Pentingnya Mengenal Bahaya Merkuri dalam Kosmetik - Tagar Berita

Pentingnya Mengenal Bahaya Merkuri dalam Kosmetik

merkuri adalah, merkuri itu apa, cara menghilangkan merkuri di wajah, bahaya merkuri, cara mengetahui kosmetik mengandung merkuri
Pentingnya Mengenal Bahaya Merkuri dalam Kosmetik - Sudah ada banyak pernyataan yang menyebutkan bahwa merkuri dalam kosmetik akan membahayakan kesehatan kulit Anda. Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, sebenarnya merkuri itu apa, mengapa zat ini dikatakan bahaya untuk kesehatan kulit Anda?

Dengan melihat fakta tersebut, hal ini membuat Anda perlu mengetahui secara jelas apa itu merkuri, dan mengapa zat yang sering ada di produk kosmetik ini dikatakan berbahaya. Dengan begitu, penting untuk Anda lakukan menyimak artikel ini hingga akhir dan memahami isinya dengan baik.

Cara Mengetahui Kosmetik Mengandung Merkuri yang Berbahaya

Pada dasarnya, merkuri adalah sebuah bahan umum yang sering kita temukan di dalam produk sabun dan krim pemutih kulit. Namun, sebenarnya kandungan merkuri dalam produk-produk seperti ini akan sangat membahayakan kesehatan kulit Anda.

Ketika Anda memakai produk kosmetik dan skincare yang mengandung merkuri di dalamnya, hal ini dapat membuat kesehatan kulit Anda terancam.

Maka dari itu, penting untuk Anda ketahui bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui manakah kosmetik yang mengandung merkuri, dan caranya adalah:

1. Produk Kosmetik Tidak Memiliki Nomor Registrasi yang Terdaftar di BPOM

Mengenal Bahaya Merkuri dalam Kosmetik - Produk Kosmetik Tidak Memiliki Nomor Registrasi yang Terdaftar di BPOM

Ciri paling utama dari produk kosmetik yang mengandung merkuri di dalamnya adalah, produk tersebut tidak memiliki nomor registrasi yang terdaftar secara resmi di BPOM. Jadi, ketika Anda menemukan produk kosmetik yang seperti ini, Anda perlu waspada dengan produk tersebut.

Sebelum Anda membeli produk kosmetik maupun skincare, ada baiknya jika Anda memperhatikan kemasannya terlebih dahulu. Perhatikan apakah produk tersebut sudah dilengkapi dengan nomor registrasi yang terdaftar di BPOM atau tidak.

2. Tekstur Produk Cenderung Kasar

Mengenal Bahaya Merkuri dalam Kosmetik - Tekstur Produk Cenderung Kasar

Biasanya, merkuri dalam kosmetik juga akan memberikan tekstur tersendiri, yaitu cenderung kasar. Jadi, salah satu ciri dari produk kosmetik yang mengandung merkuri adalah memiliki tekstur yang kasar.

Meskipun tidak semua produk kosmetik dan skincare yang memiliki tekstur kasar akan mengandung bahan merkuri di dalamnya, akan tetapi Anda perlu waspada ketika menemukan kedua jenis produk ini yang telah memiliki kedua ciri utama yang telah disebutkan ini.

3. Produk Memiliki Bau Logam dan Tidak Menyatu dengan Kulit Ketika Dipakai

Mengenal Bahaya Merkuri dalam Kosmetik - Produk Memiliki Bau Logam dan Tidak Menyatu dengan Kulit Ketika Dipakai

Ciri yang satu ini biasanya akan Anda sadari ketika sudah masuk ke tahapan pemakaiannya. Produk kosmetik yang mengandung bahan merkuri di dalamnya, umumnya akan mengeluarkan aroma yang seperti logam.

Namun, ada beberapa merek tertentu yang menghilangkan aroma tersebut dengan menambahkan aroma parfum di dalamnya. Jadi, sebagai seorang konsumen yang pintar, Anda harus bisa mengenali perbedaan tersebut dengan tepat.

Selain itu, produk kosmetik maupun skincare yang mengandung bahan merkuri juga tidak akan menyatu dengan kulit ketika dipakai. Sebab, bahan merkuri dalam kosmetik tidak akan bisa bercampur dengan minyak alami yang ada di kulit Anda.

Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah dengan Mudah

Bahaya merkuri bagi wajah memang sangat perlu untuk Anda ketahui secara jelas. Sebab, kita tidak pernah tahu sewaktu-waktu Anda secara tidak sengaja membeli produk kosmetik maupun skincare yang mengandung bahan ini.

Ketika Anda sudah terlanjur terkena efek samping dari merkuri, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Menerapkan Sistem Skin Fasting

Mengenal Bahaya Merkuri dalam Kosmetik - Menerapkan Sistem Skin Fasting

Yang dimaksud dengan sistem skin fasting ini adalah menghentikan pemakaian kosmetik maupun skincare secara sementara. Biasanya, cara ini bisa dilakukan ketika tanda-tanda permasalahan kulit pada wajah Anda mulai muncul.

Umumnya permasalahan kulit seperti munculnya ruam kulit, perubahan warna kulit dan jaringan parut, serta pengurangan resistensi kulit terhadap infeksi yang disebabkan jamur dan bakteri, akan terjadi ketika Anda memakai produk kosmetik dan skincare yang mengandung merkuri.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang semakin parah, Anda bisa melakukan cara yang satu ini. Selain itu, jika efek samping dari merkuri tersebut tidak kunjung hilang dan mereda, maka Anda bisa segera memeriksakannya ke dokter kulit yang profesional.

2. Detoksifikasi Tubuh

Mengenal Bahaya Merkuri dalam Kosmetik - Detoksifikasi Tubuh

Proses detoksifikasi tubuh juga bisa Anda lakukan ketika Anda ingin menghilangkan efek samping dari merkuri di wajah Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam menerapkan tahapan ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk hal ini.

Beberapa contoh makanan yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh Anda adalah teh hijau, brokoli, ketumbar, bawang putih, kari, lemon, dan lain sebagainya. Dikarenakan beberapa jenis makanan ini mengandung zat chelator di dalamnya, jadi makanan tersebut baik untuk tubuh Anda.

Pasalnya, kandungan chelator akan bermanfaat untuk menghilangkan kandungan logam yang ada di tubuh Anda. Jadi, cara ini akan sangat tepat untuk mengatasi efek samping dari merkuri di wajah Anda.

3. Terapi Khelasi

Mengenal Bahaya Merkuri dalam Kosmetik - Terapi Khelasi

Saat ini di Indonesia sudah ada banyak jasa terapi khelasi yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan yang tepat. Nantinya dalam proses terapi khelasi, obat akan dimasukkan melalui tabung intravena yang ada di bagian lengan.

Namun, jika Anda tidak mau cara yang cukup rumit ini, maka obat pil akan lebih cocok untuk Anda. Ketika obat tersebut sudah masuk ke tubuh Anda dan sudah menempel pada kandungan logam yang ada pada tubuh Anda, maka secara otomatis Anda akan mengeluarkan urin atau racun dalam tubuh.

Sampai disini Anda akan semakin paham bahwa merkuri dalam kosmetik sangatlah buruk untuk kesehatan kulit atau bahkan tubuh Anda. Maka dari itu, hindari produk-produk yang di dalamnya mengandung bahan merkuri.
tagarberita.com adalah sebuah blog kumpulan artikel menarik yang membahas serba serbi topik yang paling dicari netizen.

Posting Komentar

© Tagar Berita. All rights reserved.