Cara Mengecilkan Pori-Pori Menurut Dokter - Tagar Berita

Cara Mengecilkan Pori-Pori Menurut Dokter

Punya masalah dengan pori-pori kulit wajah yang terlihat besar? Coba ikuti cara mengecilkan pori-pori menurut dokter ini yuk, aman dan alami
Cara Mengecilkan Pori-Pori Menurut Dokter - Pori-pori besar sejatinya bukan penyakit serius. Meski demikian, kondisi pori-pori yang seperti ini dapat menimbulkan sejumlah masalah seperti jerawat dan komedo. Makanya, tidak heran jika banyak yang mencari cara untuk mengecilkannya. Lalu bagaimana cara mengecilkan pori-pori menurut dokter ya?

Pasalnya, mengecilkan pori-pori itu harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menimbulkan masalah lainnya. Namun intinya tetaplah sama, mengecilkan pori-pori itu sangat identik dengan perawatan wajah harian yang harus disesuaikan dengan tipe kulit.

Saran dan Cara Mengecilkan Pori-Pori

1. Menjaga Kondisi Kulit Tetap Bersih Selama Tidur

Cara Mengecilkan Pori-Pori Menurut Dokter - Menjaga Kondisi Kulit Tetap Bersih Selama Tidur

Ketika akan tidur sekalipun, menjaga kulit wajah tetap bersih itu penting. Kaitannya dengan hal ini, Anda perlu membersihkan make up dengan remover kemudian cuci wajah. Jangan sampai make up tersebut menempel semalaman pada kulit.

Sebab, kalau make up dibiarkan saja, pori-pori kulit bisa tersumbat dan ukurannya akan bertambah besar. Selain itu, hal ini juga bisa membuat kulit jadi rusak.

2. Bersihkan Wajah Dengan Cara yang Tepat

Cara Mengecilkan Pori-Pori Menurut Dokter - Bersihkan Wajah Dengan Cara yang Tepat

Memang make up sebaiknya tidak diijinkan menempel semalaman pada kulit, namun membersihkannya juga harus tepat. Sebab, cara membersihkan wajah yang salah justru akan memperlebar pori-pori kulit. Adapun beberapa poin yang bisa Anda terapkan saat membersihkan wajah ini sebagai berikut.
  • Gunakan air hangat untuk membasuh wajah
  • Gunakan produk pembersih wajah secukupnya saja
  • Pijat wajah dan leher dengan lembut dengan gerakan melingkar kurang lebih selama 30 – 60 detik
  • Usahakan untuk tidak menggosok wajah dengan kencang supaya kulit tidak iritasi dan meradang yang bisa membuat pori-pori juga lebih besar
  • Bilas kemudian keringkan wajah dengan cara menepuk-nepukkan handuk secara perlahan

3. Gunakan Masker Secara Rutin

Cara Mengecilkan Pori-Pori Menurut Dokter - Gunakan Masker Secara Rutin

Menggunakan masker secara rutin juga menjadi salah satu upaya untuk mengecilkan pori-pori. Anda bisa memilih jenis masker untuk mengecilkan pori-pori yang salah satunya adalah masker tanah liat atau yang biasa disebut dengan clay mask.

Masker tanah liat ini akan membantu mengangkat kotoran, sel kulit mati serta minyak yang berlebih yang akan membuat pori-pori tampak lebih kecil. Untuk penggunaannya sendiri, bisa antara 1 kali hingga 2 kali dalam seminggu.

4. Dengan Eksfoliasi Kulit

Cara Mengecilkan Pori-Pori Menurut Dokter - Dengan Eksfoliasi Kulit

Cara mengecilkan pori-pori wajah dan menghilangkan komedo yang selanjutnya ialah dengan melakukan eksfoliasi terhadap kulit. Eksfoliasi ini adalah teknik pengelupasan kulit yang selain bisa mengangkat minyak berlebih serta sel kulit mati, juga bisa mengangkat kotoran yang menyumbat pori.

Anda bisa melakukan eksfoliasi ini sebanyak 2 kali saja dalam seminggu. Namun hindari penggunaannya di hari yang sama dengan ketika Anda menggunakan masker ya agar terhindar dari iritasi. Untuk bahan eksfoliasinya sendiri, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Contohnya teh hijau, bubuk kopi, oatmeal dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan produk exfoliating khusus yang mengandung asam beta-hidroksi (BHA), asam alfa-hidroksi (AHA) atau asam glikolat.

5. Dengan Menggunakan Tabir Surya

Cara Mengecilkan Pori-Pori Menurut Dokter - Dengan Menggunakan Tabir Surya

Produk tabir surya secara umum memang bermanfaat dalam melindungi kulit terutama dari sinar matahari. Namun ternyata tidak hanya itu, tabir surya juga bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit. Seperti yang sudah diketahui, paparan matahari bisa membuat kulit jadi rusak dan kering.

Kalau kulit sudah berada dalam kondisi seperti itu, wajar jika pori-pori menjadi lebih besar ukurannya. Untuk penggunaan tabir surya sendiri, Anda bisa memilih produk yang bahan dasarnya adalah air dan minimal SPF 30 atau lebih dari itu.

6. Melembabkan Kulit Secara Rutin

Cara Mengecilkan Pori-Pori Menurut Dokter - Melembabkan Kulit Secara Rutin

Pori-pori wajah yang besar itu biasanya identik dengan kulit berminyak. Dan ternyata, menggunakan pelembab wajah juga termasuk cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen loh. Sayangnya, selama ini banyak pemilik kulit berminyak yang menghindari pelembab wajah.

Alasannya adalah karena takut kulit wajahnya menjadi lebih berminyak. Padahal sebenarnya pelembab ini sangat penting terutama agar minyak alami lebih menyerap ke lapisan kulit yang lebih dalam. Kalau kondisi ini sudah tercapai, maka kulit akan terhidrasi dengan baik.

Kalau kulit sudah terhidrasi dengan baik, maka pori-pori bisa terlihat lebih kecil mengingat pori-pori tersebut sudah diisi oleh kandungan air yang berasal dari pelembab. Supaya tidak menimbulkan masalah lain, pilih pelembabnya yang water based atau berbahan dasar air dan bebas dari minyak ya.

7. Pilih Produk Perawatan Kulit yang Pas

Cara Mengecilkan Pori-Pori Menurut Dokter - Pilih Produk Perawatan Kulit yang Pas

Produk perawatan kulit atau skincare itu sangat beragam jenisnya dan Anda harus benar-benar teliti memilihnya. Anda sebaiknya memilih skincare untuk pori-pori besar untuk membuat kulit tampak lebih mulus.

Skincare yang seperti ini biasanya berlabel noncomedogenic, bebas alkohol, bebas minyak dan bahan dasarnya adalah air. Mengenai bentuk produknya, sebaiknya pilih yang gel kalau pori-porinya besar dan kulitnya berminyak. Sedangkan kalau kulitnya normal atau kering, bisa pilih produk yang bentuknya krim.

Satu hal penting yang perlu diingat adalah pori-pori itu tidak bisa dihilangkan dan Anda akan tetap membutuhkannya. Sebab, pori-pori itu juga berperan dalam menjaga keseimbangan fungsi tubuh secara keseluruhan. Tetapi kalau hanya ingin mengecilkannya saja itu tidak masalah, ikuti saja cara-cara di atas.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.