Manfaat Tak Terbatas Internet Indonesia dalam Bidang Kesehatan - Tagar Berita

Manfaat Tak Terbatas Internet Indonesia dalam Bidang Kesehatan

Manfaat internet dalam bidang kesehatan. Sebagai media informasi dan layanan kesehatan online serta berperan dalam mendukung penanganan Covid-19.
Manfaat Tak Terbatas Internet Indonesia dalam Bidang Kesehatan - Keberadaan internet saat ini dianggap sebagai salah satu kebutuhan penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Ya, manfaat internet memiliki cakupan yang sangat luas karena bisa mendukung dan memudahkan aktivitas di berbagai bidang, termasuk kesehatan.

Itulah mengapa akses internet menjadi sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Dengan adanya internet, maka sistem informasi dan komunikasi bisa terintegrasi dengan baik. Hal ini tentu saja memberikan dampak positif, terutama dalam hal efektivitas dan efisiensi penyebaran informasi.

Sekilas tentang Internet

Internet Indonesia dalam Bidang Kesehatan - Sekilas tentang Internet
Sumber : https://unsplash.com/photos/2m71l9fA6mg

Secara umum, internet bisa diartikan sebagai sistem jaringan komunikasi global yang menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia. Interconnected Network atau internet ini memungkinkan penggunanya untuk saling terhubung dan bertukar informasi antara satu dengan yang lain.

Internet sendiri memberikan banyak manfaat dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan. Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, pemerintahan, dan lain sebagainya. Internet pun menjadi kebutuhan penting bagi individu, kelompok, perusahaan, hingga instansi pemerintahan.

Berbagai Macam Manfaat Internet dalam Bidang Kesehatan

Foto oleh Ivan Samkov, Sumber: https://www.pexels.com/photo/healthy-people-woman-girl-6436270/

Pada dasarnya internet bermanfaat untuk memudahkan pertukaran informasi serta menghubungkan individu yang terpisah oleh jarak sehingga bisa tetap terkoneksi satu sama lain. Secara garis besar, internet dimanfaatkan sebagai sarana hiburan, alat komunikasi instan, dan sumber informasi lengkap.

Dalam perkembangannya, internet tidak hanya terbatas untuk menghubungkan satu orang atau kelompok dengan yang lain tetapi sudah menjadi bagian dalam aktivitas kehidupan modern sehari-hari. Misalnya saja kegiatan berbelanja, transaksi perbankan, belajar online hingga konsultasi kesehatan.

Terkait dengan kesehatan, berikut adalah contoh manfaat internet dalam bidang kesehatan:

1. Mencegah Penularan Penyakit

Foto oleh Edward Jenner, Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-having-a-video-call-4031818/

Salah satu manfaat dari internet yang sangat dirasakan adalah membantu mencegah penularan penyakit, seperti yang terjadi pada masa pandemi Covid-19. Proses penularan yang sangat mudah membuat masyarakat harus waspada dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Dengan adanya akses internet yang berkualitas, maka berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu keluar rumah dan berkerumun. Seperti berbelanja online, sekolah daring, membayar tagihan bulanan, membayar pajak hingga work from home.

2. Media Informasi dan Pemasaran yang Efektif

Foto oleh Mikhail Nilov, Sumber: https://www.pexels.com/photo/person-people-woman-relaxation-7530019/

Internet memberikan banyak manfaat terutama sebagai media informasi dan pemasaran yang cukup efektif, termasuk dalam bidang kesehatan. Untuk keperluan tersebut, Telkom Indonesia secara konsisten menyediakan layanan internet yang stabil dan berkualitas.

Dengan begitu maka masyarakat bisa mengakses berbagai informasi kesehatan secara lengkap dan komprehensif dari sumber yang terpercaya. Mulai dari informasi tentang penyakit dan gejalanya, jenis obat, pencegahan penyakit, hingga informasi tentang pola hidup sehat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Luthfiana Nur yang dimuat dalam e-journal.unair.ac.id, diketahui bahwa kalangan remaja memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi kesehatan. Diantaranya terkait dengan keluhan penyakit, makanan sehat hingga diet sehat.

Bukan hanya itu saja, dengan memanfaatkan penyedia jasa internetnya Indonesia yang berkualitas, masyarakat juga bisa mengakses layanan kesehatan serta produk kesehatan melalui situs resmi klinik atau rumah sakit yang diinginkan.

3. Monitoring Pasien secara Online

Foto oleh Tima Miroshnichenko, Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-in-white-scrub-suit-sitting-on-green-couch-8376284/

Manfaat lain dari internet adalah memudahkan dalam kegiatan monitoring pasien secara online. Melalui akses internet, dokter bisa tetap melakukan monitoring terhadap perkembangan pasien secara online sehingga lebih fleksibel dan menghemat waktu.

Bahkan saat ini banyak fasilitas kesehatan yang menyediakan telemedicine sebagai salah satu jenis layanan bagi masyarakat yang membutuhkan. Telemedicine sendiri dianggap sebagai solusi praktis ketika pasien membutuhkan konsultasi tanpa perlu keluar rumah.

Layanan ini juga dianggap sangat efektif ketika masyarakat dihadapkan pada situasi pandemi yang membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah.

4. Efisiensi Alur Kerja

Foto oleh Karolina Grabowska, Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-in-white-long-sleeve-shirt-using-black-digital-tablet-8902486/

Manfaat internet selanjutnya adalah meningkatkan efisiensi alur kerja sehingga lebih ringkas namun tetap berkualitas. Dengan adanya teknologi internet ini maka alur yang harus dilalui pasien tidak akan memakan banyak waktu seperti ketika mengakses pelayanan langsung di rumah sakit.

Melalui aplikasi atau situs web, pasien bisa dengan mudah mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan. Dalam hal ini tersedia layanan dokter dan jadwal konsultasi sehingga pasien bisa memilih sesuai keinginan.

Selain itu, dengan memanfaatkan akses internet pasien bisa mendapatkan resep obat yang dibutuhkan, surat pengantar untuk pemeriksaan di laboratorium hingga surat rujukan untuk mendapatkan penanganan di rumah sakit.

5. Penyimpanan Data lebih Mudah

Foto oleh RODNAE Productions, Sumber: https://www.pexels.com/photo/man-woman-internet-sitting-6129142/

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari internet adalah memudahkan dalam penyimpanan data. Dengan kata lain, manfaat dari internet tidak hanya terbatas bagi pasien saja tetapi juga bagi penyedia layanan kesehatan.

Melalui teknologi internet maka penyedia layanan kesehatan bisa dengan mudah menyimpan data penting pasien seperti rekam medis serta data penting lainnya. Dengan penyimpanan yang terintegrasi, data tersebut bisa diakses secara mudah jika sewaktu-waktu diperlukan.

Fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik maupun laboratorium pemeriksaan bisa saling bertukar informasi terkait data dan riwayat kesehatan pasien sehingga lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan.

6. Meningkatkan Derajat Kesehatan

Foto oleh Mikhail Nilov, Sumber: https://www.pexels.com/photo/businessman-man-person-people-6592739/

Dengan akses layanan kesehatan yang cepat dan mudah dijangkau, maka hal itu akan berpengaruh pada derajat kesehatan masyarakat secara menyeluruh. Masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi dan akses kesehatan yang diperlukan sehingga cepat ditangani.

7. Penanganan Pasien lebih Mudah

Foto oleh Tima Miroshnichenko, Sumber: https://www.pexels.com/photo/man-in-white-scrub-suit-holding-black-and-silver-stethoscope-8376274/

Manfaat internet lainnya masih berhubungan dengan kemudahan dalam menjangkau pasien secara online. Dengan komunikasi dan konsultasi secara online maka dokter bisa lebih mudah dalam melakukan penanganan sesuai dengan keluhan dan diagnosa pasien.

Bukan hanya terbatas pada konsultasi kesehatan saja, dengan adanya internet pasien bahkan bisa menebus resep dokter tanpa perlu keluar rumah. Hal ini membuat layanan kesehatan semakin praktis dan mampu menjangkau masyarakat secara luas.

8. Waktu Tunggu Pasien lebih Singkat

Foto oleh Anna Shvets, Sumber: https://www.pexels.com/photo/cheerful-ethnic-man-sitting-in-dental-chair-in-modern-dentist-office-3845550/

Sebelumnya telah sedikit disinggung mengenai kemudahan yang akan didapatkan dengan adanya akses internet. Salah satunya adalah mempersingkat waktu tunggu pasien sehingga tidak perlu antre saat menunggu giliran diperiksa.

Dengan teknologi internet, pasien hanya perlu membuat janji secara online dan kemudian datang ke rumah sakit atau klinik kesehatan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Selain lebih praktis, hal ini juga dianggap lebih efisien dari segi waktu pelayanan.

Jutaan Berkah Internet dalam Penanganan Covid-19

Foto oleh Polina Zimmerman, Sumber: https://www.pexels.com/photo/man-in-white-crew-neck-t-shirt-holding-a-slogan-on-coronavirus-4108266/

Peran internet dalam mendukung upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dianggap sangat penting. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Menkes Budi Gunadi, bahwa pemanfaatan teknologi informasi digital sudah dilakukan dalam strategi pengujian, penelusuran hingga pengobatan Covid-19.

Beberapa aplikasi pun diluncurkan untuk mendukung penanganan dan penelusuran kasus Covid-19 seperti SILACAK dan PeduliLindungi yang terintegrasi dengan 40 perusahaan digital. Selain itu juga tersedia layanan pengobatan jarak jauh dan pengiriman obat secara gratis dari apotek.

Teknologi internet juga memiliki peran penting dalam program vaksinasi Covid-19. Masyarakat yang telah mendapatkan vaksin akan tercatat dalam sistem yang sudah terintegrasi. Dengan pemanfaatan teknologi tersebut maka diharapkan bisa meningkatkan efisiensi layanan pada ekosistem kesehatan.

Manfaat internet dalam bidang kesehatan cukup beragam. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengakses informasi dan layanan kesehatan secara online. Dengan akses internet yang berkualitas dari IndiHome, tentunya aktivitas online di bidang kesehatan akan semakin efektif dan maksimal.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.