Apakah Gliserin Bagus untuk Wajah? Apa Saja Manfaat dan Efek Sampingnya - Tagar Berita

Apakah Gliserin Bagus untuk Wajah? Apa Saja Manfaat dan Efek Sampingnya

Gliserin berfungsi untuk melembabkan kulit wajah. Cara kerjanya adalah dengan memperlambat penguapan air. Lalu apakah gliserin bagus untuk wajah?
Apakah Gliserin Bagus untuk Wajah? Apa Saja Manfaat dan Efek Sampingnya - Gliserin merupakan cairan yang tidak berwarna dan juga tidak memiliki bau. Glycerin terbuat dari apa? Gliserin berasal dari sumber nabati yang banyak digunakan pada beberapa produk skincare. Akan tetapi masih banyak yang menanyakan apakah gliserin bagus untuk wajah.

Fungsi utama dari gliserin atau gliserol adalah menjaga agar kulit tetap dalam kondisi lembab. Secara umum, gliserin akan bekerja seperti spons yang menarik air hingga ke dalam lapisan kulit terdalam. Bahan ini juga akan membantu untuk memperlambat penguapan air, sehingga kelembaban kulit tetap terjaga.

Apakah Gliserin Bagus untuk Wajah?

Apakah Gliserin Bagus untuk Wajah

Berdasarkan Food and Drug Administration, gliserin aman digunakan sebagai bahan dalam skincare. Gliserin bahkan boleh digunakan pada semua jenis kulit, sekalipun untuk kulit yang sensitif. Pemakaian gliserin tidak akan menimbulkan iritasi dan menyumbat pori. Manfaat gliserin lainnya antara lain.

1. Menjaga Kekenyalan Kulit

Manfaat gliserin yang paling utama adalah kemampuannya dalam menjaga kekenyalan kulit. Produk skincare yang mengandung gliserin ini, mampu menjaga dan membuat kulit menjadi lembut dan kenyal.

Hal tersebut disebabkan karena dalam skincare, gliserin bertindak sebagai pelembut kulit atau disebut emolien. Bahan ini bahkan akan menghindarkan dari resiko kulit yang bersisik dan kasar, dengan menjaga kekenyalan dan kelembaban alaminya.

2. Mengunci Kelembaban Kulit

Gliserin mampu menghidrasi dan melembabkan kulit secara efektif, dengan cara menarik lebih banyak kelembabannya dan memperlambat penguapan air. Hasilnya adalah permukaan kulit tetap terasa kenyal dan lembab, serta tidak mengalami kekeringan.

3. Mencegah Penuaan Dini

Untuk bisa menjaga kulit lebih terlihat awet muda, salah satu caranya adalah dengan menjaga hidrasi yang dimiliki secara alami oleh kulit. Fungsi gliserin yang mampu untuk mengunci kelembaban kulit, akan memperlambat proses penuaan dini.

Seperti yang telah diketahui, penuaan dini ini akan membuat kulit terlihat kasar, muncul kerutan pada kulit, serta muncul garis halus. Pemakaian yang teratur akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan optimal.

4. Melindungi dari Radikal Bebas

Apabila saat ini Anda mendapati wajah yang timbul kerutan atau munculnya flek hitam, salah satu penyebabnya adalah radikal bebas. Paparan radikal bebas pada wajah yang berlebihan, akan menimbulkan banyak permasalahan pada kulit wajah.

Menggunakan skincare yang mengandung gliserin ini, akan berperan sebagai antioksidan. Manfaatnya adalah untuk menangkal radikal bebas, sehingga kulit lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah.

5. Membantu Pemulihan Masalah Kulit

Ketika terdapat luka pada kulit, maka sel-sel kulit akan bekerja secara bertahap agar bisa menutupi luka tersebut. Dengan menggunakan gliserin, akan membantu dalam mempercepat pemulihan kulit yang terluka.

Bukan hanya itu saja, gliserin juga dapat membantu memperbaiki sel kulit dan jaringan kulit yang rusak. Dalam hal ini gliserin berfungsi sebagai obat alami untuk beberapa masalah kulit. Contohnya adalah infeksi jamur, memar, eksim, dan psoriasis.

6. Mencegah Timbulnya Jerawat dan Komedo

Gliserin memiliki sifat yang rendah tingkat iritasinya. Hal ini sangat cocok jika digunakan pada kulit yang berkomedo atau berjerawat. Alasannya adalah, gliserin merupakan bahan yang non comedogenic dan bebas minyak.

Dengan kandungannya tersebut, maka tidak akan menimbulkan munculnya komedo maupun jerawat. Gliserin juga dipercaya mampu menghilangkan bekas jerawat karena mampu menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit yang terluka.

7. Memiliki Peran Sebagai Toner

Gliserin juga banyak digunakan dalam campuran bahan pembuatan toner. Selain mampu menjaga kelembaban kulit, toner yang mengandung gliserin mampu membersihkan permukaan kulit sekaligus menjaga kadar pH agar seimbang.

8. Mencegah Infeksi Pada Kulit

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa gliserin ini mampu mengurangi resiko terjadinya infeksi pada kulit. Gliserin akan menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri, sehingga menurunkan risiko luka yang terinfeksi.

Efek Samping Penggunaan Gliserin untuk Kulit

Efek Samping Penggunaan Gliserin untuk Kulit

Pada dasarnya gliserin adalah bahan yang aman dan bagus digunakan untuk kulit. Namun dengan catatan bahwa penggunaanya harus sesuai. Penggunaan gliserin yang tidak tepat justru akan memicu kulit menjadi lebih kering. Apa alasannya?

Ketika kondisi lingkungan dalam keadaan kering, penggunaan gliseril justru akan menarik air semakin dalam dari lapisan kulit. Padahal, sifat air akan lebih mudah menguap di udara sehingga membuat permukaan kulit menjadi lebih kering.

Dalam beberapa kasus, gliserin juga bisa menyebabkan alergi. Meskipun demikian, efek samping gliserin pada kulit ini jarang terjadi. Hal ini mungkin saja diakibatkan dari produk skincare yang menggunakan kandungan propilen glikol sebagai pengganti gliserin.

Penggantian bahan ini, akan meningkatkan resiko terjadinya iritasi dan memicu reaksi alergi. Misalnya saja muncul ruam kemerahan, gatal, dan lainnya. Pilihlah merk gliserin untuk wajah yang mengandung bahan alami.

Beberapa jenis gliserin dapat dibeli di toko bahan kimia atau apotek. Untuk harga gliserin di apotik cukup bervariasi tergantung dan merk dan ukurannya. Namun akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli gliserin.

Komposisi bahan dalam skincare memang menentukan hasilnya, termasuk dengan menggunakan gliserin. Jika orang bertanya tentang apakah gliserin bagus untuk wajah? Jawabannya adalah bagus dengan berbagai manfaat untuk kulit wajah.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.