Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cara Sederhana

Daftar Isi [Tutup]

    Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cara Sederhana - Keadaan hidung tersumbat memang kerap kali terjadi. Hal ini menimbulkan seseorang tidak bisa bernafas dengan nyaman. Ada banyak sekali penyebab hidung tersumbat. Mulai dari karena cuaca, penyakit, dan lain sebagainya. Namun, Anda tidak perlu sedih jika mengalami permasalahan tersebut.

    Dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai penyebab dan cara untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Ketahui dan terapkan cara sederhana berikut ini.

    Penyebab Hidung Tersumbat

    Penyebab Hidung Tersumbat

    Penyebab hidung tersumbat sebenarnya terjadi karena adanya virus, bakteri, dan jamur. Namun, untuk masa pandemi seperti ini banyak pasien yang mengeluhkan jika merasakan hidung tersumbat karena covid. Inilah penjelasan lengkap mengenai penyebab hidung tersumbat.

    Sinusitis

    Sinusitis adalah salah satu penyebab hidung tersumbat. Sinusitis terjadi karena perkembangan dari penyakit batuk dan pilek. Cara mengatasi hidung tersumbat karena sinusitis harus dilakukan dengan baik. Proses penyembuhannya sendiri yaitu sekitar 10 hari. Sinusitis ini terjadi karena jaringan meradang dan rongga hidung yang menyempit.

    Alergi

    Alergi biasanya menyebabkan hidung tersumbat tapi tidak pilek. Hidung tersumbat karena alergi diakibatkan oleh zat alergen yang menyebabkan terganggunya sistem pernapasan. Akibatnya, produksi lendir rongga hidung akan meningkat dan menyebabkan tersumbatnya pernapasan.

    Flu, Batuk, dan Pilek

    Sebelum mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat, Anda harus memahami bahwa penyebab penyakit tersebut salah satunya dikarenakan oleh batuk dan pilek. Sebenarnya batuk dan pilek ini ada karena adanya benda asing atau kotoran. Benda asing tersebut yang menyebabkan infeksi dan peradangan pada saluran pernapasan.

    Pilek ini biasanya sembuh dengan sendiri dalam jangka waktu 7 hingga 10 hari. Namun, penanganan untuk hidung tersumbat harus tetap dilakukan agar tidak menimbulkan permasalahan yang lebih parah.

    Covid

    Penyebab hidung tersumbat yang berikutnya adalah karena paparan covid 19. Menurut fakta yang ada, covid 19 menyebabkan seseorang mengalami sesak napas dan hidung tersumbat. Selain itu, orang yang terpapar juga tidak dapat menghirup bau sekitar. Cara mengatasi hidung tersumbat saat covid hampir sama dengan penyebab-penyebab yang lain. Oleh karena itu, perhatikan tips yang akan dijelaskan pada penjelasan di bawah ini.

    Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

    Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

    Ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Semua cara di bawah ini bisa diterapkan baik hidung mampet tapi tidak keluar ingus, hidung tersumbat tapi tidak pilek, hingga mengatasi hidung tersumbat saat covid.

    Menjaga Suhu Tubuh

    Tips mengatasi hidung tersumbat yang pertama yaitu dengan menjaga suhu tubuh. Perlu diketahui jika permasalahan hidung tersumbat itu dikarenakan adanya lendir di rongga hidung. Ini terjadi karena seseorang merasakan kedinginan yang kemudian menyebabkan suhu tubuh menurun.

    Oleh karena itu, disarankan untuk Anda mematikan kipas angin atau AC Konsumsi minuman yang hangat seperti air, teh, dan jahe hangat. Dengan begitu, suhu tubuh Anda akan stabil dan hidung mampet akan hilang.

    Menghirup Uap Hangat

    Mungkin beberapa dari Anda mengalami hidung tersumbat tapi tidak pilek. Untuk mengatasinya, Anda dapat menghirup uap hangat. Masaklah air panas dan taruh ke sebuah wadah. Setelah itu, dekatkan wajah ke wadah yang berisi hangat. Hirup beberapa kali wadah hingga Anda merasa adanya lendir yang dapat mencair.

    Selain uap air panas biasa, Anda juga direkomendasikan untuk menambahkan bawang putih yang sudah dimemarkan. Aduk hingga bawang putih dan air panas tersebut bercampur. Hal ini pasti akan efektif dalam membunuh jamur dan bakteri yang ada di dalam hidung tersumbat.

    Mengoleskan Minyak Herbal di Area Hidung

    Cara mengatasi hidung tersumbat yang berikutnya adalah dengan mengoleskan minyak herbal di sekitar area hidung. Anda bisa menggunakan freshcare, minyak kayu putih, GPU, dan lain sebagainya. Dalam penggunaannya, perkirakan banyak sedikitnya minyak. Jangan mengoleskan terlalu banyak yang menyebabkan Anda merasa kepanasan.

    Mengkonsumsi Teh Herbal

    Jika Anda sedang isoman, inilah cara mengatasi hidung tersumbat saat covid. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi teh herbal. Tujuannya yaitu untuk mengurangi gejala-gejala yang ada karena hidung tersumbat. Konsumsi teh herbal seperti peppermint dan sejenisnya. Peppermint dipilih karena mengandung mentol yang dapat menjadi dekongestan alami.

    Dengan meminum teh herbal maka proses pernapasan akan semakin lega. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan minum teh herbal ini juga bisa mengurangi tingkat stres pada pikiran Anda.

    Berobat ke Dokter

    Cara mengatasi hidung tersumbat yang terakhir yaitu dengan berobat ke dokter. Berobat ke dokter ini bisa Anda lakukan ketika cara-cara diatas sudah tidak berefek lagi. Anda harus pergi kedokter dengan menjelaskan keluhan yang dialami. Dokter pasti akan memberikan cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur maupun tidak sesuai dengan ilmu yang ada.

    Jangan pernah menganggap remeh permasalahan hidung tersumbat. Ini dikarenakan menyangkut pada sistem pernapasan Anda sendiri. Pernapasan yang tidak stabil akan membuat Anda sesak dan terganggu.

    Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat. Anda dapat melakukan tips sederhana yang sudah dijelaskan diatas. Jika semua sudah Anda lakukan namun tidak membuahkan hasil, maka pergilah ke dokter untuk mendapatkan solusi lanjutan. Jangan pernah remehkan hidung tersumbat karena ini menyangkut sistem pernapasan Anda.

    Jika ternyata Anda sedang dalam keadaan positif covid, maka perbanyaklah untuk minum air putih hangat. Ketika ingin tidur, jangan lupa memakai selimut untuk menghangatkan tubuh. Karena pada dasarnya jika suhu tubuh Anda stabil maka hidung tersumbat tidak akan pernah dirasakan lagi. Sering-seringlah untuk menghirup uap dari air panas agar saluran rongga hidung yang bengkak dapat normal kembali.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cara Sederhana"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel