Mengenali Penyebab Wajah Kusam dan Gelap dan Cara Mengatasinya

Daftar Isi [Tutup]

    Mengenali penyebab wajah kusam dan gelap dan cara mengatasinya - Penyebab wajah kusam yang paling sering terjadi adalah dikarenakan seringnya terpapar sinar matahari secara langsung dengan jangka waktu yang berlebihan. Beraktivitas dibawah sinar matahari secara langsung juga bisa merusak kesehatan kulit.

    Jika hal tersebut terjadi pada Anda, maka akan ada banyak sekali masalah kulit yang timbul seperti kulit terasa kasar, kulit kusam, dan timbul noda hitam pada wajah. Terlebih lagi jika Anda tidak mengoleskan sunscreen atau tabir surya, sehingga bisa memperparah kulit kusam Anda.

    Perlu Anda ketahui juga bahwa sinar ultraviolet atau yang sering disebut dengan sinar uv ini dapat beresiko memecah protein penting yang ada dalam kulit sekaligus bisa merusak lapisan pada kulit. Hal ini pulalah yang menjadi salah satu penyebab wajah kusam dan gelap.

    Produk Perawatan Wajah Kusam dan Gelap

    Produk Perawatan Wajah Kusam dan Gelap

    Gunakan produk make up remover untuk membersihkan sisa make up. Hal ini tentunya dapat membuat tampilan wajah Anda menjadi lebih cerah. Setelah diaplikasikan, bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.

    Setelah proses tersebut selesai, maka Anda pun bisa melanjutkannya dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang memiliki kandungan ringan. Pijat wajah secara perlahan lalu bilas hingga bersih. Sebaiknya pilih sabun pembersih wajah yang memiliki pH sesuai dengan dengan kulit wajah Anda.

    Setelah wajah dibersihkan, lanjutkan dengan menggunakan toner dan pelembab untuk menjaga kelembaban wajah Anda agar tidak terlihat kusam. Gunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda dan yang memiliki kandungan SPF serta berlabel non comedogenic untuk menghindari penyebab wajah kusam dan gelap muncul.

    Setelahnya, jangan lupa untuk rutin mengoleskan tabir surya atau sunscreen dengan kandungan SPF minimal 15. Perlu Anda ketahui juga bahwa penggunaan suncream ini tidak hanya dioleskan sekali saja. Hal ini akan disesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan ketika berada diluar ruangan. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Anda pun harus mengoleskan ulang setiap beberapa jam sekali sesuai dengan aturan yang tertera.

    Penyebab Wajah Kusam Pria

    Penyebab Wajah Kusam Pria

    Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa wajah bisa menjadi kusam. Diantaranya adalah karena salah dalam menggunakan produk perawatan kulit. Produk perawatan kulit yang dimaksudkan adalah sabun pembersih, toner, serum, hingga pelembab wajah.

    Tidak mengoleskan pelembab wajah secara rutin juga bisa menyebabkan wajah terlihat kusam. Pelembab wajah sangat penting untuk memberikan hidrasi pada wajah sehingga menjadi penyebab wajah kusam dan gelap.

    Selain itu, kurang tidur ternyata juga bisa menjadi penyebab wajah terlihat kusam. Hal ini juga bisa menimbulkan lingkaran hitam pada area bawah mata sehingga menyebabkan seseorang menjadi tidak pede dengan tampilan wajahnya.

    Penyebab wajah kusam yang terakhir adalah stres. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus bisa mengontrol stres agar tidak sampai mengganggu kesehatan kulit sehingga mempengaruhi tampilan dari wajah Anda dan menjadi penyebab wajah kusam dan gelap.

    Skincare Untuk Kulit Kusam

    Skincare Untuk Kulit Kusam

    Dalam pemilihan skincare yang tepat untuk mengatasi kulit kusam adalah dengan memilih produk yang mengandung AHA dan BHA di dalamnya. Kandungan AHA dan BHA termasuk dalam chemical exfoliator yang mana mampu membersihkan kotoran diwajah dan sel-sel kulit mati.

    Pilih juga produk skincare yang mengandung antioksidan, seperti halnya yang mengandung vitamin E dan vitamin C. Kandungan tersebut tentunya bisa melindungi wajah Anda dari kerusakan yang diakibatkan oleh kotoran dan polusi ketika sedang beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan.

    Pilih juga produk skincare yang memiliki efek pencerah seperti halnya skincare yang mengandung vitamin C, niacinamide, glycolic acid, arbutin, dan lain sebagainya. Bahan aktif yang sudah disebutkan diatas tentunya bisa membuat warna kulit yang gelap menjadi lebih cerah merata.

    Untuk menghindari penyebab wajah kusam dan gelap juga bisa Anda atasi dengan penggunaan pelembab terbaik. Kandungan dalam pelembab yang harus ada adalah hyaluronic acid, natural oil, glycerin, dan masih banyak lagi lainnya.

    Penggunaan Masker Untuk Kulit Kusam dan Gelap

    Penggunaan Masker Untuk Kulit Kusam dan Gelap

    Untuk mengatasi kulit kusam dan gelap bisa dengan menggunakan masker alami yang terbuat dari bahan yang ada di rumah. Beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan masker lemon. Kandungan asam yang ada pada buah lemon dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit secara alami.

    Casea membuatnya juga cukup mudah, yakni hanya dengan mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan air. Aplikasikan masker dan diamkan selama 10 menit hingga 15 menit pada wajah.

    Masker kunyit juga dipercaya bisa menjadi pilihan alternatif untuk mencerahkan wajah yang menjadi penyebab wajah kusam dan gelap karena dipercaya kaya akan antioksidan dan antiradang. Kunyit juga dipercaya mampu membuat kulit terasa lebih lembab, kenyal, dan cerah.

    Caranya, campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok makan yogurt. Aduk hingga rata dan aplikasikan pada seluruh wajah. Diamkan masker selama kurang lebih 15 menit di wajah, lalu kemudian bilas dengan air bersih.

    Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mencerahkan wajah kusam adalah dengan menggunakan madu. Madu dipercaya memiliki zat pelembab yang dapat membuat kulit terasa lebih lembut dan kenyal.

    Caranya, oleskan madu pada wajah menggunakan jari, diamkan selama 10 hingga 15 menit. Lalu, bilas sisa masker dengan menggunakan air hangat. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan madu dengan beberapa tetes air perasan jeruk lemon untuk memaksimalkan hasilnya.

    Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab wajah kusam dan gelap serta cara untuk mengatasinya dengan baik. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda sehingga bisa membuat kulit wajah Anda lebih cerah dan glowing.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Mengenali Penyebab Wajah Kusam dan Gelap dan Cara Mengatasinya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel