Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Mudah Dan Aman

Daftar Isi [Tutup]

    Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Mudah Dan Aman - Memiliki laptop yang lemot memang sangat menjengkelkan. Hal ini dikarenakan laptop yang lemot bisa saja mengganggu kinerja Anda. Apalagi jika memang Anda sedang terburu-buru untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan kantor.

    Keinginan untuk menjual laptop pasti sempat terlintas dipikiran Anda. Namun Anda harus menahan keinginan tersebut, karena sebenarnya laptop yang lemot bisa diperbaiki dengan cara yang mudah tanpa harus datang ke tempat service laptop. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah.

    Jika Anda tidak mengetahui caranya, maka dibawah ini akan disebutkan cara agar laptop tidak lemot dengan mudah dan berbagai informasi lainnya seputar laptop. Adapun cara-cara yang bisa Anda lakukan sebagai berikut.

    Cara Agar Laptop Tidak Lemot Windows 10

    Cara Agar Laptop Tidak Lemot Windows 10

    Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar laptop tidak lemot, khususnya untuk laptop Windows 10 yaitu sebagai berikut.
    1. Cobalah untuk menyalakan ulang laptop Anda, karena biasanya laptop lemot juga diakibatkan oleh banyaknya sisa cache dan temporary file yang bisa dibersihkan salah satunya dengan mematikan lalu menyalakan laptop atau bisa juga langsung dengan restart.
    2. Pastikan bahwa Anda selalu menutup aplikasi yang sudah selesai dibuka atau digunakan.
    3. Cara agar laptop tidak lemot Windows 10 selanjutnya yaitu dengan melakukan pembaruan atau update. Hal ini dikarenakan versi terbaru Windows 10 ini menyediakan berbagai solusi untuk yang terjadi pada versi lama. Langkah-langkahnya yaitu Anda harus mengklik start dan dilanjutkan dengan klik setting. Kemudian pilih update dan security. Selanjutnya klik Windows update dan pilih check for update. Kemudian pilih install now.
    4. Anda juga harus rajin dalam membersihkan virus yang pada laptop. Karena virus juga bisa membuat laptop menjadi semakin lemot. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan Defender Windows.
    5. Cara agar laptop tidak ngelag, khususnya pada Windows 10 selanjutnya yaitu cobalah untuk menambah kapasitas penyimpanan pada laptop dengan cara menghapus file yang tidak penting dan menghapus aplikasi yang berukuran besar serta apapun yang tidak dibutuhkan.

    Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Windows + r

    Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Windows + r

    Sebenarnya, salah satu penyebab dari laptop lemot yaitu karena adanya banyak sampah dan virus di laptop tersebut. Virus-virus tersebut bisa Anda hapus dari laptop Anda agar laptop tersebut tidak lemot lagi.

    Sebenarnya, saat ini ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan jasa untuk menghapus virus di laptop. Namun, jika memang laptop Anda sudah terlanjur lemot dan penuh, maka Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan aplikasi tambahan.

    Melainkan Anda bisa langsung mengatasinya dengan menggunakan berbagai fitur yang sudah disediakan oleh laptop Anda. Salah satunya yaitu fitur tun yang memang dipercaya sangat ampuh dalam membuat laptop menjadi tidak lemot yang diakibatkan oleh sampah dan virus. Adapun cara agar laptop tidak lemot dengan Windows r atau fitur run adalah sebagai berikut.
    1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu Anda harus membuka dan menyalakan laptop Anda terlebih dahulu.
    2. Kemudian Anda bisa langsung menekan tombol Windows + r pada keyboard agar Anda bisa membuka fitur run yang dimaksud.
    3. Langkah selanjutnya yaitu Anda bisa langsung mengetikkan kata "temp" tanpa ada petik. Dengan begitu, maka file explorer pun akan terbuka dan tampilan laptop Anda akan menunjukkan semua folder yang ada di laptop tersebut.
    4. Langkah selanjutnya dari cara membersihkan laptop agar tidak lemot dengan Windows R yaitu Anda harus memilih folder tersebut kemudian menekan tombol delete yang sudah disediakan pada keyboard Anda. Namun yang perlu Anda perhatikan, bahwa Anda harus memilih semua folder tersebut karena folder-folder yang tampil di layar laptop Anda tersebut tidak akan berguna atau bisa dikatakan sebagai file sampah.
    5. Kemudian jika folder tersebut sudah Anda hapus semuanya, maka Anda bisa langsung menekan tombol Windows + R kembali di keyboard Anda.
    6. Selanjutnya setelah laptop Anda menunjukkan tampilan fitur run, maka Anda harus mengetik kata %temp%.
    7. Setelah itu, maka file explorer akan kembali terbuka dan nantinya akan menunjukkan semua folder sampah yang ada di sana. Lalu Anda pun harus kembali menghapus semua file atau folder yang tampil di layar laptop Anda sebagaimana cara yang sudah disebutkan di atas atau dengan menekan tombol delete pada keyboard.
    8. Langkah selanjutnya dari cara membersihkan laptop agar tidak lemot dengan Windows R yaitu Anda harus masuk ke Recycle Bin dan mengosongkan Recycle Bin tersebut. Jika cara diatas sudah Anda lakukan, maka bisa dipastikan bahwa laptop Anda sudah tidak akan lemot lagi.

    Demikianlah beberapa cara agar laptop Anda tidak lemot yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Perlu Anda ketahui bahwa setiap laptop yang lemot pastinya akan disebabkan oleh banyaknya sampah dan virus serta aplikasi-aplikasi dan file-file tidak penting yang ada di laptop. Maka dari itu, Anda harus rajin-rajin dalam membersihkan sampah yang ada.

    Meskipun sebenarnya file sampah yang ada di laptop hanyalah temporary files sisa aplikasi yang di uninstall, file di Recycle Bin dan file cache. Namun efek yang diakibatkan sangatlah buruk seperti akan membuat memori penyimpanan berkurang dan yang paling penting akan membuat laptop menjadi lemot, baik saat mentransfer file, bermain game, membuka program atau bahkan saat booting.

    Maka dari itu, tak heran apabila banyak orang yang berbondong-bondong untuk mencari cara agar laptop tidak lemot seperti yang sudah disebutkan di atas.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Mudah Dan Aman"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel