Perawatan Wajah Usia 60 Tahun yang Wajib Dicoba - Tagar Berita

Perawatan Wajah Usia 60 Tahun yang Wajib Dicoba

Masalah kulit pada lansia memang menjadi semakin kompleks. Untuk itu, gunakan perawatan wajah usia 60 tahun berikut berguna mengurangi masalah kulit
Perawatan Wajah Usia 60 Tahun yang Wajib Dicoba - Perawatan kulit harus dilakukan secara berkelanjutan meski Anda berusia 60 tahun. Hal ini untuk merawat diri dan semakin mencintai diri sendiri. Lalu, apa saja perawatan wajah usia 60 tahun? Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel.

Skincare adalah produk yang harus selalu mengiringi keseharian meski sudah berumur tua. Dengan demikian, kulit masih terlihat awet muda walaupun masih ada keriput yang tidak bisa dihilangkan. Setidaknya, Anda bisa mengurangi masalah kulit di usia tua dengan cara berikut.

Masalah Kulit di Usia Lansia

Ketika sudah menginjak umur 60 tahun, maka kulit juga mengalami permasalahan yang lebih kompleks. Banyak orang yang sudah berumur 60 tahun tidak percaya diri dengan penampilannya.

Untuk itu, mereka harus tetap melakukan perawatan wajah usia 60 tahun untuk mengurangi penuaan. Selain itu, ada beberapa permasalahan lainnya yang dialami oleh orang lansia, yaitu sebagai berikut:
  • Keriput dan garis halus. Kulit usia lansia sudah kehilangan elastisitasnya sehingga masalah yang tidak dapat dihindari yaitu munculnya kerutan sampai garis halus. Keriput ini yang menurunkan rasa percaya diri. Semakin terkena sinar matahari, maka bisa bertambah parah.
  • Ekstra kering dan gatal. Seiring bertambahnya usia, kulit juga berubah menjadi lebih kering dan levelnya bisa meningkat. Hal ini karena kelenjar minyak semakin berkurang sehingga membuat kulit kasar. Masalah ini bisa bertambah apabila memiliki diabetes.
  • Bintik hitam penuaan. Bintik hitam di usia 60 tahun sering terjadi di daerah pipi. Ini akibat dari seringnya terpapar sinar matahari tanpa menggunakan sunscreen. Jadi, di masa tua membuat pipi muncul bintik hitam.
  • Luka baring. Hal yang menjadi masalah berikutnya adalah luka baring. Luka ini disebut juga dengan borok. Penyebabnya adalah tekanan yang lama seperti ketika berbaring di kasur. Luka ini bisa berbahaya karena menyebabkan perih pada wajah.
  • Kanker kulit. Penyakit kanker kulit di usia tua juga dapat dijumpai karena terlalu banyak terpapar radiasi sinar UV. Berdasarkan hasil riset, risiko terkena kanker kulit ini dialami oleh orang berkulit putih dan usia rentang 65 tahun ke atas.

Perawatan Wajah Usia 60 Tahun

Untuk tetap menjaga kulit tetap terawat dan tidak mengalami masalah di atas, maka perawatan wajah lansia adalah hal yang wajib. Berikut ini adalah beberapa perawatan wajah usia 60 tahun ke atas yang bisa Anda lakukan.

1. Pakai Krim Pelembap

Pakai Krim Pelembap

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, masalah kulit di usia lansia yaitu kehilangan elastisitasnya. Selain itu, kulit menjadi lebih kering dibandingkan mudanya sehingga membutuhkan perawatan ekstra.

Anda perlu menggunakan pelembap dengan tekstur cair, losion, gel, atau krim. Dengan begitu, ini akan tetap menjaga kekenyalan kulit. Pakailah pelembap ini setiap selesai mandi.

2. Gunakan Sunscreen dan Sunblock

Gunakan Sunscreen dan Sunblock

Masalah yang paling dominan terjadi pada kulit usia lansia adalah karena sinar matahari yang berlebih. Oleh sebab itu, penggunaan sunscreen atau sunblock menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Setiap keluar rumah, Anda harus menggunakan sunscreen atau sunblock sambil menggunakan pakaian tertutup agar tidak terpapar sinar matahari. Proteksi yang baik ini akan mencegah dari masalah bintik hitam sampai dengan kanker kulit.

3. Atur Suhu Menjadi Normal (Suhu Ruang)

Atur Suhu Menjadi Normal (Suhu Ruang)

Suhu terlalu panas atau dingin juga menyebabkan masalah pada kulit. Contohnya jika terlalu panas bisa menyebabkan kulit kering. Sedangkan jika terlalu dingin membuat Anda sakit. Oleh sebab itu, ketika mandi, pakailah air dengan suhu normal yang tidak terlalu dingin atau panas.

4. Pakai Humidifier dalam Ruangan

Pakai Humidifier dalam Ruangan

Humidifier membantu membuat udara menjadi lembap dan tidak kering. Anda bisa memakainya ketika udara sudah kering. Apabila udara kering karena AC misalnya, ini dapat membuat kulit juga terasa kering dan gatal. Jadi, diperlukan alat ini ketika Anda berada di dalam ruangan.

5. Pakai Bedak

Pakai Bedak

Apabila ingin merawat wajah sekaligus mempercantiknya, maka Anda bisa menggunakan bedak. Bedak untuk usia 60 tahun harus diperhatikan agar tidak memiliki efek samping. Pilih bedak tabur dengan tingkat warna satu atau dua tingkat lebih terang dari warna asli kulit.

Dengan begitu, ini tidak akan membuat wajah terlihat kusam. Sebelum menggunakan kosmetik apapun, pakailah pelembap dan sunscreen atau sunblock terlebih dahulu.

6. Pilih Produk Tanpa Pewangi

Pilih Produk Tanpa Pewangi

Perawatan wajah usia 60 tahun lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan produk skincare yang tidak memiliki bahan pewangi. Bahan pewangi seperti parfum atau cologne ini bisa membuat kulit lansia menjadi lebih iritasi.

Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih skincare yang cocok untuk kulit. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pilih produk yang aman dan hypoallergenic sehingga tidak menimbulkan efek samping pada kulit.

Perawatan wajah usia 60 tahun di atas dapat dengan mudah dilakukan. Hal yang terpenting adalah selalu rutin merawat diri sejak dini agar mengurangi masalah kulit di usia tua. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter kecantikan skincare apa yang cocok di usia 60 tahun.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.