonsumsinya setiap hari.

Namun, konsumsi jamu kunyit asam tidak boleh lebih dari dosis yang seharusnya. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan aturan minum kunyit asam.

Menurut dr. Ayu Andrian Putri, konsumsi kunyit sebaiknya tidak melebihi 500 mg per hari. Sebab, jika lebih dari itu, akan menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, seperti reaksi alergi dan gangguan pada beberapa organ.

Tidak hanya itu, konsumsi kunyit yang berlebihan mampu memberikan efek negatif pada kesuburan pria. Sedangkan, pada wanita hamil, konsumsi kunyit yang berlebihan juga dapat menyebabkan perdarahan atau kontraksi rahim. Hal itulah yang akan memicu persalinan dini atau keguguran.

Bagi penderita asam lambung, tidak disarankan untuk mengonsumsi jamu kunir asem terlalu sering. Lebih baik konsumsi sebanyak 1x sehari dan usahakan untuk makan terlebih dahulu. Tujuannya, agar keluhan asam lambung tidak muncul.

Nah, setelah mengetahui manfaat jamu kunir asem untuk kecantikan dan kesehatan apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Jika iya, langsung saja melakukan cara membuatnya, ya. Jangan lupa untuk mengonsumsinya sesuai dosis.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar